Pentingnya Menggunakan ToC (Table of Content) di Blog

Pentingnya Menggunakan ToC (Table of Content) di Blog, ToC adalah daftar isi yang berguna untuk merangkum poin-poin penting yang ada di dalam tulisan.
Pentingnya Menggunakan ToC (Table of Content) di Blog

Pentingnya Menggunakan ToC di Blog - Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kualitas SEO suatu blog, situs, dan website. Salah satu dari faktor tersebut adalah kualitas artikel yang dibagikan ke mesin penelusuran.

Semakin baik kualitas artikel, maka kesempatan untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil penelusuran juga semakin besar. Tapi, ciri-ciri artikel yang baik itu bagaimana sih?

Nah untuk hal tersebut, salah satu ciri-cirinya adalah dengan penggunaan ToC di halaman tulisan. Yuk dibaca sampai habis.

Apa itu ToC?

ToC atau yang biasa disebut dengan Table of Content adalah daftar isi yang berguna untuk merangkum poin-poin penting yang ada di dalam tulisan. Poin penting tersebut biasanya dapat berupa judul / heading.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh tampilan ToC yang diterapkan di template Median UI:

Table of Content

Ketika pengunjung menekan salah satu nilai yang ada di dalam ToC, maka pembaca akan langsung melompat berdasarkan area tujuan yang dipilih tersebut.

Fungsi ToC

Tak dipungkiri lagi, karakter setiap pengunjung pada saat membaca berbeda-beda. Ada yang suka membaca dari awal sampai habis, namun ada pula yang hanya mencari inti dari topik pembahasan.

Nah dengan ToC, pengguna yang hanya mencari inti pembahasan akan lebih terbantu tanpa harus menggeser dan membaca bagian-bagian yang menurut mereka kurang penting.

Misalnya begini, ada tulisan yang membahas topik tentang "daftar CPC AdSense tertinggi di dunia". Di artikel tersebut, kebiasaan orang Indonesia pasti akan langsung mencari negara Indonesia untuk mengetahui pembahasan yang ada di dalamnya.

Cari di daftar isi saja, lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Pengaruh ToC Terhadap SEO

Seberapa berpengaruh ToC terhadap SEO? Asal Anda tahu saja, mesin pencari cenderung memberikan fitur sitelink ke blog-blog yang menggunakan ToC.

Dari sitelink tersebut, nama brand akan menjadi semakin profesinal yang bisa memberikan nilai lebih kepada setiap pengunjung untuk membuka artikel yang terkait. Dengan begitu, trafik akan menjadi semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Oh iya, ToC juga bisa meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna pada saat membaca. Nah bagi Google, semakin baik nilai user experience, berarti artikel yang kita buat disukai oleh pembaca.

Cara Memasang ToC di Blog

Untuk masalah penggunaan sebenarnya berbeda-berbeda. Kok bisa? Ya, karena setiap template memiliki struktur kode HTML yang berbeda-beda.

Namun untuk menggunakan ToC dasar, silahkan mengikuti langkah berikut:

  • Berikan id dengan nilai pada heading yang menjadi tujuan
  • <h2 id="toc1">Judul 1</h2>
    <h2 id="toc2">Judul 2</h2>
    <h2 id="toc3">Judul 3</h2>
      
    atau
    
    <h2><span id="toc1">Judul 1</span></h2>
    <h2><span id="toc2">Judul 2</span></h2>
    <h2><span id="toc3">Judul 3</span></h2>

    Pastikan nilai dari setiap id berbeda satu sama lain apabila menggunakan banyak ToC.

  • Buat link dengan nilai # disambung dengan nama id yang dibuat sebelumnya.
  • <a href="#toc1">Judul 1</a>
    <a href="#toc2">Judul 2</a>
    <a href="#toc3">Judul 3</a>

Demo

Judul

Penutup

Disamping memberikan user experience yang terbaik kepada setiap pembaca, ToC juga sangat berguna untuk menjadikan blog menjadi lebih baik di mata mesin pencari.

Bisa dibilang, penggunaan daftar isi di halaman tulisan menjadi salah satu teknik On-Page SEO.

Cukup sekian artikel tentang Pentingnya Menggunakan ToC (Table of Content) di Blog ini, Terima kasih.