Cara Menghilangkan Akhiran URL ?m=0 dan ?m=1 di Blog

Cara Menghilangkan Akhiran URL ?m=0 dan ?m=1 di Blog, Ya, dua ekstensi link tersebut memang merupakan akhiran mutlak yang diberikan oleh Google.
Cara Menghilangkan Akhiran URL ?m=0 dan ?m=1 di Blog

Cara Menghilangkan Akhiran URL ?m=0 dan ?m=1 di Blog - Sering melihat URL atau link artikel dengan akhiran ?m=0 dan ?m=1? Ya, dua ekstensi link tersebut memang merupakan akhiran mutlak yang diberikan oleh mesin pencari sebagai ekstensi khusus dari jenis perangkat yang digunakan oleh pemuat konten (pembaca).

Lalu, mengapa harus dibedakan lagi? Dalam hal ini, mesin pencari memiliki sistem yang bertujuan untuk mengetahui perangkat apa yang digunakan oleh pengguna untuk memuat konten situs. Data yang diperoleh tersebut akan dijadikan sebagai laporan performa di Google Analytics dan Bing Analytics.

Pada saat ini, ada dua jenis perangkat yang umum digunakan untuk mengakses internet. Dua perangkat tersebut adalah desktop dan mobile. Dengan ektensi ?m=0 dan ?m=1, mesin pencari akan menginformasikan laporan traffic berdasarkan jenis perangkat ke blogger atau admin situs.

Untuk pembagian perangkat sendiri, silahkan melihat tabel di bawah ini:

DESKTOP MOBILE
Laptop Android
Netbook iOS
PC Tablet
Komputer -

Link yang berakhiran dengan ?m=0 menandakan bahwa, konten situs tersebut dimuat dengan menggunakan perangkat desktop. Sedangkan, link yang berakhiran dengan ?m=1 menandakan bahwa, konten situs tersebut dimuat dengan menggunakan perangkat mobile.

Tapi berdasarkan pengalaman, akhiran link ?m=0 dan ?m=1 sering mengakibatkan masalah crawling di Google Search Console. Pada saat melakukan inspeksi URL, robot crawler sering mengindeks artikel ke dalam dua jenis perangkat sekaligus. Akibatnya, artikel menjadi duplicate content atau plagiat.

Bagi pengguna WordPress, mungkin masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan plugin khusus. Namun, bagaimana dengan mereka yang menggunakan Blogger atau Blogspot? Seperti yang kita tahu, Blogger tidak menggunakan plugin untuk mengakses fitur blog (manual).

Walaupun belum ada plugin, Anda bisa menghapus ke dua akhiran link tersebut dengan menggunakan script khusus. Untuk pemasangan script khusus tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Menghilangkan Akhiran URL ?m=0 dan ?m=1 di Blog

  • Masuk ke BLOGGER
  • Pilih menu TEMA
  • Pilih EDIT HTML
  • Tempel di atas </body>:
  • <script>
    var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}
    </script>
  • Pilih SIMPAN
  • Selesai.

Penutup

Nah, cukup mudah bukan? Karena akhiran ?m=0 tidak terlihat di perangkat manapun, Anda bisa langsung mengecek URL artikel Anda menggunakan perangkat mobile atau HP. Jika URL sudah tidak diikuti dengan ?m=1, maka tutorial kali ini bisa dikatakan berhasil.

Jika ingin mengganti template, jangan lupa untuk memasukkan script di atas ke dalam HTML template yang baru. Pastikan script tetap berada di atas kode </body>.

Cukup sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Akhiran URL ?m=0 dan ?m=1 di Blog ini, Terima kasih.