Cara Optimasi Eksternal Link Blog yang Efektif

Cara Optimasi Eksternal Link Blog yang Efektif

Ferisp.com - Sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang tautan antar halaman atau internal link, pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan pembahasan mengenai masalah eksternal atau outbound link.

Ya, eksternal link adalah salah satu dari sekian banyaknya teknik SEO on page yang bisa mempengaruhi peringkat artikel di mesin pencarian. Dengan tautan tersebut, pembaca akan lebih mudah dalam mendapatkan atau menggunakan informasi terkait yang sedang dibahas.

Namun dari dulu hingga sekarang, setidaknya ada beberapa anggapan tentang eksternal link yang sangat sering muncul di forum-forum atau sumber informasi lainnya. Sebut saja seperti:

  1. Merusak kredibilitas blog di mata mesin pencari
  2. Menurunkan peringkat artikel
  3. Berpotensi menyebarkan virus atau malware yang berbahaya
  4. Menurunkan DA PA
  5. Menaikkan nilai spam score
  6. Menurunkan ranking Alexa.

Jika melihat semua anggapan di atas, bagaimana tanggapan Anda kira-kira? Apa masih minat? Selain semua anggapan di atas, kebanyakan blogger juga masih sering bingung dengan jumlah maksimal tautan yang bisa digunakan di dalam tulisan. Nah, menurut tulisan yang pernah saya baca, Google hanya menyarankan 100 tautan ke luar di setiap postingan.

Pengertian dan Defenisi

Eksternal link merupakan jenis tautan yang akan mengalihkan pembaca ke halaman blog atau situs lain. Selain itu, tautan jenis ini biasa juga disebut dengan Link keluar. Pada saat menulis konten, terkadang materi yang sedang dibahas mengharuskan untuk memberikan tautan ke situs lain. Contohnya saja pada saat membuat artikel tentang daftar 50 template terbaik tahun 2020, di setiap daftar yang ada, penulis biasanya menautkan daftar dengan sumber asli untuk mempermudah pengunjung dalam melihat template tersebut.

5 Cara untuk Mengoptimasi Eksternal Link di Blog

Pastikan Halaman Tujuan Memiliki Kredibilitas Tinggi

Ini merupakan poin terpenting dari pembahasan kali ini, pastikan untuk memilih situs atau website yang mempunyai kredibilitas tinggi yang sudah menjadi sumber informasi yang dipercaya oleh banyak pembaca. Jika masih bingung dengan situs tersebut, sebut saja seperti W3Schools atau Ubersuggest

Gunakan Anchor Text

Bukan hanya internal link, tapi eksternal link juga sangat membutuhkan yang namanya anchor text. Anchor text tersebut berguna untuk memberikan informasi atau deskripsi kepada pembaca mengenai halaman tujuan. Gunakan anchor text yang relevan dengan pembahasan agar tulisan menjadi lebih SEO friendly.

Pastikan Halaman Tujuan Relevan dengan Topik Pembahasan

Sama dengan artikel saya sebelumnya, Anda perlu untuk menggunakan tautan yang memang relevan dengan topik pembahasan, setidaknya untuk memperjelas dan memperdalam informasi yang diberikan. Contohnya, jika Anda membahas masalah script HTML, CSS, atau JavaScript, Anda bisa menautkan tulisan dengan halaman tools parse script seperti ini.

Gunakan Atribut Rel

Bagi yang belum tahu saja, kata rel dalam atribut tersebut merupakan singkatan dari kata Relationship yang berarti Hubungan. Jadi, atribut rel berfungsi untuk menginformasikan kepada robot mesin pencari tentang hubungan antara dua halaman yang terkait. Umumnya, ada beberapa nilai atau value dari atribut rel tersebut. Apa saja itu?

  1. Nofollow
  2. Noopener
  3. Noreferrer.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel selanjutnya tentang atribut rel.

Format Penulisan

Sama halnya dengan penulisan tautan atau link pada umumnya, silahkan mengikuti format penulisan berikut ini:

<a href="#" title="#" rel="nofollow noopener noreferrer" target="_blank"><strong>Anchor text di sini</strong></a>

Catatan

  1. Gunakan atribut rel sesuai dengan kebutuhan Anda
  2. Penjelasan lengkap tentang format penulisan sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Penutup

Tak perlu diragukan lagi, eksternal link juga mempunyai peran yang sangat penting dalam mengoptimasi SEO blog. Jika diibaratkan sebagai manusia, memberikan eksternal link sama saja halnya dengan menyapa orang lain. Dengan sifat ramah tersebut, maka kita juga akan lebih dikenali dan disenangi oleh orang lain.