Cara Mengatasi Download Video yang Lama di Telegram

Cara Mengatasi Download Video yang Lama di Telegram, Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kecepatan download video di Telegram. Contohnya jaringan.
Cara Mengatasi Download Video yang Lama di Telegram

Download Video di Telegram - Telegram dari dulu dikenal sebagai aplikasi pesan chat online yang mirip dengan WhatsApp. Namun tahukah Anda, ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk download video? Ya, Anda bisa mengunduh video secara gratis atau sekedar streaming film.

Asik dong ya, selain bisa digunakan untuk komunikasi, kita juga bisa menonton tanpa keluar uang sedikitpun. Selain itu, Anda juga tidak akan terganggu dengan iklan yang sering muncul di aplikasi lain.

Menonton video memang sudah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengusir rasa jenuh. Ditambah lagi dengan masa pandemi ini yang mengharuskan kita kebanyakan beraktifitas di rumah.

Download Video Telegram Lama?

Seperti yang saya katakan tadi, video yang ada di aplikasi ini bisa diunduh agar tidak perlu bergantung pada jaringan internet. Tentu sangat menjengkelkan apabila terjadi buffering karena jaringan yang buruk.

Namun beberapa pengguna mengeluhkan masalah tentang lambatnya proses download video di aplikasi ini. Sebenarnya masalah tersebut bisa terjadi akibat beberapa hal, contohnya saja seperti kualitas jaringan atau server Telegram itu sendiri.

Jika berkaitan dengan server, maka pengguna juga tidak bisa berbuat banyak, karena itulah server umum yang digunakan.

Cara Mengatasi Download Video yang Lama di Telegram

1. Menggunakan Layanan Get Public Link Bot

Cara pertama yang saya sarankan yaitu dengan menggunakan bantuan dari bot Telegram. Caranya juga bisa dikatakan sangat mudah karena Anda hanya perlu menyalin file yang ingin di-download untuk diteruskan ke bot tersebut.

2. Membatasi Penggunaan Grup

Bukan hanya proses download, tapi kinerja aplikasi juga akan semakin melambat apabila ada banyak grup yang berjalan di satu akun. Jika grup hanya mengirimkan media seperti foto atau gambar, maka tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah yaitu grup yang mengirimkan video dalam ukuran yang sangat besar.

Oleh sebab itu, batasi grup yang dimasuki agar kinerja aplikasi tetap optimal.

3. Menghapus Data Aplikasi

Menghapus data aplikasi juga menjadi cara ampuh yang bisa dicoba. Dengan penghapusan tersebut, ukuran aplikasi akan lebih kecil sehingga kinerja akan menjadi lebih optimal.

Selain itu, pengunduhan yang tadinya sangat lama juga akan menjadi lebih cepat dengan tanggungan data yang lebih kecil.

Nah untuk menghapus data aplikasi, silahkan masuk ke menu PENGATURAN > MANEJEMEN APLIKASI > TELEGRAM > HAPUS DATA.

4. Mengupdate Aplikasi

Pengguna seringkali tidak memperhatikan versi aplikasi yang digunakan apakah sudah versi terbaru atau belum. Akibatnya, kinerja akan semakin melambat dari waku ke waktu.

Sampai saat ini, Telegram sudah memperbarui perangkatnya hingga ke versi 7.5.0. Jika aplikasi yang Anda gunakan masih di versi sebelumnya, silahkan update di penyedia jasa aplikasi perangkat.

Penutup

Selain cara di atas, perhatikan pula kualitas jaringan intenet yang digunakan untuk mengunduh. Jangan sampai ada pembatasan kecepatan jaringan yang menyebabkan masalah tersebut.

Pada beberapa contoh kasus, paket unlimited sering diperlambat akibat kuota utama yang telah habis. Jika Anda juga mengalami hal serupa, maka faktor jaringan yang menjadi penyebabnya.

Cukup sekian artikel tentang Cara Mengatasi Download Video yang Lama di Telegram ini, Terima kasih.