Efektifkah Sistem Absensi Online bagi Perusahaan?

Efektifkah Sistem Absensi Online bagi Perusahaan?, Sistem absensi online adalah pendataan kehadiran karyawan atau pegawai dengan menggunakan internet.
Efektifkah Sistem Absensi Online bagi Perusahaan?

Efektifkah Sistem Absen Online bagi Perusahaan? - Sudah bukan rahasia lagi, setiap perusahaan mewajibkan semua karyawannya untuk memiliki etos kerja yang tinggi. Nah salah satu penilaian sifat etos kerja tersebut yaitu tingkat kehadiran di kantor atau tempat kerja.

Hal tersebutlah yang mendasari mengapa setiap perusahaan memberlakukan sistem absensi kehadiran sebagai bukti bahwa yang berkaitan memang hadir untuk bekerja.

Bayangkan jika perusahaan tidak memberlakukan sistem absensi, tentu produktifitas karyawan akan sulit untuk terlihat dan dianalisis.

Jika menilik ke tahun-tahun terakhir, sudah banyak cara yang dilakukan untuk menerapkan sistem absensi tersebut, contohnya saja seperti tanda tangan langsung.

Setelah itu, perkembangan teknologi juga ikut membawa perubahan di dunia bisnis dalam memperbarui semua sistemnya. Terbukti dengan munculnya sistem absensi sidik jari atau yang biasa disebut dengan fingerprint.

Namun dua sistem tersebut ternyata mempunyai kekurangan dengan mewajibkan setiap pelaku usaha untuk datang langsung agar bisa dihitung hadir.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang tugas di luar kantor atau kota?

Rumitnya pelaksanaan sistem lama tersebut akhirnya mulai terbantu dengan diciptakannya aplikasi khusus absensi secara online. Aplikasi tersebut dianggap jauh lebih efektif bagi perusahaan dan karyawan dalam melakukan aktifitas kerja. Namun benarkah demikian? Silahkan disimak.

Kelebihan Sistem Absensi Online

Pendataan Lebih Mudah

Dengan sistem online, data setiap karyawan akan terekapitulasi dengan mudah karena terupdate secara otomatis. Semua hal yang berkaitan dengan karyawan seperti waktu tiba dan waktu keterlambatan akan terdata secara langsung.

Kemudahan tersebut tentu membuat tugas dari HRD menjadi lebih mudah karena tidak perlu lagi melakukan pendataan secara manual.

Mengurangi Potensi Kecurangan

Setiap orang yang menjadi karyawan akan diberikan satu akun untuk mengakses absensi mereka sendiri. Dengan hal tersebut, tentu potensi akan terjadinya kecurangan menjadi lebih kecil.

Bayangkan jika hanya menggunakan tanda tangan, semua karyawan bisa dengan mudah merekayasa tanda tangan untuk saling membantu satu sama lain.

Pengawasan Lebih Mudah

Seperti yang saya katakan tadi, sistem online bekerja secara realtime sehingga data akan langsung terupdate. Dengan begitu, data akan selalu siap apabila memang dibutuhkan.

Bukan hanya itu, pemimpin bisa dengan mudah mengawasi setiap data yang dimiliki oleh karyawannya. Ya, pimpinan perusahaan memang diberikan keleluasaan untuk membuka seluruh data karyawan.

Menghemat Biaya

Dua sistem lama yang saya sebutkan tadi tentu mewajibkan perusahaan mengalokasikan dana khusus untuk pengadaan alat absensi. Hal tersebut bisa bertambah dengan biaya fingerprint yang mahal.

Berbeda dengan sistem online, perusahaan hanya butuh perangkat dan jaringan internet yang kebanyakan karyawan telah memilikinya.

Kekurangan Sistem Absensi Online

Selain berbagai macam kelebihan yang telah saya jelaskan di atas, tentu ada juga kekurangan yang harus Anda ketahui. Kekurangan tersebut yaitu kebanyakan orang memang sudah menggunakan perangkat smartphone, namun kebanyakan bukan berarti semua.

Nah yang tidak memiliki smartphone tersebutlah yang akan menjadi masalah, sedangkan aplikasi absensi online hanya kompatibel di ponsel pintar Android dan iOS.

Cara Kerja Sistem Absensi Online

Sistem absensi online bekerja dengan menggunakan aplikasi sebagai database dan server utama. Nah aplikasi tersebut bekerja dengan memanfaatkan fitur kamera serta GPS (pelacakan lokasi) untuk memproses data yang akan diinput.

Setiap karyawan yang ingin melakukan absensi harus mengambil gambar mereka dengan latar belakang tempat kerja. Untuk memperkuat data kehadiran tersebut, GPS akan melakukan pelacakan lokasi untuk disertakan ke dalam pendataan.

Selfie

Jika memang latar belakang dan lokasi berada di tempat kerja, maka karyawan tersebut bisa dihitung hadir.

Penutup

Itulah kira-kira yang menjadi faktor pertimbangan sebelum beralih menggunakan sistem absensi online. Walaupun masih ada kekurangan, tapi aplikasi tersebut bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan fingerprint yang kebanyakan digunakan saat ini.

Cukup sekian artikel tentang Efektifkah Sistem Absensi Online bagi Perusahaan? ini, Terima kasih.