Tips Menjadi Youtuber Gaming yang Perlu Diketahui

Tips Menjadi Youtuber Gaming yang Perlu Diketahui

Ferisp.com - Sekarang ini, youtuber menjadi profesi yang sangat digemari oleh kaum milenial. Tak hanya karena bisa menyalurkan hobi menjadi sumber pendapatan, menjadi youtuber juga akan membuat mereka banyak dikenali oleh orang lain. Pendapatan yang besar dan popularitas yang tinggi, tentu siapa yang tidak mau?

Jika melihat ke fakta yang ada, sudah sangat banyak orang yang sudah merubah peruntungannya dengan menjadi content creator khususnya dalam bidang game. Sebut saja seperti JessNoLimit, Reza Arap, dan pemilik subscriber terbanyak yaitu PewDiePie. Menjadi seperti mereka sekarang ini tidaklah mudah, perlu perjuangan yang keras, kesabaran, dan kreatifitas yang tinggi.

Kesuksesan seorang youtuber gaming biasanya dihitung berdasarkan jumlah subcriber yang mereka punya. Sebenarnya ada cara lain, yaitu dengan mengikuti langkah yang ditempuh oleh JessNoLimit. JessNoLimit mulai menggeluti dunia YouTube setelah bergabung dengan tim E-Sport ternama di Indonesia. Kepopuleran tim E-Sport tersebut tentunya yang membuat JessNoLimit mudah untuk mendapatkan subscriber dan pengunjung pada saat itu.

Terus, apakah orang biasa bisa mengikuti kesuksesan mereka? Tentu bisa. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu peralatan dan bahan yang perlu untuk dipersiapkan. Peralatan dan bahan tersebut berguna sebagai sarana untuk memberikan konten yang berkualitas kepada semua penonton. Adapun peralatan dan bahan tersebut seperti:

  1. Smartphone
  2. Laptop (opsional)
  3. Kamera (opsional)
  4. Headset
  5. Aplikasi (game, edit video, edit suara, edit foto)
  6. Jaringan internet
  7. Konten.

Apabila peralatan dan bahan di atas sudah terpenuhi, Anda kini bisa menjadi seorang youtuber gaming. Selanjutnya, silahkan mengembangkan akun tersebut dengan membuat konten yang berkualitas. Dengan konten yang berkualitas tersebut, subscriber akan datang dengan sendirinya.

Tips Menjadi Youtuber Gaming yang Perlu Diketahui

Perhatikan Email yang Digunakan

Anda ingin menjadi content creator untuk memiliki pendapatan yang besar bukan? Sedangkan sumber pendapatan YouTube sendiri berasal dari iklan Google. Program pengiklanan tersebut disebut juga dengan Google AdSense.

Untuk mendaftar ke Google AdSense, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satu persyaratan tersebut adalah email yang tidak pernah terkena pelanggaran.

Percuma memiliki subscriber yang banyak tapi email yang digunakan memiliki riwayat pelanggaran. Untuk lebih amannya, Anda bisa membuka akun YouTube dengan menggunakan akun email yang baru.

Skill Bermain yang Bagus

Jika skill biasa-biasa saja, apa yang menjadi keistimewaan dari konten Anda? Sebagai penonton, tentu mereka akan mencari channel yang bisa dijadikan sebagai panutan bermain. Percuma jika editing bagus jika game play masih biasa-biasa saja.

Agar penonton merasa terhibur dan tertarik untuk berlangganan, Anda wajib untuk selalu latihan agar skill bermain semakin baik. Intinya adalah, content is king.

Edit Video Semenarik Mungkin

Game play bagus tanpa editing yang menarik mungkin akan membuat kebanyakan orang menjadi bosan. Memang tidak ada salahnya apabila tidak melakukan proses editing. Akan tetapi, sebagai content creator, Anda wajib untuk memberikan video yang menarik dan bisa menghibur semua orang. Dengan begitu, penonton akan setia untuk menonton video Anda kedepannya.

Usahakan untuk Membuat Banyak Video

Jika video masih sedikit, kebanyakan youtuber akan mengalami kesulitasn untuk mendapatkan subscriber dan viewer. Satu video hanya akan menampung beberapa kata kunci saja. Itupun jika Anda pandai dalam mencari kata kunci yang banyak dicari oleh orang lain.

Berbeda jika Anda sudah memiliki video yang banyak. Tentunya, kata kunci juga akan semakin banyak. Dengan hal tersebut, rasio untuk ditonton menjadi lebih besar.

Pilih Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci sangat berperan penting dalam keberhasilan suatu video mendapatkan viewer. Kata kunci sendiri merupakan kata-kata yang biasa diketik oleh penonton untuk mencari video. Anda perlu untuk menggunakan kata kunci yang menarik dan memiliki volume pencarian yang tinggi.

Sebagai perbandingan, "Rumput hijau di belakang rumah pak Andi" atau "Give away skin epic Irithel", Sebagai penonton, kira-kira mana yang Anda pilih untuk ditonton?

Pertanyaannya, siapa yang peduli dengan rumput di belakang rumah pak Andi? Inilah pentingnya untuk memilih kata kunci yang tepat. Pastikan agar kata kunci memiliki volume pencarian yang tinggi.

Promosi

Selain mengharapkan penelusuran organik, Anda juga bisa melakukan promosi untuk mempermudah penonton dalam menemukan video Anda. Dalam hal ini, promosi merupakan kegiatan yang bisa mendatangkan penonton secara instan. Bagaimana tidak, Anda hanya cukup untuk membagikan link video ke berbagai media sosial yang ada.

Namun, lakukan promosi secara wajar. Jangan sampai Anda dianggap spam dan ujung-ujungnya dibanned oleh pihak YouTube dan media sosial yang Anda gunakan.

Satu Niche Terlebih Dahulu

Niche dalam bahasa Indonesia berarti "Topik". Alangkah baiknya jika berfokus pada satu niche terlebih dahulu. Hal tersebut berguna agar penonton juga tahu bahwa Anda merupakan youtuber yang bermain game A. Jika penonton tersebut sedang mencari informasi atau butuh hiburan mengenai niche game yang sama dengan niche Anda, tentu mereka akan langsung mencari channel yang Anda miliki.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari tutorial menggunakan Fanny, channel mana yang akan Anda tuju, apakah NoobQueen atau Budi01 Gaming? Nah, sudah jelas bukan?

Bawakan dengan Baik

Biasanya, ada dua cara yang digunakan oleh youtuber untuk membawakan konten. Ada yang kalem, dan ada pula yang bacot.

Anda tentu mengenal Brandon Kentjana atau yang biasa disebut BKent. Walaupun pembawaannya bacot dan terkesan toxic, tapi bagi penonton, hal tersebutlah yang menjadikan video yang dibagikan menjadi lucu. Inilah yang dimaksud dengan pembawaan.

Bagi Anda yang masih kaku untuk berbicara di depan kamera, ada baiknya untuk ketahui dahulu karakter yang Anda miliki. Pembawaan tersebutlah yang nantinya akan digunakan untuk menarik minat para penonton.

Penutup

Jika semua youtuber yang telah saya sebutkan tadi bisa sukses, maka Anda juga memiliki peluang yang sama. Menekuni profesi ini memang tidak mudah, tapi jadikan game hanya sekedar hobi dan penghasilan sebagai bonus. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terbebani akan hambatan yang biasa terjadi. Membuat video pada saat merasa terbebani hanya akan memperburuk kualitas video.