Cara Menghilangkan Kode ?m=1 di Akhir URL Blogger

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 di Akhir URL Blogger

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 di Akhir URL Blogger - Saat mengakses web di perangkat Android, mungkin kamu sering mendapati kode aneh berupa ?m=1. Kode tersebut biasanya muncul di akhir URL blog.

Apa sih maksud dari kode tersebut? Kode tersebut merupakan parameter dan penanda perangkat yang digunakan untuk membuka halaman web. Jika akhir URL menggunakan ?m=1, artinya perangkat yang digunakan adalah perangkat seluler atau mobile (Android dan iOS).

Tapi kenapa kode ?m=0 tidak pernah muncul di perangkat desktop? Karena nilai kosong, maka akhiran URL tidak perlu dimunculkan dan hanya menampilkan URL asli.

Kekurangan Kode ?m=1 dalam URL Blogger

Ada banyak alasan mengapa blogger ingin menghapus kode ?m=1, diantaranya untuk mengatasi duplikat konten di Google Search Console, URL menjadi lebih singkat dan rapi, dan lebih profesional.

Salah satu error yang sering terjadi di Google Search Console adalah duplicate content. Masalah tersebut biasa terjadi karena bot Google merayapi halaman web dengan URL versi seluler dan desktop. Akibatnya, halaman menjadi duplikat dan akan muncul sebagai error.

Beruntung bagi yang menggunakan WordPress, menghilangkan kode ini dapat dilakukan dengan menggunakan plugin khusus. Lalu bagaimana dengan pengguna Blogger? Tenang saja, kita bisa menggunakan JavaScript yang nantinya akan dipasang di HTML template.

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 di Akhir URL Blogger

  • Masuk ke BLOGGER
  • Pilih menu TEMA
  • Pilih EDIT HTML
  • Tempel di atas </body>:
  • <!-- Delete Parameter by www.ferisp.com -->
    var mobParameter=window.location.toString();if (mobParameter.indexOf("?m=1")>0){var delParameter=mobParameter.substring(0,mobParameter.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({},document.title,delParameter)}
  • Pilih SIMPAN
  • Selesai.

Setelah memasang script di atas, silahkan membuka blog kamu di perangkat seluler. Jika kode ?m=1 tidak tampil, artinya tutorial ini berhasil.

Penutup

Apakah menghilangkan parameter URL berpengaruh pada SEO? Jawabannya bisa jadi. Saat menggunakan tools analisa web seperti Google Search Console, munkin kamu pernah melihat sumber berdasarkan perangkat seperti berikut:

Cara Menghilangkan Kode ?m=1 di Akhir URL Blogger

Tools tersebut menggunakan akhiran ?m=0 dan ?m=1 untuk memfilter pengguna berdasarkan perangkat. Dengan dihilangkannya parameter ?m=1, maka tools hanya akan membaca parameter ?m=0 dan mengkategorikan trafik sebagai perangkat desktop.

Cukup sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Kode ?m=1 di Akhir URL Blogger ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp