Apa itu Shared Hosting dan Cloud Hosting?

Apa itu Shared Hosting dan Cloud Hosting?, Dalam pembuatan blog atau website, layanan hosting sudah menjadi keharusan bagi semua pengguna WordPress.
Apa itu Shared Hosting dan Cloud Hosting?

Selamat datang kembali. Kali ini, saya akan membagikan sedikit informasi mengenai Apa itu Shared Hosting dan Cloud Hosting. Langsung saja yuk daripada kelamaan.

Hosting adalah layanan yang berguna untuk menyimpan data halaman web agar dapat ditampilkan di internet. Data tersebut bisa berupa teks, gambar, musik, video, dan komponen lain yang umumnya sering dilampirkan dalam tulisan.

Layanan ini biasanya disediakan dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Semakin baik dan kompleks spesifikasinya, semakin mahal pula harganya. Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu layanan apa yang dibutuhkan.

Rekomendasi: Cara Custom Domain Blogspot / Blogger di DomaiNesia

Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting

Saat ini, ada dua jenis hosting yang bisa digunakan, yaitu shared hosting serta cloud hosting. Bagi yang belum tahu, mungkin saja akan memilih yang murah meriah bukan? Padahal jika diperhatikan secara rinci, selisih harga yang diberikan tidak terlalu besar.

Lalu, apa saja yang dimaksud dengan dua layanan tersebut? Mari kita bahas.

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis layanan yang berguna untuk menyimpan data secara bersamaan dengan akun lain dalam satu penyimpanan yang sama. Namanya saja shared, artinya berbagi. Ibarat kata, jenis ini lebih kepada rumah kos.

Semua orang dapat tinggal secara bersama-sama dalam satu rumah. Nah bagi Anda yang baru mulai membuat situs, maka jenis ini akan lebih cocok dikarenakan harganya yang lebih murah.

Namun penggunaannya juga kadang terjadi masalah. Contohnya saja seperti server down akibat adanya akun yang bermasalah dalam satu server yang sama tersebut.

Kelebihan

  1. Harga lebih murah
  2. Penggunaan lebih mudah
  3. Pengelolaan lebih mudah
  4. Pengelolaan diserahkan ke pihak penyedia layanan
  5. Cocok untuk situs personal.

Kekurangan

  1. Sering terjadi masalah koneksi
  2. Penyimpanan sering tidak dibagi rata
  3. Banyak pembatasan
  4. Satu akun bermasalah, semua akan kena
  5. Sistem kemanan kurang.

Rekomendasi: Cara Membuat Subdomain di Blog Secara Gratis

2. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis layanan yang berguna untuk menyimpan data pada sistem cloud. Jadi, penyimpanan dilakukan pada virtual server, sudah tidak menggunakan penyimpanan fisik lagi.

Penggunaan jenis layanan ini terkesan lebih baik dan modern. Mengapa, karena semua data pengguna tidak dicampur dengan data akun lain. Sehingga situs tetap akan aman walaupun akun lain bermasalah. Ibarat rumah sendiri lah.

Kelebihan

  1. Lebih aman
  2. Lebih fleksibel
  3. Bantuan teknis dari pihak penyedia layanan.

Kekurangan

  1. Harga lebih mahal
  2. Perlindungan privasi kurang.

Meskipun begitu, jumlah pengguna cloud hosting semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dengan fitur-fitur yang lebih kompleks, memang tidak heran jika hal tersebut bisa terjadi.

Dapatkan promo hosting dan domain menarik hanya di DomaiNesia. Untuk info selengkapnya, silahkan membuka tautan ini.

Penutup

Penggunaan hosting pada sebuah situs memang sudah menjadi kewajiban. Tanpa layanan tersebut, data tulisan tidak akan tersedia di hasil pencarian, baik itu Google, Bing, Yahoo, dll.

Nah dengan ulasan di atas, kita tentu bisa menyimpulkan bahwa cloud hosting memiliki sistem kerja dan layanan yang lebih baik. Namun walaupun begitu, penggunaan shared hosting juga lebih cocok bagi mereka yang masih pemula atau sekedar belajar.

Rekomendasi: Kelebihan dan Kekurangan Domain .XYZ bagi Blog

Cukup sekian artikel tentang Apa itu Shared Hosting dan Cloud Hosting? ini, Terima kasih.

Referensi:
qwords.com / tinyurl.com/4kya82ct