Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman

Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman

Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman - Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat sulit dijauhkan dari aktifitas sehari-hari. Coba bayangkan Anda hidup tanpa internet selama 3 hari?

Sebagian besar orang pasti akan merasa bete sekaligus bosan karena kebiasaan yang setiap hari dilakukan menjadi hilang.

Terus, anonim itu apa?

Anonim atau Anonymous adalah sebutan bagi mereka yang ingin melakukan sebuah akses tanpa menggunakan data pribadi dan hal-hal lain yang menyangkut privasi.

Seperti yang kita tahu bersama, internet biasanya digunakan untuk melakukan pencarian informasi, transaksi online, dan sekedar mencari hiburan.

Dengan segala manfaat internet tersebut, kita akan lupa tentang bahaya yang bisa diakibatkan. Mulai dari pencurian data, pembajakan, serta penularan malware, semua itu dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa kita sadari.

Intinya, saat Anda mulai mengaktifkan jaringan internet, saat itu pula resiko masalah di atas bisa terjadi. Bahkan parahnya lagi, alamat pengguna bisa dengan mudah diketahui.

Bagi mereka yang sadar akan bahaya lalu lintas di internet, mereka akan berusaha mencari tahu bagaimana cara agar kegiatan browsing bisa tetap lancar dan privasi tetap terjaga.

Sebenarnya mudah saja, untuk itu, silahkan dibaca sampai habis.

Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman

VPN

Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman

Saya rasa, Anda sudah sering mendengar istilah tersebut. VPN atau yang biasa disebut dengan Virtual Private Network adalah fitur yang berguna untuk memanipulasi alamat IP perangkat dalam melakukan browsing.

Dengan VPN tersebut, semua data yang digunakan akan dienkripsi secara otomatis. Dengan begitu, lalu lintas yang Anda lakukan dapat dikatakan sangat aman.

Browser

Untuk browser, kita pasti sepakat bahwa Chrome dan Firefox menjadi browser terbesar yang ada saat ini. Namun tahukah Anda, ternyata ada browser yang dapat digunakan khusus untuk menyembunyikan data penjelajahan.

Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman

Ya, browser tersebut adalah Tor Browser. Mesin pencari ini adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Tor Project untuk membantu mereka yang takut datanya akan bocor.

Tor sendiri bekerja dengan melakukan blok terhadap semua plugin yang mengizinkan pelacakan lokasi. Selain itu, browser ini juga akan menyembunyikan alamat IP perangkat yang digunakan.

Search Engine

Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman

Saat ini, sudah sangat banyak search engine yang bisa digunakan untuk browsing di internet. Jika Chrome punya Google, maka Tor punya DuckDuckGo.

Menurut informasi yang pernah saya baca, DuckDuckGo bekerja dengan mematikan fungsi tracing atau pelacakan sehingga data pengguna bisa dikatakan lebih aman.

Selain itu, search engine ini juga sudah otomatis mematikan fungsi cookies dan mengenkripsi semua blog, situs, dan website yang dikunjungi.

Dari laporan terakhir, penggunaan DuckDuckGo sebagai mesin pecari utama semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jadi, sudah siap internetan dengan aman?

Incognito Mode

Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman

Incognito mode adalah salah satu fitur browser yang banyak digunakan saat ini. Umumnya, incognito mode biasa juga disebut dengan mode penyamaran.

Mode penyamaran tersebut bekerja dengan menjaga informasi pengguna serta mematikan fungsi cookies agar tidak tersimpan sebagai riwayat penjelajahan.

Bagi Anda yang merupakan pengguna Chrome, Anda bisa menggunakan fitur ini dengan cara klik ikon titik tiga > JENDELA PENYAMARAN BARU.

Lalu, bagaimana jika saya tetap ingin menggunakan browser yang sering digunakan?

Jika seperti demikian, silahkan lakukan tips berikut:

  1. Gunakan VPN atau Incognito
  2. Jangan izinkan browser untuk menyimpan riwayat penjelajahan
  3. Jangan menggunakan jaringan wifi umum
  4. Blokir blog, situs, dan website yang memiliki halaman yang mencurigakan.

Penutup

Seperti yang saya katakan sebelumnya, dibalik semua manfaat yang bisa didapatkan dari internet, resiko bahaya juga dapat terjadi pada siapapun.

Jika sayang data pribadi Anda, jangan lupa untuk melakukan pencarian yang memberikan fitur keamanan data yang kuat. Bukan berarti Chrome dan Firefox tidak aman, tapi ada baiknya untuk antisipasi mulai dari sekarang.

Cukup sekian artikel tentang Cara Browsing Internet Secara Anonim Paling Aman ini, Terima kasih.

Posting Komentar