Cara Mengecilkan Ukuran File Word

Cara Mengecilkan Ukuran File Word

Cara Mengecilkan Ukuran Dokumen Word - Pada saat membuat tulisan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, terkadang kita terkendala dengan ukuran file yang sangat besar.

Hal tersebut biasanya terjadi apabila kita membuat dokumen tulisan dengan berbagai macam media tambahan seperti video dan gambar.

Nah dalam sistem pengiriman suatu berkas, terkadang penerima mewajibkan kita untuk mengirimkan file yang memiliki ukuran kecil. Lantas bagaimana caranya mengecilkan file tersebut dengan tetap menggunakan gambar untuk kelengkapan data?

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat file yang lengkap namun tetap memiliki ukuran file yang kecil. Apa saja itu? Check this out!

Cara Mengecilkan Ukuran File Word

Lakukan Penulisan Langsung

Pada saat membuat tulisan, usahakan untuk menulis teks secara langsung di aplikasi Microsoft Word. Mengapa saya mengatakan demikian, karena tulisan yang ada di Word tersebut mempunyai data format tersendiri.

Mungkin Anda pernah mengalami kebingungan pada saat menyalin tulisan dari sumber lain dengan berubahnya tampilan serta jenis font yang digunakan? Untuk lebih jelasnya seperti berikut:

Cara Mengecilkan Ukuran File Word

Pada contoh kasus di atas, tampilan dari teks salinan berbeda jauh dengan hasil pengetikan sendiri. Seperti yang saya katakan tadi, Microsoft Word memiliki data formatnya sendiri.

Apabila penyalinan sudah menjadi keharusan, silahkan menggunakan aplikasi Notepad yang ada di perangkat Windows Anda.

Notepad sendiri berguna untuk menetralkan atau menghapus semua data format dari suatu perangkat tertentu.

Adapun alur penyalinan menggunakan Notepad tersebut adalah sebagai berikut:

Teks asli > Salin ke Notepad > Salin ke Microsoft Word.

Penggunaan Gambar

Terkadang kita membutuhkan banyak gambar untuk melengkapi dokumen yang akan dikirimkan, contohnya seperti pembuatan CV.

Untuk membuat CV tersebut, kita biasanya diharuskan melampirkan foto, sertifikat, dan media-media lainnya yang berhubungan dengan kualifikasi pengalaman studi dan kerja.

Dengan banyaknya gambar yang dilampirkan tersebut, ukuran file otomatis juga akan bertambah. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan melakukan kompres terhadap gambar yang akan dilampirkan.

Kompres sendiri bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi edit foto bawaan perangkat atau dengan menggunakan situs jasa edit foto yang banyak tersedia di internet.

Sebagai kemudahan bagi Anda semua, berikut adalah link yang sering saya gunakan untuk kompres gambar berdasarkan dengan jenis ekstensi file:

Kompres Gambar JPEG / JPG tinyurl.com/yynoswrt
Kompres Gambar PNG tinyurl.com/y4f9zyc9

Gunakan dua situs di atas berdasarkan dengan ekstensi file gambar yang Anda ingin gunakan.

Nonaktifkan Thumbnail Picture

Thumbnail picture adalah media yang akan dijadikan sebagai gambar utama dalam suatu dokumen. Karena menjadi gambar utama, pengguna biasanya menggunakan gambar yang berkualitas tinggi.

Untuk mencegah file menjadi lebih besar, sebaiknya hindari penggunaan thumbnail picture tersebut.

Adapun cara menonaktifkannya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dokumen Word Anda
  • Pilih SIMPAN
  • Cara Mengecilkan Ukuran File Word
  • Hapus tanda centang yang ada pada bagian SAVE THUMBNAIL
  • Cara Mengecilkan Ukuran Dokumen Word
  • Pilih SAVE
  • Selesai.

Kompres Dokumen

Mirip-mirip dengan poin ke dua, kompres memang menjadi solusi instan yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran file. Jika sebelumnya kita melakukan kompres gambar, maka Anda juga bisa mengkompres dokumen hasil akhir dengan menggunakan situs gratis yang banyak tersedia di internet.

Adapun situs yang sering saya gunakan untuk memperkecil ukuran file Word tersebut adalah www.compresss.com. Untuk situsnya sendiri, silahkan membuka link berikut:

Kompres File Microsoft Word tinyurl.com/y59kwuzz

Penutup

Nah dengan semua tips dan trik yang telah saya sebutkan di atas, file yang sekiranya sangat besar bisa dikecilkan dengan berbagai macam metode penulisan dan pengkompresian.

Cukup sekian artikel tentang Cara Mengecilkan Ukuran File Word ini, Terima kasih.

Posting Komentar