PIN Google AdSense Belum Datang Juga? Jangan Panik!

PIN Google AdSense Belum Datang Juga? Jangan Panik!, Google memang mengharuskan penayang untuk verifikasi alamat saat ambang pendapatan mencapai 10%.
PIN Google AdSense Belum Datang Juga? Jangan Panik!

PIN AdSense Tidak Datang - Panik surat Google belum datang juga? Jika iya, Anda membaca artikel yang tepat. Saya akan membagikan cerita mengenai proses permintaan PIN hingga datang ke rumah.

Seperti yang kita tahu, penayang diwajibkan melakukan verifikasi setelah ambang pendapatan mencapai 10% atau Rp. 140.000. Namun ternyata sering terjadi permasalahan dimana PIN terlambat dari waktu yang ditentukan (atau bahkan tidak datang).

Berbagai usaha pun dilakukan, mulai dari datang langsung ke kantor POS terdekat dan terbesar, menghubungi pegawai terkait, hingga meminta PIN ulang. Tapi hasilnya tetap nihil.

Bagaimana Jika Tidak Verifikasi PIN?

Perlu teman-teman ketahui, Google memberikan aturan PIN (Personal Identification Number) untuk memastikan bahwa yang terkait memang orang asli dan sesuai data diri yang diinput.

Adapun akun yang tidak diverifikasi setelah batas pendapatan 10% terpenuhi akan ditangguhkan. Iklan tidak akan tampil sebelum penayang tersebut memverifikasi alamat maupun data dirinya.

Ya, Google memberikan metode alternatif setelah penayang gagal dalam tiga kali verifikasi alamat, yaitu data diri. Data diri tersebut bisa berupa KTP maupun SIM. Namun pastikan nama sesuai dengan yang di akun ya.

Pengalaman Dapat PIN Google AdSense

Tepat 5 bulan yang lalu, pendapatan iklan di akun saya telah mencapai angka Rp. 197.570. Dengan begitu, akan langsung muncul notifikasi untuk segera melakukan verifikasi alamat.

Google AdSense
Sumber: Google AdSense

Tak perlu waktu lama, saya langsung mengikuti perintah tersebut dengan mengisi semua form yang diberikan. Mulai dari nama lengkap, alamat, dan masih banyak yang lainnya.

Namun estimasi tiba ternyata tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Jika mengacu pada informasi yang diberikan, PIN akan tiba 2-4 minggu setelah permintaan. Lalu, apa yang saya lakukan?

Saya datang langsung ke kantor POS terdekat. Bisa saja pengantaran sedang ramai-ramainya, jadi paket tidak terkirim sebagaimana mestinya. Tapi setelah dicek, memang belum ada paket yang masuk atas nama saya.

Setelah menunggu 4 minggu dari waktu estimasi, PIN masih saja tetap tidak datang. Akhirnya pencarian tentang masalah serupa pun saya lakukan. Alhamdulillah dapat jawaban yang memuaskan juga.

Melalui kolom komentar, ada yang menyatakan bahwa, PIN tidak datang itu sudah hal biasa. Sering terjadi kesalahan teknis selama proses pengirirman. Tugas seorang penayang hanya meminta dan verifikasi.

Jika memang tiga kali tidak datang, penayang akan diberikan metode lain berupa verifikasi kartu identitas. Dari penjelasan tersebut, saya pun hanya bisa bersabar dan tetap request berdasarkan alamat yang ada di akun.

Khawatir

PIN ke dua gagal lagi. Bodo amat, minta saja lagi, kan bisa sampai tiga kali. Nah dari kegagalan request sebelumnya, kok kayak ada yang aneh. Apa akun AdSense saya tidak sama dengan akun orang lain ya?

Siapa sih yang tidak khawatir, nama sesuai, alamat sesuai, tapi cek di kantor POS tidak ada. Padahal kawasan tempat tinggal berada di tengah kota. Atau mungkin karena masa pandemi Covid?

Tapi kekhawatiran tersebut berubah semenjak tanggal 10 Maret 2021. Petugas dengan jaket jingga datang. Yey, ini mah pasti petugas POS bawa PIN. Benar saja, PIN berhasil datang.

Nah dalam surat tersebut, penayang akan diberikan kode beberapa digit untuk dimasukkan ke dalam form verifikasi AdSense.

Tips dan Trik Request PIN

Nah sebelum melakukan permintaan, ada baiknya untuk mengikuti tips-tips berikut:

1. Pastikan Identitas Sesuai

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah nama dan alamat. Jangan sampai ada kesalahan yang mengakibatkan surat Anda tidak sampai.

Keakuratan data memang sangat penting untuk diperhatikan. Bagaimana tidak, PIN dikirim dari luar negeri yaitu Amerika Serikat melalui kantor cabang Malaysia.

2. Tulis Kontak di Akhir Alamat

Pada awalnya, saya juga tidak percaya dengan cara ini. Takutnya nanti ada kesalahan data yang menyebabkan akun ditangguhkan.

Tapi menurut kebanyakan penulis di grup-grup blogger, cara ini ternyata ampuh untuk meminimalisir PIN tidak datang. Nantinya, pengantar surat bisa menghubungi Anda melalui kontak tersebut.

Jalan Rasuna Said No. 10 Makassar (0852 **** ****)

Penutup

Surat cinta tersebut memang sering lambat, tapi pasti ada kok. Setidaknya, Anda bisa usaha sedikit dengan mengecek langsung di kantor POS terdekat. Bisa jadi surat Anda tercecer dari sekian banyaknya surat yang ada.

Namun sebelum itu, pastikan data yang Anda masukkan memang benar-benar sesuai dengan apa yang sebenarnya. Jika tidak, bagaimana bisa sampai? Orang alamatnya saja sudah salah.

Cukup sekian artikel tentang PIN Google AdSense Belum Datang Juga? Jangan Panik! ini, Terima kasih.