Google Spreadsheet: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Google Spreadsheet: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Google Spreadsheet - Saat membuka daftar layanan yang ada di Google, mungkin kamu pernah melihat logo kartu berwarna hijau dengan tulisan Google Spreadsheet? Ya, layanan tersebutlah yang akan kita bahas di artikel kali ini.

Seperti yang kita tahu, Google menyediakan beberapa produk layanan untuk memudahkan semua pengguna dalam bekerja. Contohnya saja seperti Google Mail yang berguna untuk saling berkirim pesan. Lalu ada juga Google Drive yang dapat digunakan untuk menyimpan file.

Pengertian Google Spreadsheet

Google Spreadsheet atau yang biasa disebut dengan Google Sheets adalah perangkat lunak (software) yang bisa digunakan untuk membuat tabel, perhitungan, dan basis data. Lalu apa yang membedakan dengan Microsoft Excel? Memang secara kinerja sama, namun Google Spreadsheet bisa digunakan secara online.

Hal tersebut tentu lebih memudahkan pengguna dalam bekerja. Bagaimana tidak, kita bisa bekerja dengan santai kapanpun dan dimanapun. Tapi ada kelebihan ada kekurangan pastinya, layanan ini hanya bisa diakses dengan jaringan internet.

Berikut adalah contoh lembar kerja Google Spreadsheet:

Lembar Kerja Google Spreadsheet

Kelebihan Google Spreadsheet

Penyimpanan Cloud

Seperti yang telah dijelaskan di atas, layanan ini bekerja dan tersimpan secara otomatis dalam penyimpanan internal Google. Metode tersebut biasa juga disebut dengan cloud atau awan. Untuk mengakses layanan, Anda hanya perlu tersambung ke internet.

Fleksibel

Adapun keunggulan lain dari produk Google ini adalah fleksibilitasnya. Bagaimana tidak, Google Spreadsheet dapat digunakan di beberapa perangkat sekaligus, seperti Android, iOS, Windows, macOS, dan Linux.

Simpel

Seperti yang dikatakan di atas, layanan ini bekerja secara cloud atau awan. Artinya, Google Spreadsheet telah tersimpan di server Google dan hanya memerlukan jaringan internet untuk mengakses.

Jadi kita tidak perlu menginstal aplikasi hanya untuk menggunakan. Cukup buka perangkat, masuk ke situs layanan, selesai.

Gratis

Tidak ada biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan ini. Anda hanya diminta untuk memasukkan akun Google saat pertamakali penggunaan. Walaupun begitu, tidak sepenuhnya gratis ya teman-teman. Google juga menyediakan fitur berbayar dengan fitur pendukung yang lebih lengkap.

Kekurangan Google Spreadsheet

Selain kelebihan di atas, hanya satu kekurangan dari Google Spreadsheet, yaitu wajib menggunakan jaringan internet. Nyatanya, tidak semua daerah di Indonesia memiliki kualitas internet yang baik, belum lagi jika terjadi masalah seperti mati lampu.

Penutup

Setelah membaca artikel di atas, kini kamu memiliki alternatif pilihan untuk mempermudah pekerjaan. Dibandingkan dengan Microsoft Excel, penggunaan Google Sheets tentu jauh lebih praktis dan efisien.

Cukup sekian artikel tentang Google Spreadsheet: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Jaringan, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar