Cara Mengetahui Kata Kunci / Keyword yang Menjadi Sumber Pengunjung Blog

Cara Mengetahui Kata Kunci / Keyword yang Menjadi Sumber Pengunjung Blog

Bagaimana cara mengetahui kata kunci atau keyword yang mendatangkan pengunjung ke blog kita?

Ferisp.com - Mungkin pertanyaan di atas sering terpikirkan oleh Anda yang masih bingung tentang sumber pengunjung blog. Pada awal pembuatan, semua blogger pasti pernah merasakan betapa susahnya mendatangkan pengunjung dari hasil penelusuran atau visitor organik.

Seiring berjalannya waktu, artikel yang dibagikan akan menjadi semakin banyak. Hal yang pasti adalah, banyaknya jumlah artikel juga akan dibarengi dengan tambah banyaknya kata kunci yang bisa mendatangkan pengunjung. Yang saya maksud di sini adalah pengunjung yang memang benar-benar berasal dari hasil penelusuran mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Traffic yang tinggi pasti akan membuat seorang blogger merasa antusias dan lebih bersemangat untuk menulis. Untuk menganalisis potensi blog dalam mendatangkan pengunjung, seorang blogger wajib untuk mengetahui kata kunci populer yang sering dicari.

Sekedar informasi, saya menggunakan situs Google Search Console untuk mencari kata kunci yang selama ini menjadi sumber pengunjung blog. Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengetahui Kata Kunci / Keyword yang Menjadi Sumber Pengunjung Blog

  • Masuk ke GOOGLE SEARCH CONSOLE
  • Pada bagian kiri, pilih KINERJA
  • Scroll ke bawah untuk menemukan KUERI
  • Selesai.

Catatan

  1. Anda bisa melihat semua kata kunci sekaligus dengan mengatur BARIS PER HALAMAN sesuai dengan keinginan
  2. Untuk mengetahui jenis penelusuran, silahkan pilih JENIS PENELUSURAN. Nantinya, Anda akan diberikan pilihan seperti Web, Gambar, Berita, dan Video.
  3. Untuk mengatur tempo waktu, silahkan pilih TANGGAL. Setelah itu, Anda bebas memilih tempo waktu yang Anda inginkan.

Setelah mengetahui kata kunci yang paling populer di blog Anda, Anda bisa membuat kembali artikel dengan tetap mengacu pada kata kunci populer tersebut.

Agar semakin lengkap, Anda juga bisa melakukan riset kata kunci dan ide konten dengan menggunakan Ubersuggest yang merupakan situs SEO dari blogger ternama India yaitu Neil Patel.

Penutup

Bisa disimpulkan bahwa, semakin banyak artikel yang dibagikan, maka semakin banyak pula kata kunci yang berpotensi besar mendatangkan pengunjung.

Dengan semua kata kunci tersebut, silahkan melakukan penyaringan untuk mengukur keberhasilan suatu tulisan di mesin pencari.