Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo

Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo, Salah satu cara yang paling sering dilakukan saat aplikasi error adalah menghapus data dan cache.
Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo

Cara Hapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo - Perkembangan teknologi dunia semakin canggih saja dari waktu ke waktu. Setiap tahun, tersedia fitur terbaru sebagai upgrade dari alat teknologi sebelumnya. Hal tersebut bisa kita lihat dari perkembangan telepon genggam dari HP ke smartphone.

Jika HP dulu hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan teks dan melakukan panggilan langsung, maka itu semua berubah semenjak kehadiran smartphone atau yang biasa kita sebut dengan ponsel pintar.

Berbicara tentang smartphone, Oppo saat ini menjadi salah satu brand terbesar di dunia yang sukses memasarkan produknya dengan harga yang relatif terjangkau di semua kalangan.

Sebagai pengguna Oppo, Anda pasti pernah mengalami yang namanya aplikasi error, entah itu karena crash atau semacam bug. Dari yang tadinya lancar-lancar saja, sekarang jadi error.

Dari situlah muncul keinginan pengguna untuk melakukan penghapusan data dan cache agar aplikasi yang berkaitan dapat berjalan normal kembali dan bisa digunakan dengan lancar.

Mengapa harus data dan cache?

Ya, karena dengan menghapus dua file tersebut, aplikasi akan berjalan mulai dari awal kembali. Ibaratnya, sama saat Anda melakukan reset pada smartphone, seluruh program akan kembali seperti awal.

Melakukan penghapusan sebenarnya bisa dikatakan sangat mudah karena semua hal yang berkaitan dengan tampilan dan fungsi telah disediakan di menu pengaturan. Namun walaupun demikian, masih banyak yang belum tahu dan takut jika nantinya mereka salah dalam melakukan kustomisasi.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah tutorial lengkapnya:

Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo

  • Buka menu PENGATURAN
  • Pilih MANAJEMEN APLIKASI
  • Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo
  • Pilih aplikasi yang datanya ingin dihapus
  • Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo
  • Pilih PENGGUNAAN MEMORI
  • Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo
  • Pilih HAPUS DATA dan HAPUS CACHE
  • Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo
  • Pilih HAPUS
  • Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo
  • Selesai.

Setelah melakukan penghapusan data dan cache, sistem aplikasi akan berjalan seperti sesaat setelah diinstall. Aplikasi yang berstatus akun online akan meminta kepada pengguna untuk login ulang dikarenakan data yang ada sebelumnya telah dihapus. Jadi, pastikan data dalam kondisi aman sebelum melakukan penghapusan.

Penutup

Itulah kira-kira cara yang paling aman untuk menghapus data dan cache aplikasi di HP Oppo.

Ada beberapa penyebab mengapa masalah di atas bisa terjadi, contohnya saja seperti kapasitas RAM yang hampir penuh. Jadi bagi Anda yang menggunakan Oppo dengan RAM kecil, sering-seringlah melakukan pengecekan kapasitas RAM agar kinerja ponsel tetap optimal.

Cukup sekian artikel tentang Cara Menghapus Data dan Cache Aplikasi di HP Oppo ini, Terima kasih.