Cara Defer JS Google Analytics di Blog

Cara Defer JS Google Analytics di Blog, Bagi Anda yang masih terkendala dengan loading lama akibat Google Analytics, semoga artikel ini bisa membantu.
Cara Defer JS Google Analytics di Blog

Defer JS (JavaScript) Google Analytics - Keterkaitan antara halaman web dengan Google Analytics sudah tidak perlu diragukan lagi. Semua hal yang berkaitan dengan data pengunjung dan aktifitas lainnya diperoleh dari layanan tersebut.

Penggunannya pun diharapkan dapat membantu blogger dalam hal pengelolaan data. Dengan begitu, semua bisa menjalankan analisa yang lebih terpadu dan sesuai algoritma.

Namun Google Analytics ternyata juga memiliki efek negatif. Banyak yang mengeluh tentang kecepatan akses yang semakin lama setelah diinstal. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan munculnya durasi cache di pengujian PageSpeed Insights.

PageSpeed Insights
Sumber: PageSpeed Insights

Bukan hanya PageSpeed Insights, GTmetrix juga sering menampilkan JS Analytics sebagai elemen yang mempengaruhi loading blog.

Mengapa Google Analytics Memperlambat Akses?

Sekedar informasi, Google selaku pengembang selalu memperbarui layanan ini setiap waktu. Nah pada pembaruan terakhir, ditambahkan Global Site Tag untuk pelacakan yang lebih kompleks.

Penambahan fitur tersebut tentu membuat beban skrip menjadi lebih berat. Akibatnya, pemuatan halaman menjadi lebih lambat.

Rekomendasi:

Google Analytics Versi Lama

Umumnya, setiap skrip Google Analytics telah dilengkapi dengan perintah asynchronous agar lebih cepat saat dimuat. Namun tetap saja, kecepatan akses tidak seefektif sebelum penggunaan.

<script async src="https://www.google-analytics.com/analytics.js"></script>

Apa itu Defer?

Defer adalah perintah untuk memuat skrip di latar belakang terlebih dahulu. Setelah halaman berhasil dimuat 100%, baru lah skrip bisa dieksekusi langsung ke halaman.

Sedangkan menurut bahasa, defer berarti Penundaan. Perintah ini memiliki sistem kerja yang hampir mirip dengan lazy load iklan maupun gambar.

Cara Defer JS Google Analytics di Blog

  • Masuk ke BLOGGER
  • Pilih menu TEMA
  • Pilih EDIT HTML
  • Tempel di atas </body>:
  • <script>
    //<![CDATA[
    function downloadJSAtOnload(){var d=document.createElement("script");d.src="https://www.google-analytics.com/analytics.js",document.body.appendChild(d)}window.addEventListener?window.addEventListener("load",downloadJSAtOnload,!1):window.attachEvent?window.attachEvent("onload",downloadJSAtOnload):window.onload=downloadJSAtOnload;
    window.ga=window.ga||function(){(ga.q=ga.q||[]).push(arguments)};ga.l=+new Date;
    ga("create","UA-*********-*","auto");
    ga("send","pageview");
    //]]>
    </script>
  • Tempel di atas </head>:
  • <link as="script" href="https://www.google-analytics.com/analytics.js" rel="preload"/>
  • Pilih SIMPAN
  • Selesai.

Penutup

Walaupun memiliki peran yang sangat penting nan vital, namun yang sering kita butuhkan hanyalah pelacakan sumber trafik. Bukan sistem pelacakan seperti sekarang.

Apalagi di bulan Mei 2021 ini, Google berencana memperbarui algoritmanya ke Google Page Experience. Algoritma tersebut sangat memperhatikan kecepatan akses saat dimuat oleh pengunjung.

Jika tidak ingin turun peringkat, perbaiki semua faktor yang memiliki ukuran besar mulai dari sekarang.

Cukup sekian artikel tentang Cara Defer JS Google Analytics di Blog ini, Terima kasih.

Referensi:
www.kompiajaib.com / tinyurl.com/bck3yu4