Tips Agar Blog Terlihat Lebih Profesional

Tips Agar Blog Terlihat Lebih Profesional

Ferisp.com - Menghasilkan uang dari internet sudah menjadi impian bagi setiap orang saat ini. Ada yang menjadi online seller, dropshipper, youtuber, dan blogger. Khusus untuk profesi terakhir, banyak orang yang menjadi blogger hanya karena iseng memasukkan tulisannya di blog sebagai catatan pribadi. Selain itu, ada juga yang menjadi blogger karena memang menargetkan untuk menghasilkan uang dengan blog.

Bagi mereka yang hanya sekedar iseng memasukkan tulisannya di blog, mereka tidak akan terlalu memperhatikan tampilan yang ada. Intinya, mereka hanya menyimpan tulisan tersebut sebagai catatan pribadi yang bisa dilihat kapanpun dan dimanapun.

Sebaliknya, bagi mereka yang menjadi blogger untuk menghasilkan uang, tampilan blog yang menarik sudah menjadi kewajiban agar menarik minat para pengunjung. Dengan tampilan yang menarik, pengunjung juga akan merasa betah untuk membaca.

Mengubah blog sederhana menjadi lebih profesional tidaklah susah. Anda tidak perlu menguasai ilmu pemrograman yang tentunya sangat sulit. Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya dengan asumsi blog yang Anda miliki menjadi lebih menarik untuk dilihat.

Tips Agar Blog Terlihat Lebih Profesional

Gunakan Domain

Apa sih yang dimaksud domain? Domain merupakan alamat khusus sebuah blog atau situs. Domain sendiri sangat berpengaruh terhadap keyakinan pengunjung terhadap suatu blog atau situs. Jika masih bingung, Anda bisa melihat contoh di bawah ini:

Ferisp.com (domain)
ferisp.blogspot.com (tanpa domain)

Sampai di sini, sudah jelas bukan?

Perusahaan-perusahan besar sekarang ini pasti memiliki domain di setiap situs yang mereka jalankan sebagai identitas keabsahan. Sebut saja seperti Google.com, Facebook.com, dan Amazon.com. Siapa yang akan percaya jika ada situs yang bernama Google.blogspot.com? Hehe.

Untuk pendaftaran domain sendiri, tersedia banyak jasa penyedia dengan harga yang berbeda-beda tentunya. Anda hanya perlu memilih yang memang menurut Anda sesuai dengan budget.

Gunakan Template yang Memiliki Tampilan Menarik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa, template bawaan Blogger dan WordPress terlihat sangat sederhana. Jika Anda benar-benar serius dalam menggeluti profesi blogger, Anda sebaiknya mengganti ke template yang memiliki tampilan lebih menarik.

Jika dana yang ada belum cukup untuk membeli template, Anda bisa mencoba menggunakan yang gratisan terlebih dahulu.

Perhatikan Tata Bahasa Penulisan

Dalam membagikan tulisan, blog yang profesional pasti selalu memperhatikan tata bahasa yang digunakan. Tata bahasa yang baik berguna agar pengunjung lebih nyaman saat membaca dan mudah memahami apa yang disampaikan. Untuk itu, hindari penggunaan bahasa yang rancu dan kata yang typo agar kualitas tulisan bisa semakin baik.

Mengganti Logo Favicon Bawaan

Meskipun hanya sebagai tampilan kecil di jendela browser, ternyata favicon memiliki fungsi yang cukup banyak. Selain memudahkan pembaca dalam menandai halaman blog, favicon juga dapat memperindah penampilan blog. Karena mengganti favicon cukup mudah dan simpel, rasa-rasanya Anda wajib untuk melakukannya.

Untuk penggantian favicon sendiri, silahkan membuka artikel berikut ini: .

Hapus Kredit Bawaan Template

Kredit template merupakan informasi tentang pencipta atau pengembang template yang digunakan. Kredit sendiri biasanya terletak di bagian bawah template (footer).

Mungkin ada yang bertanya, memangnya pembaca akan sampai mencari kredit? Pengunjung memang jarang untuk mengecek sampai ke bawah halaman, tapi, jarang bukan berarti tidak ada.

Sayangnya, pengguna template gratisan tidak boleh menghapus credit link footer. Hal tersebut sebagai penghormatan blogger terhadap pencipta dan pengembang template. Beda halnya jika Anda membeli template premium.

Gunakan Widget Sebagai Pelengkap

Widget tidak perlu diragukan lagi akan kepentingannya dalam keberlangsungan blogging. Selain memudahkan pengunjung dalam membaca, widget juga bisa membuat blog menjadi lebih profesional.

Agar blog menjadi lebih baik, gunakan widget yang memang bisa memberikan keuntungan. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak widget, widget yang banyak hanya akan memperlambat loading blog.

Tambahkan Media Sosial Penulis atau Admin

Media sosial saat ini sudah memiliki pengguna yang sangat banyak. Dengan dipasangnya link media sosial penulis di blog, pengunjung bisa mengenal lebih dekat penulis. Hal tersebut bisa bertambah apabila mereka kagum dengan tulisan yang kita bagikan.

Syukur-syukur jika mereka menghubungi untuk mengajak kerja sama. Mengajak kerja sama dengan asumsi mereka kagum dengan penampilan blog dan cara penulisan yang baik. Enak bukan?

Penutup

Blog profesional itu relatif. Mungkin saya menganggap suatu blog sudah profesional, tapi Anda tidak demikian. Di sini, saya hanya membagikan pendapat dan saran berdasarkan pemikiran sendiri.

Jika saran di atas tidak sesuai dengan kriteria keprofesionalan blog yang Anda yakini, silahkan menyesuaikan sendiri informasi yang saya berikan dengan pemikiran Anda.