Cara Optimasi Gambar di Blog Agar Lebih Ramah SEO

Cara Optimasi Gambar di Blog Agar Lebih Ramah SEO

Ferisp.com - Gambar menjadi salah satu unsur penting dalam mengoptimasi SEO artikel. Bukan tanpa alasan, Google sering menganggap tulisan yang memiliki gambar sebagai artikel yang sangat informatif dengan data yang lengkap. Dengan anggapan tersebut, Google tidak akan ragu untuk memberikan peringkat yang lebih tinggi di halaman pencarian.

Tanpa gambar, artikel tulisan akan cenderung membosankan dengan tidak adanya visual pelengkap. Namun, Anda juga tidak boleh memasukkan gambar secara sembarangan tanpa memperhatikan panduan kebijakan.

Untuk memasukkan gambar ke dalam tulisan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

  1. Konten visual
  2. Hak cipta
  3. Ukuran.

Konten Visual

Konten visual adalah makna dari sebuah gambar yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan gambar yang sesuai dengan topik pembahasan. Selain itu, jangan sekali-kali menggunakan gambar yang berbau negatif seperti por**grafi, judi, dan obat-obatan terlarang. Hal tersebut hanya akan memberikan dampak negatif bagi artikel.

Hak Cipta

Selain konten visual, hak cipta juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Google sangat tidak menyukai artikel yang menggunakan gambar berhak cipta atau milik orang lain. Nah, untuk mendapatkan gambar bebas hak cipta secara gratis, silahkan membuka situs Pixabay atau Pexels. Selain itu, Anda juga bisa membeli lisensi gambar di Shutterstock atau Freepik.

Ukuran

Untuk ukuran, ada dua pokok penting yang harus diperhatikan. Dua pokok tersebut adalah rasio dan ukuran file.

Untuk rasio, rasio gambar yang paling baik untuk digunakan adalah 1:1 dan 16:9. Ukuran tersebut merupakan rasio gambar yang paling banyak digunakan saat ini oleh blogger lain.

Sedangkan untuk ukuran file, usahakan untuk menggunakan gambar yang tidak lebih 50 kb. Semakin besar ukuran file yang digunakan, semakin lama pula gambar tersebut akan dimuat. Untuk memperkecil ukuran file, silahkan kompres file tersebut di aplikasi edit foto atau situs jasa kompresi foto.

Cara Optimasi Gambar di Blog Agar Lebih Ramah SEO

Langkah 1

  • Edit gambar
  • Ubah nama file sesuai dengan judul tulisan
  • Hapus meta data.

Untuk menghapus meta data gambar di Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut: Klik kanan pada gambar > Properties > Details > Remove Properties and Personal Information > Remove the following properties from this file > Select All > OK.

Langkah 2

  • Masuk ke postingan
  • Unggah gambar ke tempat yang Anda inginkan
  • Pilih BERALIH CAPTION dan cantumkan sumber gambar
  • Pilih UBAH dan masukkan judul postingan ke TEKS ALTERNATIF dan TEKS JUDUL
  • Pilih UKURAN untuk mengatur ukuran gambar
  • Pilih PERBARUI
  • Selesai.

Penutup

Semua langkah di atas merupakan cara yang saya lakukan selama menjalankan blog ini. Alhamdulillah, sampai sekarang ini, belum ada masalah serius yang berkaitan dengan gambar postingan.