Dampak Buruk HP bagi Kesehatan Diri

Dampak Buruk HP bagi Kesehatan Diri

Dampak Negatif HP - Smartphone atau yang biasa kita sebut dengan HP dikenal sebagai peralatan teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Bagaimana tidak, apapun bisa dilakukan cukup dengan beberapa klik saja.

Contoh, Anda tidak perlu ke warnet hanya untuk mengakses internet. Selain itu, Anda juga bisa melakukan panggilan langsung, mengirim pesan, atau bahkan berbelanja kapanpun dan dimanapun. Semua itu bisa kita lakukan dengan mudah tanpa adanya kendala berarti.

Namun dibalik semua kelebihannya, ternyata ada juga kekurangan yang bisa diakibatkan. Hal tersebut tak lepas dari penggunaan yang cenderung berlebihan dan tidak terkontrol.

Rekomendasi: Cara Mengubah Default Browser di HP Oppo

Dampak negatif yang bisa diakibatkan pun bermacam-macam, mulai dari gangguan mata, sulit tidur, hingga kanker. Tapi itu semua bergantung pada intensitas penggunaan yang dilakukan. Semakin sering digunakan, semakin tinggi pula resikonya.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan dibaca sampai habis ya.

Dampak Buruk HP bagi Kesehatan Diri

1. Trigger Thumb

Trigger Thumb adalah salah satu kelainan yang menyebabkan penebalan pada tendon ibu jari. Gejala umum yang paling sering ditemukan yaitu ibu jari akan terasa kaku dan selalu dalam kondisi bengkok.

Mengerikannya lagi, ibu jari akan mengeluarkan bunyi retakan jika diluruskan secara paksa.

2. Cubital Tunnel Syndrome

Salah satu kebiasaan buruk yang sangat sering dilakukan saat menggunakan HP yaitu menekankan siku pada permukaan keras. Hal tersebut biasa dilakukan saat bersantai memainkan game, chatting-an, hingga teleponan.

Terlalu sering menekuk siku pada permukaan keras dapat mengganggu kinerja saraf ulnaris. Lebih lanjut, Anda akan mengalami mati rasa pada siku hingga jari tangan.

3. Text Neck Syndrome

Sadar atau tidak, menggunakan HP akan membuat pandangan lebih banyak menoleh ke bawah. Hal tersebut tentu tidak direkomendasikan untuk dilakukan. Menurut kebanyakan sumber, kebiasaan menoleh ke bawah dapat membuat otot leher menjadi tegang.

Ketegangan tersebut akan memberikan efek sakit dan nyeri pada tubuh khususnya leher, bahu, hingga lengan.

Rekomendasi: Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger

4. Gangguan Penglihatan

Sudah bukan rahasia lagi, alat teknologi seperti smartphone, tablet, dan komputer dirancang khusus untuk penggunaan jarak dekat. Mau tidak mau, mata harus selalu siaga pada layar dengan jarak tertentu.

Nah penggunaan yang cukup lama akan membuat mata menjadi lebih cepat lelah hingga menyebabkan penyakit mata seperti iritasi, mata merah, hingga mata kering.

5. Gangguan Tidur

Efek buruk lain yang juga sering dialami oleh pecandu HP adalah sering mengalami gangguan tidur. Selama mata masih melek, pikiran akan selalu terfokus pada semua aktifitas yang ada di perangkat.

Selain itu, layar HP juga dikenal memancarkan bluelight yang dapat mengganggu reproduksi hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang bertugas untuk mengatur kebiasaan waktu tidur seseorang.

Saat hormon berkaitan terganggu, tidur seseorang juga akan tidak menentu. Hal tersebut tentu bisa menyebabkan beberapa penyakit, diantaranya seperti obesitas, diabetes, hingga yang paling mengerikan serangan jantung.

Tips Aman Menggunakan HP

Berbagai macam dampak buruk di atas tentu membuat kita sadar bagaimana cara menggunakan HP yang tak memiliki resiko. Menurut informasi yang telah saya rangkum, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Gunakan HP seperlunya saja
  2. Gunakan kacamata untuk menghindari bluelight berlebihan
  3. Hindari kecerahan layar dalam keadaan tinggi
  4. Batasi jarak mata dengan layar
  5. Jangan terlalu menunduk
  6. Hindari penekan pada siku
  7. Istirahatkan mata dan jari setelah penggunaan selama 30 menit
  8. Matikan perangkat 30 menit sebelum tidur.

Rekomendasi: Dampak Buruk Sinar Matahari Langsung bagi HP

Penutup

Selain sebagai alat komunikasi, HP telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur untuk kemudahan semua penggunanya. Jadi tak heran lagi jika dianggap sebagai kebutuhan pokok bagi sebagian orang.

Tapi apapun itu, kita sebagai pengguna juga harus sadar tentang kesehatan diri. Apalah artinya barang canggih jika badan sudah melemah karena sakit.

Artikel ini merupakan salinan ulang dari salah satu tulisan di situs www.alodokter.com. Jangan lupa berkunjung dengan membuka link ini.

Cukup sekian artikel tentang Dampak Buruk HP bagi Kesehatan Diri ini, Terima kasih.

2 komentar

  1. Sejauh ini yang sdah kena penghilatan ke gnggu dan susah tidur sihh...

    Terima ksih udah bagi tipsnya bang
    1. Sama-sama bang penulis kece.