Cara Membuat Blog di Blogger yang Baik dan Benar

Cara Membuat Blog di Blogger yang Baik dan Benar

Ferisp.com - Blogger atau Blogspot merupakan salah satu platform penulisan yang paling banyak digunakan saat ini. Selain dapat digunakan untuk menyalurkan hobi menulis, blog tersebut juga bisa digunakan untuk meraih penghasilan dengan menampilkan iklan di setiap halaman.

Membangun dan mengembangkan blog bisa dikatakan sangat sulit, terlebih lagi dengan ketatnya tingkat persaingan saat ini. Hal tersebutlah yang menyebabkan banyak blogger yang mundur secara perlahan. Jika berpikiran blog bisa menghasilkan uang secara instan, sebaiknya kubur pikiran tersebut dalam-dalam. Menjalani profesi ini membutuhkan waktu dan usaha yang maksimal untuk bisa menghasilkan uang sesuai dengan yang diharapkan.

Rata-rata blogger sekarang ini hanya memikirkan cara mendapatkan penghasilan yang besar daripada membuat konten yang berkualitas dan menarik. Untuk Anda yang berkeinginan menjalani profesi ini, jadikan blog hanya sebagai tempat untuk menyalurkan hobi menulis. Apabila nantinya diterima menjadi penayang iklan, jadikan hal tersebut hanya sebagai bonus.

Cara Membuat Blog di Blogger yang Baik dan Benar

Membuat Email

Sebagai langkah awal, Anda wajib untuk membuat email sebagai pondasi dari blog itu sendiri. Email berguna sebagai tempat untuk menerima pesan berupa informasi, tanya jawab, dan proses konfirmasi dalam keberlangsungan kegiatan blog. Secara rinci, email merupakan kontak dari seorang blogger.

Mendaftar Blog

Ada dua platform terbesar dan terpercaya untuk memulai profesi sebagai seorang blogger, yaitu Blogspot dan WordPress. Namun kali ini, saya hanya akan menjelaskan tentang pendaftaran blog di Blogspot atau Blogger.

Untuk proses pendaftaran sendiri, silahkan masuk terlebih dahulu ke situs resmi Blogger dan log in ke akun email yang telah dibuat sebelumnya.

Menerapkan Satu Niche

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, niche berarti topik atau tema. Agar lebih mudah dalam menentukan ide tulisan, ada baiknya untuk menerapkan satu niche saja. Selain mudah dalam menentukan ide tulisan, pengunjung yang datang juga lebih tertarget dan loyal.

Menggunakan Domain

Domain merupakan nama ekstensi khusus dari sebuah blog. Dengan domain tersebut, alamat blog akan dipersingkat tanpa nama ekstensi dari platform blog itu sendiri. Dengan penggunaan domain tersebut, mesin pencari akan memberikan kredibilitas tinggi yang bisa berdampak dengan baiknya peringkat artikel di halaman pencarian.

Menggunakan Template yang Baik dan Menarik

Template merupakan desain khusus yang berguna untuk mempercantik penampilan blog. Dalam dunia blogging sendiri, mesin pencari lebih mengutamakan blog yang memiliki kecepatan loading yang cepat, tampilan halaman yang bagus, widget yang mudah digunakan, serta responsive.

Pada umumnya, ada dua jenis template yang tersedia, yaitu template premium dan template gratis. Jika dana yang ada belum cukup untuk membeli yang premium, Anda bisa menggunakan yang gratisan terlebih dahulu.

Uji Halaman Blog

Uji halaman blog merupakan pengukuran atau pengujian untuk mengetahui kondisi suatu blog. Nah, untuk mengetahui kondisi blog tersebut, silahkan melakukan pengujian PageSpeed Insights dan Mobile-Friendly Test.

PageSpeed Insights merupakan tes untuk mengukur kecepatan dalam pemuatan halaman. Sedangkan, Mobile-Friendly Test merupakan tes untuk mengetahui apakah sebuah halaman bisa ditampilkan dengan lancar di perangkat lain seperti smartphone dan tablet.

Membuat Halaman Pendukung

Untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada pembaca dan mesin pencari, Anda wajib untuk membuat halaman pendukung. Selain memperjelas tentang deskripsi blog itu sendiri, halaman pendukung juga menjadi salah satu persyaratan untuk menjadi penayang iklan Google AdSense. Adapun halaman tersebut seperti:

  1. About
  2. Contact
  3. Privacy Policy
  4. Disclaimer
  5. Terms and Conditions.

Menginput Artikel ke Google Search Console

Agar bisa ditemukan di halaman pencarian, Anda wajib untuk menginput URL atau link setiap tulisan ke Google Search Console. Google Search Console berguna untuk mengindeks artikel ke mesin pencarian Google.

Menginput Artikel ke Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools merupakan situs yang mirip dengan Google Search Console. Bedanya, Bing Webmaster Tools berguna untuk mengindeks artikel ke mesin pencarian Bing dan Yahoo.

Menautkan Blog ke Google Analytics

Google Analytics merupakan situs yang dikembangkan oleh Google sebagai sarana untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan keberlangsungan blog. Dengan Google Analytics tersebut, Anda bisa mendapatkan data-data seperti jumlah pengunjung, lama membaca, interaksi pembaca, dan masih banyak yang lainnya.

Menggunakan Keyword yang Tepat

Keyword merupakan kata kunci yang digunakan oleh pembaca untuk mencari informasi di mesin pencari. Keyword tersebutlah yang nantinya akan mendatangkan pengunjung secara organik.

Sebelum melakukan penulisan artikel, ada baiknya untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Untuk melakukan kegiatan tersebut, Anda bisa menggunakan situs seperti:

  1. Ahrefs
  2. Google Keyword Planner
  3. Keywordtool.io
  4. LSI Keyword
  5. MOZ
  6. Uberrsuggest
  7. WordStream
  8. Wordtracker.

Menulis Konten yang Berkualitas

Konten sendiri masih menjadi perbincangan hangat di kalangan blogger. Dalam informasi SEO yang diberikan, ada jumlah minimal kata yang harus diketik agar bisa dikatakan artikel berkualitas. Namun faktanya, pengunjung biasanya malas membaca dan cenderung langsung mencari inti dari topik yang dicari.

Menerapkan SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berguna untuk memberikan panduan-panduan agar blog lebih disukai mesin pencari. Jadi bisa dikatakan, SEO merupakan ilmu yang mutlak harus dipelajari oleh setiap blogger.

Dalam penerapan SEO tersebut, ada beberapa komponen yang sangat penting untuk diperhatikan seperti:

  1. Tulisan
  2. Gambar
  3. Internal link
  4. Eksternal link
  5. Backlink
  6. Permalink atau URL.

Hal-hal yang Perlu Dihindari Saat Membuat Blog

Menyalin Artikel Orang Lain

Google sangat tidak menyukai artikel yang hanya disalin dari artikel orang lain. Jika diibaratkan, menyalin sama halnya dengan mencuri. Jadi, jangan sekali-kali membagikan artikel yang hanya merupakan artikel salinan

Menggunakan Gambar yang Berbau Negatif

Memasukkan gambar yang berbau negatif bisa menyebabkan artikel dianggap sebagai informasi yang tidak pantas. Dengan anggapan tersebut, artikel akan sulit terindeks ke mesin pencarian.

Informasi yang Tidak Benar

Karena bersifat sumber informasi umum, sangat tidak dianjurkan untuk membagikan tulisan yang tidak benar adanya atau hoax. Ingat, mesin pencari sudah menjadi sumber informasi yang paling banyak digunakan saat ini. Jangan sampai pembaca mengalami kerugian akibat tulisan yang Anda bagikan.

Penutup

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang cara membuat blog di Blogger yang baik dan benar. Sebagai pelengkap, telah saya jelaskan juga apa yang menjadi pantangan untuk menjadi seorang blogger. Intinya, hindari semua kegiatan yang berbau negatif agar tetap aman dihadapan pengunjung dan mesin pencari.