Cara Meningkatkan Peringkat Alexa Rank yang Efektif

Cara Meningkatkan Peringkat Alexa Rank yang Efektif

Ferisp.com - Bagaimana sih cara meningkatkan atau menaikkan peringkat Alexa Rank blog, situs, dan website yang efektif? Mungkin pertanyaan tersebut sering terpikirkan oleh Anda yang sedang berusaha meningkatkan ranking blog di website analisis SEO tersebut.

Tak perlu diragukan lagi, Alexa menjadi salah satu website yang banyak digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu blog dalam ketatnya tingkat persaingan saat ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui peringkat blog di website tersebut, silahkan buka link berikut ini, Alexa.

Sangat banyak yang menyatakan bahwa, pihak Alexa memberikan peringkat terhadap blog dan situs dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dengan begitu, peringkat yang dihasilkan sering menjadi tolok ukur dalam penilaian suatu blog dan situs.

Sekedar informasi, Alexa merupakan bagian dari perusahaan besar Amazon. Otak dibalik berkembangnya website pemeringkatan tersebut adalah seorang insinyur asal India yang bernama Rohit Prasad.

Pada saat menulis artikel ini, saya sebenarnya juga sedang dalam proses pengembangan peringkat blog ini. Namun karena hasil yang ada cukup memuaskan, saya akhirnya memberanikan diri untuk membagikan pengalaman tersebut. Agar lebih meyakinkan, berikut adalah bukti nyata perkembangan blog ini dalam waktu kurang dari dua bulan:

Cara Meningkatkan Peringkat Alexa Rank yang Efektif
26 September 2020 (Sumber: Alexa)

Cara Meningkatkan Peringkat Alexa Rank yang Efektif
26 Oktober 2020 (Sumber: Alexa)

Jika kita melihat dua gambar di atas, terlihat jelas bahwa, blog ini mengalami kenaikan peringkat sebanyak 4,96 juta dalam waktu kurang dari dua bulan. Bagaimana kawan? Masih berminat? Lanjut...!

Cara Meningkatkan Peringkat Alexa Rank yang Efektif

Konsisten

Konsisten yang saya maksud adalah seperti rajin membagikan artikel dan update artikel lama. Poin ini sebenarnya lebih kepada konsisten dalam hal penulisan.

Pihak Alexa sangat menyukai blog yang rajin membagikan informasi yang terbarukan. Dengan begitu, mereka beranggapan bahwa, blog yang berkaitan adalah sumber informasi yang update dan bisa dijadikan sebagai referensi bacaan.

Optimasi Link atau Tautan

Link atau tautan memang menjadi salah satu pokok yang sangat berpengaruh terhadap pemeringkatan suatu blog. Bukan cuma Alexa, tapi mesin pencari seperti Google juga menjadikan link tersebut sebagai patokan dalam memberikan peringkat terhadap suatu artikel.

Tidak heran apabila para ahli SEO sangat menekankan adanya optimasi link dalam sebuah blog, entah itu optimasi internal link, maupun optimasi eksternal link.

Promosi Artikel ke Media Sosial

Pada saat ini, saya sedang gencar-gencarnya membagikan artikel tulisan ke media sosial. Bukan hanya Alexa, tapi semua situs pengecekan SEO blog menjadikan media sosial sebagai salah satu aspek penilaian.

Dari hal tersebutlah, saya mulai melakukan share link artikel ke beberapa media sosial yang ada. Sebut saja seperti:

  1. Pinterest
  2. Linked In
  3. Quora
  4. Twitter.

Dengan membagikan artikel ke media sosial, maka artikel tersebut juga akan mendapatkan link canonical dan traffic dari media sosial yang terkait.

Dapatkan Backlink

Bagi yang belum tahu saja, backlink merupakan link atau tautan yang bersifat antar domain. Misalnya seperti link dari Mastimon.com yang mengarah langsung ke Ferisp.com.

Banyak yang menyatakan bahwa, backlink menjadi cara yang paling instan untuk menaikkan ranking Alexa tersebut. Apalagi jika blog atau situs yang menaut memiliki skor DA PA yang tinggi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink tersebut, seperti:

  1. Melakukan guest post
  2. Membagikan artikel ke media sosial
  3. Berkomentar di blog atau situs orang lain
  4. Menyisipkan link ke bio profil
  5. Beli.

Maksimalkan Kecepatan Loading Halaman

Kecepatan loading halaman kini sudah menjadi teknik SEO on page yang sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya mesin pencarian, Alexa juga menekankan agar setiap blog dan situs memiliki kecepatan loading halaman yang cepat untuk memberikan pengalaman membaca yang terbaik kepada semua pengunjung.

Agar loading halaman tersebut tetap cepat, Anda bisa menggunakan template AMP (Accelerated Mobile Pages) atau Lazy Load bagi penayang iklan Google AdSense.

Alternatif Lainnya

  1. Buat konten tentang Alexa (jangan lupa untuk memberikan eksternal link walaupun dengan status nofollow)
  2. Pasang widget atau plugin Alexa di blog
  3. Tingkatkan pengunjung halaman
  4. Jangan membagikan konten yang berbau negatif
  5. Bergabung dengan grup dan forum yang sesuai dengan niche blog.

Penutup

Agar lebih mendukung dalam proses peningkatan ranking blog, ada baiknya untuk menggunakan ekstensi Alexa di toolbar browser yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap peringkat blog Anda dan kompetitor cukup hanya dengan sekali klik.

Jadi, dengan semua poin yang telah saya jelaskan di atas, ternyata meningkatkan peringkat blog di website analisis SEO tersebut tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tapi, jika berusaha semaksimal mungkin, Anda juga akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila Anda berhasil meningkatkan peringkat tersebut.

Apabila semua telah dilakukan namun tidak memberikan efek yang semestinya, saran saya, jangan terpaku dengan peringkat tersebut, tetap berikan konten yang berkualitas agar tampil di halaman pertama. Nantinya, peringkat Alexa juga akan meningkat dengan sendirinya.