14 Langkah Membuat Blog di Blogger (Wajib Tahu)

14 Langkah Membuat Blog di Blogger (Wajib Tahu)
Sumber: Blogger

Cara Membuat Blog di Blogspot / Blogger - Saat ini, Blogspot atau yang biasa dikenal dengan Blogger adalah salah satu media penulisan artikel di internet yang paling populer. Selain karena dibawahi langsung oleh Google, platform ini juga tidak memerlukan biaya apapun untuk proses pendaftaran.

Produk buatan Pira Labs tersebut juga terkenal akan kemudahannya dalam hal penggunaan. Walaupun tidak selengkap WordPress, namun semua fitur yang ada saat ini sudah cukup untuk membuat konten tulisan yang berkualitas dan menarik.

Membuat dan mengembangkan blog bisa dikatakan sangat sulit, terlebih lagi dengan ketatnya tingkat persaingan yang ada saat ini. Belum lagi jika website yang Anda bangun ternyata mengalami permasalahan.

Hal tersebut tentu saja membuat gairah ngeblog menjadi pudar dan lebih memilih profesi lain. Bukan tanpa alasan tentunya, ngeblog bukan hanya tentang menulis terus dapat uang, melainkan butuh ketekunan, konsistensi, kesabaran, dan kreatifitas yang tinggi.

Sebagai motivasi Anda dalam memulai profesi ini, jadikan blog hanya sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis. Kemudian buat dengan semenarik mungkin dan dapatkan pengunjung. Setelah itu, daftarkan blog ke platform periklanan untuk mulai mendapatkan uang.

Langkah Membuat Blog di Blogger

1. Membuat Akun Gmail

Karena Blogger merupakan produk yang dibawahi langsung oleh Google, maka wajib hukumnya untuk mempunyai akun Gmail sebagai pondasi blog itu sendiri. Nantinya, email tersebut akan digunakan sebagai tempat untuk menerima pesan, komunikasi, atau sebagai metode verifikasi.

Secara rinci, email bisa dikatakan sebagai kontak dari seorang blogger.

2. Melakukan Pendaftaran

Setelah membuat Gmail, silahkan melakukan pendaftaran di media penulisan yang diinginkan. Saat ini, sudah banyak platform atau CMS (Content Management System) yang bisa digunakan untuk menulis. Apa saja itu?

  1. Blogger / Blogspot
  2. Drupal
  3. Joomla
  4. Medium
  5. Tumblr
  6. Wattpad
  7. Wix
  8. WordPress.com / WordPress.org.

Sesuai dengan topik, kita hanya akan belajar tentang cara melakukan pendaftaran di Blogger.

  • Masuk ke BLOGGER
  • Login dengan akun Gmail yang telah dibuat sebelumnya
  • Pilih BLOG BARU
  • Isi judul atau title yang Anda inginkan > BERIKUTNYA

  • Blogspot / Blogger
    Sumber: Blogger

  • Isi alamat atau URL blog yang Anda inginkan > SIMPAN

  • Blogspot / Blogger
    Sumber: Blogger

  • Selesai.

3. Kustomisasi Pengaturan dan Tampilan Dasar

Setelah melakukan pendaftaran, silahkan melakukan kustomisasi pengaturan dan tampilan dasar. Apa saja itu:

  1. Meta title
  2. Meta description
  3. Meta keyword
  4. Deskripsi penelusuran
  5. Menu navigasi
  6. Logo
  7. Favicon.

Tujuh poin di atas sangat penting diperhatikan untuk memberikan ciri khas tersendiri serta untuk kepentingan SEO.

4. Menggunakan Domain

Domain adalah nama ekstensi atau akhiran khusus dari alamat URL blog, situs, atau website. Dengan domain tersebut, URL akan dipersingkat tanpa nama ekstensi dari platform yang digunakan.

Dengan domain tersebut, mesin pencari biasanya akan memberikan kredibilitas lebih tinggi yang bisa mempengaruhi peringkat artikel tulisan di hasil penelusuran.

Jika masih bingung, berikut adalah contoh website yang menggunakan domain dan tidak:

  1. Ferisp.com (dengan domain)
  2. Ferisp.blogspot.com (tanpa domain).

Hingga saat ini, ada beberapa penyedia jasa domain yang paling populer dan banyak digunakan oleh blogger. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  1. DomaiNesia
  2. Exabytes
  3. GoDaddy
  4. Hostinger
  5. IDwebhost
  6. Jagoanhosting
  7. Masterweb
  8. Niagahoster
  9. Rumahweb
  10. Qwords.

Untuk blog yang sedang Anda baca, saya lebih memilih produk dari DomaiNesia dikarenakan layanannya yang cukup memuaskan serta kemudahan yang diberikan.

5. Menggunakan Template Responsive dan SEO Friendly

Sebenarnya, template hanyalah hiasan untuk mempercantik tampilan blog. Eitsss, tapi jangan salah, template ternyata sangat mempengaruhi kualitas SEO suatu blog untuk dijadikan sebagai standar pe-ranking-an serta kualifikasi dalam penerimaan sebagai penayang iklan.

Nah bagi yang masih asing dengan istilah responsive serta SEO friendly, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Responsive adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengatur tampilan halaman (media atau teks) agar selalu sesuai di berbagai ukuran layar perangkat.

Sedangkan, SEO Friendly adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengoptimasi semua komponen yang ada di dalam halaman agar bisa terindeks secara sempurna dan diberikan peringkat yang lebih tinggi.

Untuk saat ini jangan pusing dulu, berikut adalah kumpulan template blogger terbaik yang bisa digunakan:

  1. VioMagz
  2. LinkMagz
  3. Median UI
  4. Fletro
  5. iMagz
  6. Igniplex
  7. Kompi Flexible
  8. New Simplify 2.

Namun sayangnya, template di atas dijual dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan penjualnya. Tapi jika ingin menggunakan template gratis namun memiliki kinerja yang maksimal, silahkan membuka link berikut:

Rekomendasi:

6. Memilih Niche / Topik

Tak perlu diragukan lagi, niche menjadi salah satu hal yang sangat turut andil dalam mendapatkan serta meningkatkan trafik / pengunjung. Nah menurut pakar SEO sendiri, ada baiknya untuk memilih niche yang memang spesifik untuk nantinya dijadikan sebuah artikel.

Dengan penerapan yang spesifik tersebut, pengunjung yang datang juga akan lebih tertarget serta berpeluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari penayanagan iklan.

Jika misalnya Anda membahas khusus tentang mata pelajaran Matematika, maka jangkauan pengunjung Anda juga akan lebih condong ke pembaca yang menyukai mata pelajaran tersebut. Selain itu, jika iklan yang diklik sesuai dengan topik pembahasan, nilainya dikabarkan akan lebih tinggi.

Maka dari itu, hindari menulis artikel dengan topik bermacam-macam (niche gado-gado).

7. Uji Halaman Blog

Setelah melakukan enam poin di atas, yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kualitas halaman. Nah untuk mengetahui kualitas halaman tersebut, maka pengujian langsung harus dilakukan dengan menggunakan PageSpeed Insights dan Mobile-Friendly Test.

PageSpeed Insights adalah tools yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa cepat halaman dapat dimuat. Sedangkan, Mobile-Friendly Test adalah tools yang dapat digunakan untuk mengecek apakah halaman bisa dimuat dengan sempurna di berbagai perangkat sekaligus.

Sebagai contoh, berikut adalah hasil pengujian blog ini di PageSpeed Insights:

PageSpeed Insights
Sumber: PageSpeed Insights

PageSpeed Insights
Sumber: PageSpeed Insights

Kalau yang ini pengujian di Mobile-Friendly Test:

Mobile-Friendly Test
Sumber: Mobile-Friendly Test

8. Membuat Halaman Pendukung

Di tahun 2021 ini, halaman pendukung sudah menjadi kewajiban untuk disediakan di setiap halaman web. Bukan hanya sebagai keharusan, namun halaman tersebut berguna untuk memberikan kejelasan tentang halaman terkait.

Pada dasarnya, ada 5 halaman yang wajib untuk disediakan. Apa saja itu?

Halaman About

About adalah halaman yang berisi tentang deskripsi atau informasi seputar penulis atau informasi pribadi lainnya.

Halaman Contact

Contact adalah halaman yang dapat digunakan oleh pembaca untuk berkomunikasi langsung dengan penulis atau admin.

Halaman Privacy Policy

Privacy Policy (Kebijakan Privasi) adalah halaman yang mencakup semua metode dalam pengumpulan data pengunjung.

Halaman Disclaimer

Disclaimer (Penafian) adalah halaman yang berguna sebagai pelepasan tanggung jawab akan semua materi yang disampaikan di artikel tulisan.

Halaman Terms and Conditions

Terms and Conditions (Syarat dan Ketentuan) adalah halaman yang berisi informasi mengenai semua hak-hak dan kewajiban pembaca pada saat berkunjung.

Sebagai kemudahan, Anda bisa membuat halaman Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms and Conditions dengan membuka link www.privacypolicyonline.com.

9. Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Google Search Console adalah layanan yang disediakan untuk membantu para publisher dalam melakukan pengindeksan artikel ke hasil penelusuran Google. Nah agar tulisan bisa ditemukan oleh orang lain, maka wajib hukumnya untuk mendaftarkan blog ke layanan ini.

Sampai saat ini, Google masih menjadi mesin pencari pencarian yang paling banyak mendatangkan pengunjung

10. Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools

Sama seperti sebelumnya, Bing Webmaster Tools adalah layanan yang disediakan untuk membantu para publisher dalam melakukan pengindeksan artikel ke hasil penelusuran Bing.

Walaupun tidak sepopuler Google, namun jangan menyepelekan mesin pencari ini. Nyatanya, banyak juga pembaca yang lebih memilih Bing dikarenakan sumber informasi yang lebih relevan dengan apa yang dicari.

11. Menautkan Blog ke Google Analytics

Tak perlu diragukan lagi, Google Analytics menjadi layanan Google yang sangat penting bagi seorang blogger. Dengan layanan ini, para publisher bisa mendapatkan data terkait tentang aktifitas blogging yang dilakukan.

Dari data tersebutlah kita bisa menganalisis seberapa berkualitasnya konten yang disajikan kepada pembaca. Selain itu, Google Analytics juga sering dijadikan sebagai acuan untuk melakukan SEO On Page kedepannya.

Karena data yang langsung diambil dari Google, maka jangan ragu akan keakuratan data yang disajikan.

12. Riset Keyword Artikel

Keyword adalah kata kunci yang diketikkan oleh pembaca untuk mencari informasi di mesin pencari. Keyword tersebutlah yang nantinya akan mendatangkan pengunjung secara organik.

Sebelum melakukan penulisan artikel, ada baiknya untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar jangkauan artikel bisa lebih luas. Nah untuk riset tersebut, Anda bisa menggunakan situs besar berikut:

  1. Ahrefs
  2. Google Keyword Planner
  3. Keywordtool.io
  4. LSI Keyword
  5. MOZ
  6. Uberrsuggest
  7. WordStream
  8. Wordtracker.

Sebaiknya gunakan keyword yang memiliki tingkat persaingan yang rendah namun memiliki volume pencarian yang tinggi.

13. Menulis Konten yang Berkualitas

Konten sendiri masih menjadi perbincangan yang hangat dibahas di kalangan blogger. Dalam informasi SEO yang diberikan, terdapat jumlah minimal kata yang harus diketik agar bisa dikatakan artikel berkualitas. Namun faktanya, pengunjung biasanya malas membaca dan cenderung langsung mencari inti dari topik pembahasan.

Jika kasusnya seperti itu, sebaiknya ikuti saja kualifikasi SEO yang diberikan. Dengan artikel SEO, tentu potensi untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi akan semakin besar.

Nah semakin tinggi peringkat artikel, maka pengunjung juga akan datang dengan sendirinya.

14. Menerapkan SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah panduan yang sebaiknya dilakukan untuk mengoptimasi setiap komponen blog agar lebih ramah mesin pencari.

Bertahan lama di posisi teratas hasil penelusuran tentu tidak mudah, ditambah lagi dengan sistem algoritma yang selalu berubah. Maka dari itu, SEO menjadi solusi yang paling bisa diandalkan.

Standar SEO untuk Artikel Dasar

  1. Panjang minimal artikel 300 - 400 kata
  2. Menggunakan thumbnail serta gambar yang tidak lebih dari 100 KB
  3. Menggunakan internal link (inbound link)
  4. Memberikan atribut nofollow untuk setiap eksternal link (outbound link)
  5. Menggunakan data pelengkap seperti tabel, video, dll apabila memang diperlukan.

Dengan semua penerapan SEO tersebut, artikel akan menjadi lebih ramah terhadap berbagai macam algoritma yang diterapkan oleh Google.

Hal yang Perlu Dihindari saat Membuat Blog

1. Duplikasi Tulikasi

Menyalin tulisan orang lain sama halnya dengan mencuri. Nah, kira-kira siapa yang suka dengan perbuatan tersebut? Sama halnya dengan Google, Google sangat menentang blogger yang hanya mengandalkan copy paste untuk dijadikan sebuah artikel.

Selain artikel yang tidak akan diindeks ke hasil penelusuran, blog juga berpotensi di-banned atau dihapus. Jika memang sedang buntu dalam ide yang akan dikembangkan, setidaknya gunakan teknik rewrite.

2. Menggunakan Gambar Berbau Negatif

Nah ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Walaupun gambar tidak menjadi kewajiban, tapi hampir semua penulis menggunakan gambar tersebut sebagai pelengkap informasi.

Peran gambar dalam meningkatkan kualitas SEO juga sangat besar. Tapi itu semua hanya berlaku apabila tetap mengikuti panduan yang diberikan.

Adapun unsur negatif yang sebaiknya dihindari yaitu seperti p***ografi, j*di, dll.

3. Informasi Tidak Benar

Karena blog merupakan sumber informasi umum, maka sangat tidak diperkenankan untuk membagikan informasi tidak benar atau hoax.

Misalkan Anda mengelola blog dengan niche kesehatan dan membagikan resep obat asal-asalan. Ternyata resep tersebut ditemukan kemudian dicoba oleh pembaca, dan hasil akhirnya semakin parah. Kira-kira apa yang akan terjadi kepada Anda?

Jika masalah seperti itu tidak ingin terjadi pada Anda, maka perhatikan setiap informasi yang disajikan kepada pembaca. Jika memang ada perubahan informasi, maka lakukan pengeditan sesuai dengan fakta terbaru.

Penutup

Membuat blog sekarang ini bisa dikatakan sangat mudah, yang sulit hanya pengelolaannya. Tapi dengan semua niat yang ada, Anda pasti bisa melewatinya dan menjadi seorang blogger sukses, Amin.

Mungkin sekian artikel tentang 14 Langkah Membuat Blog di Blogger (Wajib Tahu) ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi ilmu yang berkah bagi kita semua.

Posting Komentar