5 Tips Agar Lancar Mengetik di Keyboard

5 Tips Agar Lancar Mengetik di Keyboard

Bagaimana Cara Agar Cepat Lancar Mengetik di Komputer? - Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki keterampilan mengetik dengan cepat, salah satunya dengan mengikuti kursus. Namun untuk mengikuti kegiatan tersebut, diperlukan biaya yang tak sedikit pastinya.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang tak memiliki dana cukup? Hal yang bisa dilakukan adalah dengan belajar secara otodidak. Anda bisa menggunakan peralatan keyboard yang ada di rumah untuk terus berlatih mengetik. Walaupun tanpa kursus, Anda juga bisa mengetik dengan lancar pada akhirnya.

Permasalahan yang paling umum dikeluhkan oleh pemula yaitu masih kakunya jari tangan dalam menekan setiap tombol yang ada. Hal tersebut memang wajar, bahkan master juga mengalami hal itu pada awalnya.

Untuk itulah artikel ini diterbitkan agar sekiranya bisa sedikit membantu Anda semua. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

5 Tips Agar Lancar Mengetik di Keyboard

Latihan Mengetik dengan Empat Jari Tangan Terlebih Dahulu

Pada awalnya, semua harus dilakukan mulai dari yang paling dasar. Anda bisa memulai dengan belajar mengetik menggunakan empat jari terlebih dahulu. Jika ada perkembangan dalam segi kecepatan, Anda bisa tingkatkan dengan menggunakan enam jari. Lakukan hal tersebut hingga bisa mengetik dengan sepuluh jari.

Ibaratkan Keyboard Komputer Seperti Tombol di Smartphone

Pada dasarnya, urutan huruf yang ada di keyboard komputer sama persis dengan yang ada di smartphone. Jika mengetik di smartphone bisa dengan mudah dan lancar, maka lama kelamaan di komputer juga pasti bisa.

Untuk memulainya, silahkan menghafal terlebih dahulu urutan tombol dan mengetahui fungsi-fungsi yang ada di keyboard komputer. Tidak perlu terburu-buru untuk belajar, semuanya akan terbiasa dengan sendirinya. Mengetik dengan terburu-buru hanya akan membuyarkan konsentrasi.

Latihan Mengetik 2000 Kata Per hari

Agar semakin lancar dalam mengetik, berikan target kata yang harus diketik setiap hari. Menurut survei, jumlah kata yang paling disarankan untuk diketik setiap hari adalah minimal 2.000 kata.

Dengan mengetik 2.000 kata setiap hari, lama kelamaan jari akan mulai terbiasa untuk mengingat semua letak tombol dan terbiasa mengetik dalam jumlah kata yang banyak.

Latihan Pengetikan Cepat Saat Komputer Sedang Offline

Saat komputer sedang offline, silahkan latihan mengetik layaknya seorang mastah blogger yang sudah membagikan ratusan bahkan ribuan artikel. Hal ini bertujuan untuk membiasakan jari dalam menekan banyak tombol yang ada di keyboard.

Menggunakan Aplikasi

Saran terakhir yang bisa saya sarankan adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda download seperti Typesy, Typing Instructor Platinum, dan Ultrakey.

Penutup

Sebenarnya, mengetik dengan lancar hanyalah dengan membiasakan jari dengan tombol yang ada di keyboard. Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, maka akan lancar juga pada akhirnya.

Intinya adalah, lakukan secara giat untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cukup sekian artikel tentang 5 Tips Agar Lancar Mengetik di Keyboard ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp