12 Cara Meningkatkan Visitor Blog yang Terbukti Berhasil

12 Cara Meningkatkan Visitor Blog yang Terbukti Berhasil

Ferisp.com - Siapa yang tak ingin melihat blognya memiliki pengunjung yang banyak dengan berbagai macam komentar yang membangun? Tentu, hal tersebutlah yang menjadi impian semua blogger. Sama seperti penulis blog ini yang melakukan segala macam cara agar bisa ramai oleh pengunjung.

Merupakan hal yang menyenangkan dan membanggakan apabila artikel yang dibagikan bisa bermanfaat bagi orang lain. Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar blog bisa ramai dikunjungi oleh pembaca.

Karena masih awam dalam blog, blogger pemula biasanya hanya menunggu artikelnya dikunjungi oleh orang lain tanpa melakukan promosi. Bagus saja jika artikel yang dibagikan muncul di halaman pertama Google, yang pasti, pengunjung akan datang dengan sendirinya.

Sekarang ini, sebagian besar pembaca hanya mengunjungi artikel yang berada di halaman pertama Google. Hingga tulisan ini dibagikan, saya telah mencatat cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau visitor di blog.

12 Cara Meningkatkan Visitor Blog yang Terbukti Berhasil

Pembahasan yang Banyak Dicari

Untuk saran pertama, carilah pembahasan yang sedang banyak dicari atau dibahas oleh pembaca. Namun, pastikan agar pembahasan tersebut sesuai dengan niche blog agar tetap berada di jalur yang sama.

Backlink

Backlink sekarang ini sudah menjadi cara yang paling instan untuk mendatangkan pengunjung. Sistem backlink sendiri merujuk ke pengalihan suatu halaman dari artikel A ke artikel B. Biasanya, situs yang memiliki traffic tinggi sering menerima tawaran backlink yang tentunya tidak gratis. Anda perlu mengeluarkan biaya untuk mendatangkan traffic pengalihan tersebut.

Endorse

Setiap publik figur pasti memiliki penggemar yang banyak. Endorse blog merupakan kegiatan promosi blog yang dilakukan oleh publik figur agar penggemar dari publik figur tersebut mengunjungi blog kita. Dalam melakukan kegiatan endorse, tentu ada negosiasi antara pemilik blog dan publik figur tentang imbalan, baik itu berupa materi ataupun jasa.

Iklan

Sekarang ini, iklan telah muncul dimana-mana. Untuk melakukan kegiatan ini, pastikan untuk memiliki modal yang cukup besar. Semakin besar modal yang Anda keluarkan, semakin luas pula jangkauan pengunjung yang bisa Anda dapatkan.

Komentar

Berkometar di blog orang lain ternyata juga bisa mengundang pembaca untuk membuka blog kita. Anda bisa melakukan komentar dengan kata-kata yang bersifat mengundang agar pembaca juga tertarik. Tapi, jangan berkomentar secara berlebihan, bisa-bisa Anda dianggap spam.

Promosi ke Media Sosial

Sekarang ini, media sosial sudah menjadi kebutuhan bagi kaum milenial. Dengan fitur unggulan yang disediakan oleh pengembang, tingkat penggunaannya juga akan semakin besar. Dengan fakta tersebut, kita bisa memanfaatkan media sosial untuk membagikan link artikel. Nah, salah satu media sosial yang paling saya rekomendasikan untuk Anda gunakan membagikan artikel adalah Pinterest.

Fanpage

Fanpage merupakan halaman yang ada di media sosial untuk membagikan artikel secara komunitas. Sebagai saran, Facebook bisa menjadi media sosial yang paling baik untuk digunakan membuat fanpage. Buatlah fanpage untuk memetakan pelanggan blog Anda di Facebook.

Aktif di Forum-forum

Jika ada pembahasan di forum-forum, ikutlah memberikan ulasan dengan jawaban yang masuk akal agar terkesan aktif dan berwawasan luas. Hal tersebut akan membuat Anda banyak dikenali oleh banyak orang. Jika sudah dikenal banyak orang, mulailah untuk membuka diri dengan membagikan link halaman kepada orang-orang tersebut.

Kerja Sama dengan Orang Berkepentingan

Jika sebelumnya Anda bekerjasama dengan publik figur, kali ini, Anda bisa bekerjasama dengan orang yang memiliki ikatan kepentingan. Pastikan untuk memilih orang yang sesuai dengan niche blog. Contohnya, jika niche blog Anda pendidikan, silahkan kerja sama dengan dosen atau guru.

Giveaway

Siapa sih yang tak suka hadiah? Semua orang pastinya akan tertarik terhadap suatu hal jika ada iming-iming hadiah yang akan diberikan. Untuk mengundang orang lain membuka tulisan Anda, cara ini sepertinya bisa Anda lakukan.

Brosur

Membuat brosur untuk promosi blog bisa menjadi pemberian informasi kepada orang lain tentang blog kita. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat sebuah stiker dan menempelkannya di tempat yang bisa dilihat banyak orang.

Meminjam Media Sosial Keluarga atau Teman untuk Promosi

Jika modal yang ada belum cukup untuk promosi dan iklan, silahkan pinjam akun media sosial orang terdekat Anda. Dengan begitu, Anda bisa share link tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun.

Penutup

Mendapatkan pengunjung atau visitor blog memang sangatlah susah. Namun, susah bukan berarti tidak bisa. Anda bisa melakukan cara-cara yang saya sebutkan di atas. Namun, lakukan dalam hal normal atau sewajarnya saja. Jangan sampai memaksa keadaan yang ujung-ujungnya bisa merugikan Anda sendiri.