Apa itu DC dalam Kode Pengiriman Barang?

Apa itu DC dalam Kode Pengiriman Barang?

Pengertian DC dalam Pengiriman J&T Express - Selain warehouse, istilah DC juga seringkali muncul saat melakukan pemesanan di jasa ekspedisi seperti J&T. Status pengiriman tersebut biasanya terlampir setelah pesanan melewati warehouse.

Warehouse sendiri adalah gudang logistik yang bertujuan menyimpanan barang pesanan setelah diterima dari produsen atau penjual. Adapun barang tersebut akan diambil dan diangkut agar segera dikirimkan ke kota tujuan.

Saat pengiriman tersebutlah paket akan dimasukkan terlebih dahulu ke DC terdekat. Salah satu DC yang paling sering muncul khususnya area pengiriman Indonesia timur adalah Rungkut DC.

Apa itu DC?

DC atau Distribution Center adalah tempat penyimpanan untuk menyortir barang pesanan berdasarkan kota tujuan. Setelah disortir, barang akan dipisahkan dan langsung dikirimkan berdasarkan kota tujuan.

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, distribution center berarti Pusat Distribusi. Untuk mendukung pengertian di atas, berikut adalah contoh pesanan saya di salah satu marketplace terbesar yaitu Shopee:

Contoh Kasus
Sumber: Shopee

Pada gambar di atas, ada dua tempat yang disinggahi oleh pesanan saya, yaitu Bandung DC dan Rungkut DC. Persinggahan pertama disortir untuk dikirimkan ke wilayah Indonesia timur melalui cabang Rungkut. Nah pada persinggahan kedua, pesanan akan dikirim berdasarkan kota penerima. Berikut adalah contoh alur pengiriman area Makassar:

Produk dikemas oleh penjual > Paket diserahkan ke jasa ekspedisi > Warehouse > Bandung DC > Rungkut DC > Kantor ekspedisi cabang penerima > Alamat penerima.

Penutup

Setiap wilayah pasti memiliki pusat distribusi agar pengelompokan barang pesanan bisa lebih terorganisir. Selain itu, pengiriman barang bisa lebih cepat karena difilter berdasarkan kota atau kabupaten.

Cukup sekian artikel tentang Pengertian DC dalam Pengiriman J&T Express ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Jaringan, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar