CloudFlare: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

CloudFlare: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Ferisp.com - Dalam dunia analisa internet, keamanan serta kecepatan website menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Nah, untuk mendapatkan dua fungsi tersebut, CloudFlare menjadi solusi yang paling bisa diandalkan.

Bagi Anda yang masih asing dengan nama tersebut mungkin akan bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan CloudFlare?

Jangan bingung dulu, Anda membaca artikel yang tepat. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai pengertian dan definisi, fungsi, serta cara kerja CloudFlare.

Pengertian dan Definisi

CloudFlare merupakan salah satu jenis CDN (Content Delivery Network) jaringan proxy yang bekerja sebagai metode pengiriman konten yang menghubungkan antara pembaca dan situs itu sendiri. Selain meningkatkan keamanan blog atau situs, jenis CDN tersebut juga dapat mempercepat loading sebuah halaman.

Tanpa sistem keamanan yang kuat, blog atau situs bisa saja terkena serangan berbahaya dari para pembaca. Pada dasarnya, ada tiga jenis pengunjung yang dapat memuat sebuah konten tulisan, yaitu:

Real Visitor atau Pengunjung Murni

Real visitor merupakan manusia asli yang memuat konten dari berbagai referensi.

Robot Crawler atau Robot Perayap

Robot crawler merupakan program yang didesain khusus untuk melakukan pemaindaian di suatu halaman. Nantinya, robot tersebut akan memutuskan apakah konten dapat diindeks atau tidak.

Attacker atau Penyerang

Attacker merupakan pengunjung yang memiliki niatan untuk melakukan serangan.

Fungsi CloudFlare

Pada zaman yang serba instan ini, dunia digital sepertinya sudah menjadi bagian yang sangat penting bagi sebagian orang. Bukan tanpa alasan tentunya, dengan koneksi internet, apapun bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat.

Tingginya lalu lintas internet yang ada harus dibarengi dengan sistem keamanan yang lebih ketat. Semua orang bisa datang berkunjung ke halaman blog Anda dengan tujuan yang berbeda-beda.

Dengan CloudFlare, semua data akan disaring terlebih dahulu sebelum dimuat langsung oleh pembaca. Dengan begitu, sistem keamanan suatu blog atau situs bisa menjadi semakin aman.

Adapun fungsi dari CloudFlare tersebut adalah seperti berikut ini:

  1. Mengawasi ancaman dari berbagai serangan
  2. Memberikan koneksi yang lebih cepat ke semua pembaca
  3. Menyaring berbagai macam komentar yang dianggap spam
  4. Memberikan notifikasi kepada pembaca apabila perangkat yang digunakan terdapat virus / malware
  5. Bisa diakses pada mode offline dengan bertindak sebagai cache
  6. Mengurangi beban server
  7. Memberikan laporan berdasarkan jenis visitor.

Khusus untuk masalah kecepatan blog atau situs, Anda juga bisa menerapkan AMP (Accelerated Mobile Pages) di setiap halaman. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan baca artikel berikut ini:

Cara Kerja CloudFlare

Seperti yang telah saya jelaskan tadi, CloudFlare berguna untuk memberikan pengamanan ekstra serta pemuatan halaman yang lebih cepat.

Jaringan CDN tersebut bekerja dengan menjadi pintu gerbang bagi setiap akses ke suatu situs. Nantinya, semua akses akan mengacu pada CloudFlare Data Centers terdekat yang banyak tersebar di beberapa tempat.

Penting
CloudFlare hanya dapat digunakan pada blog atau situs yang menerapkan custom domain. Jika menggunakan domain bawaan (.blogspot) atau (.wordpress), tidak tersedia pilihan untuk mengubah name server.

Penutup

Dari semua yang telah saya jelaskan di atas, Anda pasti sudah lebih mengetahui tentang CloudFlare.

Untuk menggunakan jaringan CDN tersebut, silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu di situs resmi CloudFlare (https://www.cloudflare.com). Setelah itu, tentukan jenis akun yang akan Anda gunakan, apakah ingin yang gratis atau yang berbayar.