Cara Mengatasi "Sayangnya, Instagram Telah Berhenti" (Force Close)

Cara Mengatasi "Sayangnya, Instagram Telah Berhenti" (Force Close)

Force Close Instagram - Tak selamanya aplikasi yang dipasang di smartphone akan berjalan sempurna sebagaimana mestinya. Nyatanya, ada beberapa permasalahan yang sering terjadi, mulai dari macet hingga force close.

Nah salah satu aplikasi yang sering mengalami permasalahan tersebut adalah Instagram. Lagi seru-seru liatin foto, eh ada notif Unfortunately, Instagram has stopped.

Namun jika menggunakan bahasa Indonesia, notif akan berubah menjadi Sayangnya, Instagram telah berhenti. Gimana sih! Cara mengatasinya bagaimana?

Rekomendasi: Cara Menambah dan Menghapus Label Blog Pribadi di Instagram

Sebenarnya mudah saja. Namun sebelum lanjut ke caranya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengapa Instagram bisa keluar sendiri.

Penyebab Force Close Instagram

1. Banyak Aplikasi Terbuka di Latar Belakang

Salah satu yang bisa menjadi penyebab adalah aplikasi latar belakang. Bagaimana tidak, semakin banyak aplikasi yang digunakan akan membuat kinerja perangkat juga semakin menurun. Ujung-ujungnya, perangkat akan memangkas alur kerja dengan force close.

2. Penyimpanan Internal Habis

Semua data aplikasi yang terpasang di perangkat disimpan secara otomatis ke memori internal. Nah semakin sedikit penyimpanan internal yang tersedia, semakin menurun pula kinerja perangkat.

Masalah seperti ini paling banyak ditemukan pada perangkat yang memiliki RAM rendah (1 GB ke bawah) namun menggunakan banyak aplikasi.

3. Cache Menumpuk

Cache biasa juga disebut dengan data sampah. Setiap riwayat aplikasi yang pernah digunakan akan menyimpanan data berupa cache. Namun perlu diketahui, semakin menumpuk data yang ada, maka akan membuat perangkat menjadi lemot dan force close.

4. Sistem Operasi Usang

Sistem operasi (OS) juga seringkali menjadi penyebab force close. Semua aplikasi pastinya selalu diperbarui berdasarkan fitur-fitur terbaru yang disediakan.

Nah bagaimana bisa berjalan normal jika sistem operasi saja sudah usang? Pasti akan lemot dan patah-patah bukan? Itulah alasan pentingnya untuk selalu memperbarui OS perangkat setiap waktu.

Rekomendasi: Tips dan Trik Share Artikel yang Aman di Facebook

Cara Mengatasi Force Close di Instagram

1. Bersihkan Aplikasi di Latar Belakang

Seperti yang saya jelaskan di atas, banyaknya aplikasi yang terbuka di latar belakang akan membuat kinerja perangkat semakin menurun.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan bersihkan dengan menekan recent apps. Oh iya, tombol di tiap perangkat itu berbeda-beda, jadi sesuaikan dengan merek yang digunakan.

2. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kinerja perangkat adalah menghapus aplikasi tidak penting. Caranya juga cukup mudah, silahkan menahan ikon aplikasi. Setelah itu, langsung saja pilih Uninstall.

Dengan begitu, penyimpanan internal akan semakin besar dan mengoptimalkan aplikasi lain untuk bekerja.

3. Hapus Cache Aplikasi

Setiap aplikasi yang digunakan pasti akan mengumpulkan data sampah. Namun data tersebut juga memiliki kekurangan, yaitu dapat membuat perangkat menjadi lemot.

Itulah yang menyebabkan mengapa pengguna harus menghapus cache secara berkala. Caranya cukup simpel, silahkan membuka artikel ini untuk informasi lebih lengkap.

4. Restart Perangkat

Saya kira, ini cara yang paling umum dilakukan saat terjadi error. Restart adalah kegiatan mematikan perangkat sementara lalu dihidupkan kembali. Dengan begitu, sistem operasi akan lebih segar seperti semula.

5. Perbarui Aplikasi

Hey, ini juga sering menjadi penyebab utama. Silahkan cek versi Instagram yang digunakan di penyedia aplikasi perangkat. Jika memang ada versi terbaru, silahkan update terlebih dahulu.

6. Instal Ulang Aplikasi

Jika beberapa cara di atas tidak mampu memperbaiki kinerja aplikasi, mungkin Anda bisa mencoba cara selanjutnya. Silahkan menghapus dan memasang ulang Instagram.

7. Perbarui Perangkat

Seperti yang telah dijelaskan tadi, sistem operasi perangkat juga sering menjadi penyebab utama. Artinya bukan aplikasi yang bermasalah, melainkan perangkat itu sendiri.

Jika demikian, masalah tidak hanya tejadi pada Instagram, melainkan keseluruhan aplikasi yang dipasang. Untuk itu, silahkan perbarui sistem operasi perangkat ke versi terbaru.

Rekomendasi: Bagaimana Cara Dapat Uang dari TikTok? Berikut Penjelasannya!

Penutup

Berdasarkan pengalaman, cara ke enam menjadi cara yang paling sering saya lakukan. Kekurangannya hanya satu, diperlukan login kembali seperti pertamakali menggunakan. Setelah itu, Instagram akan kembali normal seperti semula.

Cukup sekian artikel tentang Cara Mengatasi "Sayangnya, Instagram Telah Berhenti" (Force Close) ini, Terima kasih.

Posting Komentar