Dampak Buruk Sinar Matahari Langsung bagi HP

Dampak Buruk Sinar Matahari Langsung bagi HP

Ferisp.com - Pada saat ini, HP menjadi alat komunikasi yang yang paling banyak digunakan oleh manusia. Terlebih lagi dengan hadirnya telepon pintar atau smartphone yang bisa dengan mudah membantu pengguna dalam berbagai hal.

Ukuran HP yang telah disesuaikan dengan selera membuat pengguna bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun. Namun, secanggih-canggihnya perangkat yang digunakan tersebut, pasti ada juga hal-hal yang bisa menjadi masalah. Salah satu masalah tersebut seperti sinar matahari langsung.

Seperti yang kita ketahui bersama, sinar matahari langsung memiliki kandungan sinar ultraviolet yang dapat memberikan dampak buruk bagi alat komunikasi ini. Penasaran dengan dampak buruk tersebut? simak ulasan berikut ini!

Dampak Buruk Sinar Matahari Langsung bagi HP

Overheat

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian dimana suhu HP menjadi lebih panas dibandingkan biasanya. Nah, salah satu penyebab dari masalah tersebut adalah sinar matahari. Hal tersebut terjadi lantaran suhu panas yang ada pada sinar matahari dapat menguap dengan mudah ke dalam HP itu sendiri.

Selain itu, suhu panas pada HP bisa bertambah apabila pengguna menggunakan aplikasi yang memiliki ukuran yang besar.

Baterai Membengkak

Bagi kebanyakan pengguna, baterai membengkak merupakan masalah yang paling sering terjadi. Baterai membengkak sendiri terjadi lantaran pengisian baterai yang terlalu lama maupun alur listrik yang tidak normal. Selain itu, panas sinar matahari langsung juga bisa membuat baterai menjadi membengkak.

Lem Terlepas

Mungkin Anda pernah melihat tukang service yang menggunakan hairdryer untuk memanaskan bagian perekat. Ya, lem yang merekat pada HP akan mudah meleleh apabila bertemu langsung dengan unsur panas.

Layar Bermasalah

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, sinar matahari langsung memiliki kandungan sinar ultraviolet yang dapat memberikan dampak buruk bagi layar.

Adapun dampak buruk tersebut seperti:

  1. Sensifitas layar menjadi berkurang
  2. Layar hangus
  3. Lapisan layar retak
  4. Mengurangi kualitas warna pada layar.

Menurut penelitian yang dilakukan, suhu yang normal untuk menggunakan perangkat elektronik adalah 23 derajat celcius. Lebih dari itu, sebaiknya kurangi penggunaan untuk menghindari masalah-masalah yang bisa ditimbulkan.

Penutup

Walaupun sinar matahari langsung memiliki banyak manfaat, tapi tidak dengan perangkat elektronik. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membatasi penggunaan HP di cuaca yang panas. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk perawatan terhadap perangkat yang digunakan agar bisa digunakan dengan awet dan tahan lama.