Kelebihan dan Kekurangan Domain .XYZ bagi Blog

Kelebihan dan Kekurangan Domain .XYZ bagi Blog, Mau menggunakan domain .XYZ tapi ragu dengan kualitasnya? Baca dulu, jangan sampai salah pilih.
Kelebihan dan Kekurangan Domain .XYZ bagi Blog

Domain Murah .XYZ - Walaupun masih terbilang baru dalam dunia penulisan, tapi banyak juga ternyata yang menaruh perhatian pada domain .xyz. Bahkan jika Anda berkunjung ke grup-grup seputar blog, maka tak jarang ditemukan tautan yang menggunakan akhiran ini.

Tapi itu bagus, artikel di internet bisa menjadi lebih bervariasi sesuai dengan URL yang digunakan. Berbeda jika daftar teratas sampai 20 terbawah hanya didominasi domain tertentu, pasti akan lebih membosankan.

Apa itu Domain .XYZ?

.xyz adalah salah satu jenis domain tingkat atas yang dikembangkan oleh Daniel Negari. Menurutnya, pemilihan tiga huruf terakhir pada alfabet tersebut mengacu pada generasi terakhir sekarang ini, yaitu generasi X, Y, dan Z.

Singkat saja, generasi X adalah kumpulan manusia yang lahir antara tahun 1960 - 1980. Sedangkan generasi Y adalah kumpulan manusia yang lahir antara tahun 1977 - 2004. Dan yang terakhir, generasi Z adalah kumpulan manusia yang lahir antara tahun 2001 hingga saat ini.

Maka bisa disimpulkan, .xyz merupakan domain baru yang ditujukan khusus untuk generasi terakhir berdasarkan tingkatan umurnya.

Rekomendasi: 14 Langkah Membuat Blog di Blogger (Wajib Tahu)

Berdasarkan Pengalaman

Saya sendiri baru mengenal domain ini kurang lebih satu tahun yang lalu. Saat itu, saya berkunjung ke DomaiNesia untuk melihat daftar harga yang tersedia. Dan siapa sangka, penyedia layanan juga pandai dalam mempromosikan produknya.

Pada daftar teratas, Anda akan disuguhkan iklan berukuran besar tentang domain ini dengan harga yang sangat murah. Yaps, harga yang diberikan cuma $1. Bandingkan dengan .com yang berharga $10.

Tapi walaupun begitu, saya belum pernah menggunakan. Namanya saja baru, pasti masih ada keraguan akan eksistensi kedepannya. Jangan sampai sudah keluar uang banyak namun bermasalah, kan rugi sendiri.

Nah untuk mengatasi keraguan tersebut, terbitlah artikel yang sedang Anda baca sekarang.

Kelebihan Domain .XYZ

1. Murah

Seperti yang diinformasikan di atas, harga satu buah .xyz berkisar di angka ± $1 (atau ± Rp. 14.000). Bahkan beberapa penyedia layanan juga memberikan promo gila-gilaan dengan harga yang nyaris gratis.

Tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi penulis pemula yang masih belajar masalah hosting dan domain. Untuk lebih lengkapnya, silahkan membuka banner berikut untuk mendapatkan promo murah meriah dari DomaiNesia:

DomaiNesia

Rekomendasi: Cara Custom Domain Blogspot / Blogger di DomaiNesia

2. Jangkauan Audiens Luas

Semua jenis domain tentu mempunyai peranannya sendiri-sendiri. Ada yang khusus untuk komersial, organisasi, internet, bisnis, teknologi, kesehatan, dan masih banyak yang lainnya. Berbeda dengan esktensi URL ini, tidak ada batasan fungsi yang diberikan.

Artinya, akhiran ini cocok digunakan untuk berbagai macam keperluan topik (umum).

3. Terindeks Google

Walaupun awalnya tidak diberikan akses untuk tampil di halaman pencarian, tapi itu dulu. Sekarang, Google dapat mengindeks seluruh halaman yang menggunakan akhiran ini.

Ditambah dengan kualitas tulisan dan SEO yang mumpuni, kesempatan untuk nangkring di posisi pertama juga tidak mustahil. Mau contoh?

Eksistensi Domain .XYZ
Sumber: Google (www.pctekno.xyz)

4. Tidak Memerlukan Persyaratan Khusus

Bukan hanya domain ini, tapi semua ekstensi jenis gTLD tidak memberikan persyaratan khusus untuk penggunaan.

Berbeda dengan ccTLD yang mengharuskan pengguna untuk menyertakan dokumen yang berkaitan. Contohnya saja seperti .id yang mengharuskan pengguna untuk menginput KTP dan KK. Intinya ribet lah.

5. Mudah Diingat

Tak dipungkiri lagi, nama unik ini menjadi akhiran yang paling mudah untuk diingat. Jika kamu hafal alfabet huruf dengan lancar, maka akhiran ini juga akan membekas kuat di pikiran.

6. Dapat Menampilkan Iklan

Nah ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Banyak yang bertanya, apakah domain ini bisa menampilkan iklan? Jawabannya sangat-sangat bisa.

Hampir semua media periklanan telah mendukung setiap gTLD untuk menghasilkan uang dari iklan. Namun tetap saja, panduan kebijakan wajib untuk dipenuhi.

Rekomendasi: Pengalaman Mendaftar Google AdSense Blog

Kekurangan Domain .XYZ

1. Hanya Murah di Tahun Pertama

Walaupun banyak penyedia jasa yang memberikan harga gila-gilaan, namun itu semua hanya berlaku di tahun pertama. Selanjutnya, pengguna akan diberikan harga normal seharga ± Rp. 160.000.

Jika diperhatikan, harga tersebut lebih mahal ketimbang biaya .com untuk setiap tahunnya. Nah itulah kekurangan pertama yang perlu kamu tahu.

2. Sering Dianggap Tidak Profesional

Namanya saja murah, pasti ada saja yang beranggapan bahwa blog terkait murahan dan tidak profesional. Faktanya, pembaca juga memilih tulisan berdasarkan sumber yang dapat dipercaya.

Bagaimana bisa mendapatkan trafik tinggi jika pembaca saja ragu untuk membaca? Menyedihkan? Itulah yang sering terjadi.

3. Sering Dianggap Spam

Betul sekali, sebagian besar pengguna internet pasti pernah melihat blog spam yang menggunakan akhiran ini. Faktor harga murah di tahun pertama mungkin yang menjadi penyebabnya.

Takutnya, pembaca akan terpengaruh dengan anggapan tersebut ke semua situs yang menggunakan akhiran serupa. Padahal tidak semua kan?

Rekomendasi: Cara Melindungi Blog, Situs, dan Website dari Negative SEO

Penutup

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangannya, kini kamu bisa lebih mudah mempertimbangkan apakah ingin menggunakan atau tidak. Memang banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan domain.

Tapi apapun itu, pikir untuk masa depannya. Jangan sampai di tahun kedua atau tahun ketiga malah ingin ganti domain. Selain kualitas SEO yang berubah, proses propagansi URL juga lumayan ribet.

Tapi bagi pemula, .xyz tentu bisa dikatakan sangat rekomendasi.

Cukup sekian artikel tentang Apa Kelebihan dan Kekurangan Domain .XYZ? ini, Terima kasih.

Referensi:
www.akangerik.com / tinyurl.com/r4yvwf4z/p>