Tips Aman Menggunakan Google AdSense Blog yang Perlu Diketahui

Tips Aman Menggunakan Google AdSense Blog yang Perlu Diketahui

Ferisp.com - Karena sangat banyak yang bertanya mengenai tips aman menggunakan Google AdSense blog, kali ini, saya akan membagikan sedikit pengalaman agar terhindar dari banned. Sebagaimana yang kita tahu, Google mempunyai cara tersendiri untuk mengetahui adanya kecurangan pada setiap penayangan iklan di suatu blog.

Menayangkan iklan tentunya normal-normal saja, namun, Google akan memberikan sanksi berupa banned apabila ada aktifitas tidak wajar yang bisa menguntungkan penayang atau publisher.

Bagi Anda yang sudah diterima menjadi penayang iklan oleh Google, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menjaga akun tersebut agar tetap aman dan bisa menghasilkan uang dalam jangka waktu yang lama.

Tips Aman Menggunakan Google AdSense Blog yang Perlu Diketahui

Tampilkan Iklan Sewajarnya

Setelah diterima sebagai penayang, Anda wajib untuk menyalin kode iklan yang telah disediakan agar bisa ditampilkan di blog. Pemilihan lokasi tampil juga diberikan sepenuhnya kepada pihak penayang.

Walaupun Anda sudah diterima sebagai penayang, Google tetap mengharapkan Anda untuk memberikan konten yang menarik dan berkualitas. Jangan sampai Anda menayangkan iklan terlalu banyak sehingga merusak tampilan tulisan. Sangat perlu untuk memposisikan diri sebagai pembaca, apakah tulisan masih nyaman untuk dibaca atau tidak.

Jika tidak, Google akan menganggap Anda hanya mementingkan penghasilan dibandingkan memberikan artikel yang menarik dan berkualitas.

Jangan Klik Iklan Sendiri

Ini adalah kesalahan paling fatal yang biasa terjadi pada blogger. Pastikan untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan aktifitas blogging. Google tidak akan mentoleransi kegiatan klik iklan sendiri baik secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Kebanyakan blogger berusaha untuk mengakali larangan ini dengan menyuruh orang terdekat untuk klik iklan yang ada. Namun, Anda perlu waspada karena, sepandai-pandainya Anda mengakali hal ini, Google merupakan perusahaan besar yang mempekerjakan orang-orang terbaik yang bisa dengan mudah mengetahui kecurangan yang dilakukan.

Perhatikan Konten yang Dibagikan

Saat membuat konten, pastikan untuk mematuhi kaidah-kaidah tulisan yang ada. Ingat, Google selalu memeriksa konten yang telah dibagikan apakah layak untuk dibagikan atau tidak. Jangan sekali-kali memasukkan unsur berikut ini ke dalam konten:

  1. Hasutan
  2. Ujaran kebencian
  3. Judi
  4. Kekerasan
  5. Pembajakan
  6. Jual beli ilegal
  7. Obat-obatan terlarang
  8. Pencemaran nama baik
  9. Pencurian
  10. Por**grafi
  11. Rasis
  12. Penjualan hewan yang terancam punah.

Selain poin di atas, Anda juga wajib untuk selalu memperhatikan kata yang digunakan. Jangan sekali-kali menggunakan kata yang tidak pantas untuk diucapkan.

Apabila unsur di atas tetap dimasukkan ke dalam konten, besar kemungkinan akun akan dibanned.

Jangan Copy Paste Tulisan Orang Lain

Google sangat menghargai hasil karya tulisan dari seorang blogger. Apabila tulisan telah dibagikan, maka penulis dari tulisan tersebut berhak menjadi pemegang hak cipta tulisan.

Copy paste sama halnya dengan mencuri (plagiat). Jika Anda mengambil tulisan tanpa meminta izin kepada pemegang hak cipta, maka percayalah, akun AdSense akan dibanned atas dasar pencurian karya orang lain.

Jangan Menggunakan Tools Pihak Ketiga untuk Mendatangkan Visitor

Tools pihak ketiga merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk mendapatkan pengunjung secara ilegal. Dengan tools tersebut, blog bisa mendapatkan pengunjung yang banyak tanpa harus promosi. Enak bukan?

Tapi jangan salah, Google sangat tidak menyukai aktifitas yang tidak wajar di suatu blog. Yang pastinya adalah, blog akan segera dibanned.

Jangan Menghapus Halaman Privacy Policy / Kebijakan Privasi

Halaman privacy policy merupakan pemberitahuan kepada pengunjung bahwa di situs tersebut menggunakan iklan sebagai media pendapatan. Selain pengunjung, halaman ini juga berguna untuk memberitahukan kepada Google bahwa situs tersebut siap untuk menampilkan iklan.

Oleh karena itu, jangan menghapus halaman ini setelah diterima menjadi penayang iklan. Karena jika dihapus, bisa-bisa Google akan beranggapan bahwa situs tersebut tidak siap atau tidak ingin menampilkan iklan.

Jangan Memaksa Pengunjung untuk Klik Iklan

Demi mendapatkan penghasilan yang lebih besar, biasanya blogger akan memaksa pengunjung untuk mengklik iklan yang ada. Mereka lebih cenderung membuat cerita yang bertujuan untuk menggugah hati dari pengunjung untuk klik. Contohnya, mereka akan menulis keterangan "Tolong klik iklan ini untuk membantu bayar perpanjangan domain".

Agar akun tetap aman, jangan lakukan hal ini. Selain itu, uang yang dihasilkan dari kegiatan ini juga tidak akan berkah untuk digunakan.

Jangan Mengubah Kode Iklan

Mengubah kode yang telah didapatkan berguna untuk mengubah tampilan iklan yang tampil untuk memperbesar rasio klik.

Jika Anda melakukan modifikasi pada kode yang Anda dapatkan, akun akan berpotensi untuk dibanned. Hal yang paling mengerikan adalah, banned yang bisa didapatkan bersifat permanen.

Hindari Membagikan Link di Grup

Sudah sangat banyak blog yang terbanned akibat pengunjung yang tidak valid. Tentu, masalah ini bukan diakibatkan oleh pemilik blog, melainkan orang lain yang iri.

Pada saat Anda mengirimkan link ke berbagai grup, tidak sedikit orang yang mempunyai niatan buruk untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat akun AdSense kita dibanned. Salah satu perbuatan yang sering dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab adalah, bom klik iklan.

Bom klik tersebut dilakukan dengan menggunakan program pihak ketiga dan secara manual. Dengan bom klik tersebut, Google akan mendeteksi terjadinya klik iklan yang tidak wajar.

Penutup

Jadi, demikian tips aman menggunakan Google AdSense blog versi Ferisp.com. Silahkan mengikuti tips dari saya jika ingin mencoba. Perlu diingat, menjaga lebih berat daripada mendapatkan. Untuk itu, hindari pantangan-pantangan yang bisa membuat akun dibanned oleh Google.

Sebagai tambahan, silahkan mengikuti Panduan kebijakan Google AdSense.