Tips Membersihkan Laptop dari Kotoran

Tips Membersihkan Laptop dari Kotoran

Ferisp.com - Membersihkan laptop bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang gampang-gampang susah. Kebersihan alat teknologi ini memang menjadi salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan agar tetap awet untuk digunakan. Penggunaan secara berkala tentu akan membuat laptop menjadi lebih cepat kotor.

Untuk proses pembersihannya sendiri, Anda sangat perlu untuk memperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi masalah yang justru akan merugikan diri Anda sendiri.

Tips Membersihkan Laptop dari Kotoran

Pembersihan Bagian Dalam

Selain pembersihan dan perawatan pada bagian luar, bagian dalam juga sangat perlu untuk diperhatikan. Jangan sampai terjadi penumpukan kotoran yang membuat laptop menjadi bermasalah. Penumpukan kotoran biasanya akan mengakibatkan laptop lebih cepat panas dibandingkan biasanya.

Untuk peralatan dan bahan sendiri tergantung dari tingkat kotoran yang ada. Anda bisa menggunakan kain halus, sikat gigi, dan cotton bud.

Jika proses pembersihan bagian dalam telah selesai, jangan lupa untuk menutup kembali bagian yang telah dibersihkan. Pastikan juga baut yang terpasang lengkap agar casing tetap rapat seperti semula.

Pembersihan Bagian Casing

Untuk membersihkan bagian casing, Anda hanya membutuhkan kain halus dan air biasa. Tapi, bersihkan dengan sewajarnya saja.

Jangan sampai menggunakan kain yang sangat basah agar air tidak masuk ke bagian dalam mesin. Cukup celupkan kain halus tersebut di air dan peras hingga tidak ada sedikitpun air yang menetes. Setelah itu, lap casing dengan perlahan untuk menghindarkan mesin dari tekanan yang keras.

Pembersihan Bagian Keyboard

Sangat sering terjadi dimana tombol di keyboard menjadi keras dan sulit untuk diterikan. Hal tersebut terjadi lantaran ada tumpukan kotoran pada bagian bawah tombol. Nah, untuk membersihkan tumpukan kotoran tersebut, Anda bisa menggunakan sikat gigi, cotton bud, dan vacuum cleaner portable.

Pertama, Anda bisa menghilangkan terlebih dahulu kotoran di bawah tombol dengan menggunakan sikat gigi. Setelah itu, bersihkan kotoran di bagian samping tombol dengan menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi sebelumnya. Langkah terakhir, silahkan gunakan vacuum cleaner portable untuk menghisap kotoran yang belum sepenuhnya hilang.

Pembersihan Bagian Layar Monitor

Sangat perlu ketelitian dalam membersihkan bagian layar monitor. Bukan tanpa alasan, layar sangat sensitif terhadap berbagai macam cairan.

Jika tingkat kotoran rendah, Anda hanya perlu membersihkan dengan mengelap lembut menggunakan kain halus yang kering. Namun, jika kotoran dalam tingkat tinggi, Anda bisa menggunakan kain microfiber dengan cairan khusus LCD.

Untuk mendapatkan kain microfiber dan cairan khusus LCD, silahkan datang langsung ke toko aksesoris laptop. Selain itu, Anda juga bisa memesan lewat online di marketplace. Untuk harga, kain microfiber biasanya dijual seharga Rp. 5.000. Sedangkan, cairan khusus LCD biasanya dijual seharga Rp. 20.000.

Penutup

Sebagai pengguna elektronik, sangat penting hukumnya untuk mengimbangi penggunaan dengan perawatan yang berjangka. Laptop yang sering digunakan pasti lebih cepat kotor dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan laptop Anda agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.