Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo - Berbicara tentang jenis mesin pencari di smartphone Android, kita semua pasti memiliki browser favorit yang biasa digunakan untuk menjelajah internet.

Penggunaan aplikasi pencarian tersebut tentu tak lepas dari segi kemudahan dan kelengkapan fitur yang diberikan. Ada yang suka Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, UC, atau bahkan Opera.

Lima aplikasi tersebut adalah yang paling populer di dunia dengan beragam fitur unggulannya masing-masing. Namun kembali lagi ke pengguna, seberapa besar tingkat kenyamanan yang diinginkan.

Rekomendasi: Cara Mengaktifkan Smart Sidebar di HP Oppo

Dengan semakin majunya sistem teknologi saat ini, hal sekecil apapun sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan, termasuk mengubah atau mengganti default browser dengan pilihan sendiri.

Nah pada saat membuka sebuah tautan yang mengarah ke internet, perangkat yang belum pernah diotak-atik biasanya akan langsung mengarah ke mesin pencari bawaan. Biasanya sih peramban dari jenis perangkat itu juga.

Secara default, HP Oppo akan tersedia dua jenis browser yang bisa digunakan oleh pengguna. Dua jenis tersebut adalah Peramban dan Google Chrome. Pada pengaturan bawaan, Peramban tersebutlah yang akan dijadikan sebagai default atau bawaan.

Untuk mengganti ke Google Chrome, setidaknya dibutuhkan setting secara manual. Nah, itulah yang akan saya bahas selanjutnya.

Mungkin ada yang bertanya, tipe apa saja yang cocok dengan tutorial kali ini? Sangat banyak kok. Contohnya Oppo A3s, Oppo A5s, Oppo A7, Oppo A57, dan masih banyak yang lainnya.

Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

Untuk pengubahan sebenarnya sangat mudah dilakukan. Tanpa basa-basi lagi, ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke menu PENGATURAN
  • Pilih MANAJEMEN APLIKASI

  • Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

  • Pilih APLIKASI BAWAAN atau APLI BAWAAN

  • Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

  • Pilih BROWSER atau DEFAULT SISTEM

  • Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

  • Pilih jenis browser yang akan digunakan

  • Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

  • Pilih GANTI browser

  • Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

  • Selesai.

Pada contoh gambar di atas, saya mengganti browser ke Google Chrome. Pilih dan sesuaikan dengan jenis aplikasi yang ingin Anda gunakan.

Rekomendasi: Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo

Penutup

Setelah mengikuti langkah di atas, silahkan lakukan pengecekan ulang, apakah masih menggunakan peramban jenis bawaan atau sudah terganti ke peramban yang telah disetting. Tapi jika berkaca pada pengalaman, biasanya sih akan langsung terganti sesuai dengan pilihan.

Oh iya, sebelum melakukan tutorial kali ini, pastikan aplikasi yang ingin Anda gunakan telah terinstal. Jika belum, silahkan download terlebih dahulu di Google Play Store atau situs penyedia aplikasi lainnya.

Rekomendasi: Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Opsi Pengembang di Oppo A3s

Mungkin sekian artikel tentang Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo ini, mudah-mudah bermanfaat dan bisa menjadi ilmu yang berkah. Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

1 komentar

  1. Terimakasih artikelnya. Sangat bermanfaat.

    Setelah mencari2 cara mengubah akhirnya saya temukan artikel ini. Saya ikuti panduannya dan berhasil.

    Buka browser lewat chrome lebih nyaman daripada peramban.
Chat via WhatsApp