Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger

Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger

Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger - Apakah Anda seorang blogger yang menulis menggunakan perangkat smartphone? Jika iya, tetap semangat kawan. Menjadi seorang penulis dengan peralatan seadanya memang lebih sulit dibandingkan dengan mereka yang menggunakan perangkat desktop.

Dengan perangkat Android, terkadang ada fitur yang sangat susah untuk dilakukan, salah satunya seperti mengedit HTML template. Namun, jangan putus asa dengan keterbatasan tersebut. Sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang dibagikan di internet untuk menunjang proses menulis.

Walaupun tidak semudah di perangkat desktop, tidak ada salahnya untuk dicoba. Adapun aplikasi tersebut seperti berikut ini:

Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger

Blogger

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi milik Google yang merupakan kemudahan yang diberikan untuk membuat konten tanpa harus melalui web. Meskipun fitur yang diberikan tidak selengkap yang ada di web, namun cara penggunaannya cukup mudah dan simpel. Aplikasi ini bisa didownload di Google Play Store dengan ukuran 12 MB dan rating 3,4.

Google Analytics

Aplikasi Google Analytics merupakan aplikasi yang bisa mengecek seluruh informasi blog yang berkaitan dengan data-data secara lengkap dan aktual. Dengan begitu, Anda bisa selalu memantau aktifitas pengunjung kapanpun dan dimanapun. Aplikasi ini bisa didownload di Google Play Store dengan ukuran 11 MB dan rating 4,7.

Google AdSense

Aplikasi Google AdSense merupakan aplikasi yang bisa mengecek informasi pendapatan iklan oleh Google AdSense. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan informasi pendapatan kapanpun dan dimanapun. Namun, aplikasi ini belum tersedia di Google Play Store.

Google Drive

Aplikasi Google Drive merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan file yang akan dijadikan link download di artikel. Untuk cara penggunaannyapun sangat mirip dengan yang ada di versi web. Aplikasi ini bisa didownload di Google Play Store dengan ukuran 19 MB dan rating 4,4.

Website SEO Checker

Aplikasi Website SEO Checker bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin fokus dan serius dalam mengembangkan blog. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memantau masalah-masalah yang bisa terjadi di blog. Aplikasi ini bisa didownload di Google Play Store dengan ukuran 1,7 MB dan rating 4,7.

Microsot Word

Bisa dibilang, aplikasi Microsoft Word untuk Android merupakan aplikasi terbaik untuk menulis di perangkat smartphone. Walaupun tidak selengkap yang ada di perangkat desktop, tetap saja menjadi rekomendasi bagi Anda yang menulis di smartphone. Aplikasi ini bisa didownload di Google Play Store dengan ukuran 58 MB dan rating 4,4.

PicsArt

Setiap blogger pasti memerlukan gambar sebagai pemanis dalam artikel. Dengan PicsArt, Anda bisa mengedit gambar yang akan digunakan agar lebih menarik dan lebih ringan. Aplikasi ini bisa didownload di Google Play Store dengan ukuran 32 MB dan rating 4,3.

Penutup

Walaupun aplikasi di atas tidak semudah jika menggunakan perangkat desktop, namun itulah fasilitas terbaik yang bisa kita gunakan di perangkat smartphone. Setidaknya, terus menulis untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Keberhasilan suatu blog tidak diukur dari perangkat apa yang digunakan, tetapi dari segi kualitas konten.

Jujur saja, saya menulis artikel dengan menggunakan HP yang sangat jadul hehehe. Tapi apapun itu, syukuri saja apa yang kita miliki saat ini. Masa depan tidak ada yang tahu kawan.

Cukup sekian artikel tentang Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

2 komentar

  1. Sangat mrmambah wawasan bang, saya baru tahu nih, saya cuman tau google adsense eheh
    1. Eh abang, semoga bermanfaat.
Chat via WhatsApp