Google Tinggalkan Format APK untuk Aplikasi

Google Tinggalkan Format APK untuk Aplikasi

Halo semua app developer, hari ini, ada informasi penting yang sayang jika dilewatkan. Google selaku pengembang dari Android mengumumkan beberapa perubahan pada sistem produk mereka. Salah satunya dengan memperkenalkan ekstensi baru yang bernama Android App Bundle.

Saat ini, kebanyakan aplikasi yang berada di Google Play Store menggunakan format APK. Format tersebut memang telah lama digunakan oleh pengembang sebagai hasil akhir dari proyek yang dikerjakan.

Jika sesuai rencana, penggunaan ekstensi baru tersebut akan mulai dilaksanakan per Agustus tahun ini.

Rekomendasi: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2021

Kelebihan dan Kekurangan Android App Bundle

Berdasarkan keterangan yang diambil dari laman Android Developer Google (1/7/2021), ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan penggunaan Android App. Salah satu contohnya yaitu dapat menekan ukuran aplikasi menjadi lebih kecil.

Dengan begitu pengguna juga akan terdampak positif tentang penggunaan format tersebut. Bagaimana tidak, kita bisa menghemat RAM untuk setiap aplikasi yang diinstal.

Namun di lain sisi, ada juga kekurangan dari penggunaannya, yaitu distribusi aplikasi yang semakin rumit. Ya, format Android App hanya bisa digunakan dan dipublikasikan melalui Google Play Store.

Menariknya lagi, Google mengumumkan aturan ini tak lama setelah Microsoft menyediakan Windows 11 yang memungkinkan pengguna menginstal dan menggunakan aplikasi Android.

Rekomendasi: Apa itu BNIB dan BNOB di Online Shop?

Bagaimana dengan aplikasi yang telah dibagikan?

Walaupun telah diresmikan nantinya, Google tetap memberikan toleransi terhadap aplikasi yang telah dipublikasikan untuk tetap menggunakan format APK. Jadi aturan baru ini hanya berlaku untuk aplikasi baru yang akan dipublikasikan kedepannya.

Selain itu, Google juga menginformasikan bahwa penggunaan format baru hanya sedikit lebih sulit dibandingkan format APK. Berbagai macam software yang sering digunakan dalam pembuatan aplikasi pun telah mendukung format baru ini, sebut saja seperti Android Studio, Buck, dan Unity.

Penutup

Google memang selalu memperbarui setiap produk mereka. Nah khusus untuk kali ini, format aplikasi yang diperbarui untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal penggunaan.

Dengan ukuran yang lebih kecil, kinerja aplikasi juga otomatis lebih lancar. Selain itu, penyimpanan internal juga akan lebih hemat agar bisa menginstal aplikasi penting lainnya.

Rekomendasi: Apa itu FYI, FYA, dan FYP di Media Sosial?

Cukup sekian artikel tentang Google Tinggalkan Format APK untuk Aplikasi ini, Terima kasih.

Referensi:
inet.detik.com / tinyurl.com/z42vfjdf

2 komentar

  1. Mau tanya, itu icon nya darimana ya
    1. di docs.jagodesain.com gan.