Ukuran Iklan Google AdSense Terbaik untuk Blog

Ukuran Iklan Google AdSense Terbaik untuk Blog

Ukuran Iklan AdSense Terbaik di Tahun 2021 - Google AdSense saat ini menjadi platform periklanan yang paling banyak digunakan di Indonesia bahkan mancanegara. Platform ini memang dikenal bisa menampilkan iklan di berbagai media sekaligus seperti Blogger, WordPress, YouTube, dan aplikasi-aplikasi berbasis online.

Selain itu, produk Google tersebut banyak digunakan karena nilai CPC yang diberikan cukup tinggi dibandingkan dengan platform periklanan lainnya.

Namun CPC yang tinggi tersebut hanya akan didapatkan apabila digunakan dengan benar dan tepat. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi penghasilan adalah tampilan iklan.

Berkaca pada kolom komentar di forum atau grup seputar Google AdSense, ternyata banyak yang bertanya tentang ukuran iklan display yang cocok digunakan di halaman tulisan.

Google selaku induk perusahaan sebenarnya telah memberikan pilihan yang sangat menarik yaitu Responsive Ads. Responsif tersebut berarti tampilan iklan akan selalu menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan oleh pembaca.

Namun pilihan ya pilihan, Anda tetap bisa melakukan kustomisasi ukuran iklan yang akan ditampilkan.

Sebelum melakukan pengaturan tersebut, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai salah dalam memilih ukuran yang mengakibatkan tidak adanya iklan yang sesuai untuk ditayangkan.

Ukuran Iklan Google AdSense Terbaik untuk Blog

Tapi tenang saja, karena dengan artikel ini, Anda bisa lebih tahu ukuran mana saja yang paling banyak digunakan oleh advertiser atau pengiklan.

Ukuran Iklan Google AdSense Terbaik untuk Blog

320x100

Dari sekian tampilan iklan yang akan saya sebutkan, ukuran inilah yang paling kecil. Menurut kebanyakan orang, iklan 320x100 lebih diutamakan bagi mereka yang ingin memaksimalkan iklan di perangkat mobile.

Untuk masalah penempatan, penayang biasanya menempatkan di bagian sidebar atau samping halaman.

336x280

Ukuran ini menjadi salah satu favorit bagi penayang dan pengiklan. Alasannya karena tidak terlalu mengambil tempat sehingga bisa menampilkan iklan lebih banyak.

Berpacu pada ukuran yang ada, ukuran 336x280 akan berbentuk kotak dan paling banyak ditampilkan di bagian sidebar atau samping halaman.

300x600

Umumnya, ukuran ini sering disebut dengan Skyscraper. Bagi kebanyakan blogger, ukuran iklan ini banyak ditampilkan di bagian sidebar atau samping halaman.

Dengan ukuran yang lebar dan tinggi, maka tidak heran apabila banyak advertiser yang menyukai iklan jenis skyscraper tersebut. Bukan tanpa alasan tentunya, iklan akan menjadi lebih jelas dan akan memberikan perhatian lebih kepada pengunjung pada saat membaca.

728x90

Nah ini menjadi ukuran favorit kedua setelah 336x280. Dengan ukuran ini, tampilan iklan akan menjadi memanjang dengan tinggi yang minimal.

Umumnya, ukuran ini sering disebut dengan Leaderboard. Dengan tinggi yang hanya 90 px, maka iklan akan tampil tanpa mengganggu penglihatan dari pembaca.

970x250

Umumnya, ukuran 970x250 sering disebut dengan Billboard. Ukuran ini akan menjadi lebih maksimal di perangkat desktop karena ukurannya yang sangat panjang dan tinggi.

Maka jangan heran apabila unit iklan ini yang menjadi favorit bagi para advertiser. Selain itu, pihak penayang juga akan diuntungkan dengan biaya penayangan iklan yang fantastis.

Semua contoh ukuran iklan di atas akan lebih maksimal apabila menggunakan perangkat desktop.

Penempatan Iklan Google AdSense dengan CPC Tinggi

Menurut yang pernah saya baca, nilai CPC dari iklan sangat tergantung dengan niche website serta penempatan iklan. Nah khusus untuk penempatan, iklan akan bernilai lebih tinggi apabila ditempatkan di bagian atas halaman.

Selain itu, CPC iklan juga akan semakin besar apabila langsung terlihat oleh pengunjung pada saat membuka halaman. Hal tersebutlah yang mendasari mengapa lazy load iklan dapat mempengaruhi pendapatan.

Tapi kembali lagi, pilih pendapatan yang lebih besar, atau peringkat di hasil penelusuran yang lebih baik?

Penutup

Jika tidak ingin pusing mengurusi ukuran iklan yang akan ditampilkan, silahkan menggunakan fitur responsif atau iklan otomatis.

Namun untuk memaksimalkan iklan yang tampil, kustomisasi ukuran mungkin akan menjadi solusi yang terbaik.

Oh iya, silahkan mengikuti panduan Google tentang ukuran iklan AdSense dengan membuka link berikut:

Cukup sekian artikel tentang Ukuran Iklan Google AdSense Terbaik untuk Blog ini, Terima kasih.

2 komentar

  1. gan ada ngga script supaya iklan adsense yang muncul duluan baru artikelnya. Soalnya kalau lazy load kan, artikel dulu baru adsense. Kalau pakai lazy load malah berkurang pendapatan. Makasih gan
  2. Gan, kenapa ya saya pakai template median UI, ukuran iklan 300x600 malah berubah jadi responsive pada tampilan mobile. Ada gak cara agar iklannya sesuai ukuran asli?