Cara Menambahkan Judul Artikel di Awal Tulisan Blog Secara Otomatis

Cara Menambahkan Judul Artikel di Awal Tulisan Blog Secara Otomatis

Ferisp.com - Pernahkah Anda melihat sebuah tulisan di internet yang di bagian awal tulisannya terdapat judul postingan? Jika iya, hal tersebut yang akan menjadi topik pembahasan pada artikel kali ini. Perlu diketahui, tutorial ini bisa dilakukan di berbagai macam template.

Salah satu cara yang paling umum dilakukan dalam meningkatkan kualitas SEO tulisan adalah dengan memasang judul postingan di awal tulisan paragraf pertama, entah itu secara manual maupun otomatis. Seperti yang kita tahu, keyword sangat penting untuk dimasukkan ke dalam awal tulisan agar lebih mudah dipahami oleh pembaca dan mesin pencari. Lalu, apa hubungan antara keyword dan judul postingan? Pasti ada hubungannya kawan, karena judul dibuat berdasarkan dengan keyword utama.

Agar blog terlihat lebih profesional dan disukai oleh Google, Anda bisa melakukan cara ini untuk memperkuat keyword agar diberikan peringkat yang lebih tinggi di halaman pencarian. Kira-kira, tampilannya akan seperti berikut ini:

Cara Menambahkan Judul Artikel di Awal Tulisan Blog Secara Otomatis

Jadi, judul postingan akan otomatis tampil di awal paragraf pertama tanpa harus repot-repot lagi menulis secara manual. Lalu, apa itu tidak dianggap sebagai spam keyword?

Kalau menurut saya sih tergantung ya kawan, kalau memang keyword yang ada di paragraf pertama sudah banyak (di atas 5), bisa-bisa saja dianggap spam. Jadi, itu semua tergantung pada Anda sendiri, apakah ingin menggunakan atau tidak.

Langsung saja bagi Anda yang tetap ingin menerapkan penulisan judul di awal tulisan tersebut, ikuti tutorial berikut ini:

Cara Menambahkan Judul Artikel di Awal Tulisan Blog Secara Otomatis

  • Masuk ke BLOGGER
  • Pilih menu TEMA
  • Pilih ikon tanda panah
  • Pilih EDIT HTML
  • Salin dan paste kode berikut ini di bagian kiri (ingat, bukan di atas) kode <data:post.body/>:
<b><data:blog.pageName/></b> -

Lebih lengkapnya akan seperti berikut ini:

<b><data:blog.pageName/></b> - <data:post.body/>
  • Pilih SIMPAN
  • Selesai.

Catatan

  1. Jika ingin mengatur kalimat secara kustom, ubah kode <b><data:blog.pageName/></b> - tersebut dengan kata yang ingin digunakan. Contohnya <b>Ferisp.com</b> -
  2. Kode <b>...</b> merupakan perintah untuk mempertebal huruf
  3. Kode - merupakan penanda atau pembatas antara kalimat dengan awal paragraf, Anda bisa mengubah kode tersebut dengan |, #, @, *, /.

Penutup

Seperti yang telah saya katakan tadi, jangan terlalu banyak menuliskan keyword di paragraf pertama apabila menggunakan cara ini (maksimal 5 keyword). Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi untuk menghindari adanya anggapan spam oleh Google.

Jangan sampai tujuannya meningkatkan SEO tapi ujung-ujungnya malah sebaliknya. Dengan kata lain, pikirkan terlebih dahulu sebab akibat yang akan didapatkan kedepannya.

Jika ada saran konten pembahasan untuk artikel selanjutnya, mohon memberitahukan melalui kolom komentar yang ada di bagian bawah.