20+ Cloud Storage Terbaik di Tahun 2022

20+ Cloud Storage Terbaik di Tahun 2022

20+ Cloud Storage Terbaik di Tahun 2022 - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kehilangan data penting seperti gambar, audio, video, dan dokumen, salah satunya dengan melakukan backup data di cloud storage atau penyimpanan data online / awan.

Tujuannya sebagai data cadangan jika kita kehilangan file tersebut secara tidak sengaja. Adapun data cadangan bisa diakses kembali menggunakan jaringan internet. Mungkin ada yang bertanya, kenapa tidak menggunakan SD card atau SSD saja?

Menyimpan data di SD card dan SSD sebenarnya bisa saja. Tapi dua penyimpanan tersebut juga bisa hilang dan rusak di kemudian hari. Maka dari itu, cloud storage muncul sebagai alternatif terbaik bagi yang ingin keamanan data ekstra.

Adapun keuntungan menggunakan cloud storage yaitu:

  1. Lebih murah, bahkan ada yang gratis
  2. Keamanan data yang lebih kuat
  3. Menghemat penyimpanan perangkat
  4. Bisa diakses kapanpun dan dimanapun
  5. Bisa berbagi file ke pengguna lain menggunakan link khusus.

Rekomendasi Cloud Storage Terbaik di Tahun 2022

Walaupun dikatakan aman, tapi semua itu tergantung dari penyedia jasa layanan yang kita pilih. Kita tidak bisa memilih hanya berdasarkan yang gratis saja, namun yang memang dipercaya banyak orang.

Semakin terkenal sebuah platform, semakin aman pula data yang kita upload. Nah berikut adalah daftar penyimpanan online terbaik yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Terabox

Untuk urutan pertama, Anda bisa menggunakan Terabox dengan ruang penyimpanan yang super besar yaitu 1024 GB atau setara dengan 1,02 TB. Dengan penyimpanan tersebut, Anda tidak perlu takut kehabisan ruang penyimpanan.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan ruang penyimpanan menjadi 2 TB dengan biaya sekitar Rp. 65.000/bulan dan Rp. 179.000/3 bulan. Jika dikalkulasikan, biaya tersebut tidak sampai setengah dari layanan lain.

Link: https://tinyurl.com/4jnewwa8

Google Drive

Siapa sih yang tidak kenal dengan platform ini? Hampir semua pengguna teknologi telah menggunakan layanan dari Google, sebut saja seperti Chrome, Maps, Translate, AdSense, Meet, dan masih banyak lainnya.

Nah salah satu layanan terbaik dari Google yang juga banyak digunakan adalah Google Drive. Dengan penyimpanan gratis sebanyak 15 GB, Anda bisa menyimpan tanpa harus registrasi akun terlebih dahulu.

Jika penyimpanan yang disediakan masih dirasa kurang, Anda juga bisa mengupgrade dengan biaya yang telah ditentukan. Tentang keamanan, Anda tidak perlu khawatir, Google mempekerjakan orang-orang terbaik di bidangnya.

Link: https://tinyurl.com/yckjr6h4

OneDrive

Selain Google, raksasa teknologi dunia yaitu Microsoft juga punya cloud storage sendiri yaitu OneDrive. Yang membedakan dari keduanya adalah, OneDrive hanya menyediakan penyimpanan sebesar 5 GB.

Tapi tenang saja, Anda tetap bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar dengan upgrade akun.

Tahukah kamu
OneDrive otomatis terinstal di sistem operasi Windows 10 dan Windows 11.

Link: https://tinyurl.com/mryf4w7j

MediaFire

MediaFire adalah salah satu media penyimpanan online terpopuler di Indonesia selain Google Drive. Selain karena fiturnya yang mudah digunakan, tampilannya juga menarik.

Layanan ini banyak digunakan sebagai file sharing untuk download file. Untuk pengguna non premium, Anda akan disediakan disk space sebesar 10 GB dengan opsi upgrade akun.

Jika diharuskan memilih, maka MediaFire sangat rekomendasi untuk digunakan.

Link: https://tinyurl.com/2p99jvpr

Dropbox

Dropbox adalah layanan yang cukup populer di kalangan pecinta teknologi. Dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB, Anda dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun cukup dengan satu kali klik.

Oh iya, layanan ini terkenal dengan keamanan datanya yang terjamin. Hal tersebut bisa dilihat di berbagai review mengenai Dropbox ini. Untuk memudahkan Anda dalam penggunaan, Dropbox juga menyediakan versi aplikasi.

Link: https://tinyurl.com/2s4myk9k

pCloud

Walaupun masih terdengar baru, namun pCloud mengalami pertumbuhan pengguna yang cukup pesat. Bukan hanya karena penyimpanan gratis sebesar 20 GB, namun keamanan data juga sangat diperhatikan.

Selain itu, tampilan antarmuka juga sangat keren dan dinamis. Jika 20 GB di atas masih dirasa kurang, Anda bisa mengupgrade akun dengan detail biaya yang telah ditentukan.

Link: https://tinyurl.com/25u7nfxb

Zoolz

Mungkin layanan ini masih asing di telinga Anda. Tapi tahukah kamu, Zools telah dilengkapi sistem keamanan Military-Grade 256-AES Encryption yang berguna untuk mengamankan file yang telah diupload.

Dengan semua kelebihannya, Zools dipercaya oleh brand-brand besar untuk menyimpan data penting mereka, diantaranya yaitu DELL, Duracell, Harvard Library, Endeavour Mining, dan Open Colleges.

Hanya satu kekurangan dari layanan ini adalah tidak disediakannya penyimpanan gratis. Jadi pengguna wajib membeli paket yang telah disediakan di situsnya.

Link: https://tinyurl.com/4hhjfp3d

Blomp

Bagi seorang pengguna, Blomp adalah layanan cloud storage dengan harga yang sangat terjangkau. Adapun pengguna gratis akan diberikan ruang penyimpanan sebesar 20 GB dengan opsi upgrade akun.

Nah untuk mempermudah pengguna, Blomp menyediakan akses via aplikasi pada beberapa sistem operasi, sebut saja seperti Windows, macOS, Linux, iOS, dan Android. Selain itu, tampilan antarmuka dari layanan ini juga sangat keren dan dinamis.

Link: https://tinyurl.com/2p8sw2wf

Degoo

Jika kurang puas dengan delapan layanan di atas, mungkin Degoo cocok untuk Anda. Bagaimana tidak, Degoo menyediakan ruang penyimpanan sebesar 100 GB secara gratis. Bukan hanya karena penyimpanan yang sangat besar, namun keamanan data juga dijamin loh.

Link: https://tinyurl.com/mwedmfnb

MEGA

Untuk urutan kesepuluh, mungkin MEGA akan cocok. MEGA adalah salah satu platform penyimpanan yang mengusung tingkat keamanan tinggi. Dengan ruang penyimpanan 20 GB, Anda bisa mengupload file dengan lebih leluasa dibandingkan menggunakan Google Drive dan OneDrive.

Sekedar informasi, MEGA telah mengubah alamat websitenya sebanyak tiga kali yaitu megaupload.com, mega.nz, dan yang terbaru mega.io.

Link: https://tinyurl.com/46mbpkvu

Backblaze

Bagi pengguna luar negeri, Backblaze adalah layanan cloud storage yang cukup populer. Walaupun tidak menyediakan ruang penyimpanan gratis, tapi Anda bisa mendapatkan unlimited storage dengan biaya US$ 70/tahun. Jika dikalkulasikan, biaya perbulannya hanya sekitar US$ 5,83.

Daripada bayar perbulan untuk kapasitas yang tidak memadai, mungkin Backblaze adalah solusi terbaik dan terhemat.

Link: https://tinyurl.com/2jh9duea

Sync

Urutan selanjutnya ada Sync yang menyediakan fitur autentikasi 2 faktor yang berguna untuk mengamankan setiap file yang telah diupload. Selain itu, file tersebut juga bisa diakses secara offline.

Walaupun penyimpanan gratis yang diberikan cukup kecil (5 GB), tapi Anda tetap bisa mengupgrade akun dengan biaya yang cukup terjangkau.

Link: https://tinyurl.com/ypernpvx

IDrive

Selain bisa digunakan untuk menyimpan data, layanan ini juga banyak digunakan karena menyediakan program reseller. Jadi setiap ada yang mendaftar dan membeli paket dari rujukan Anda, maka komisi juga akan masuk.

Untuk ruang penyimpanan gratis yang diberikan tidak terlalu besar yaitu 5 GB dengan opsi upgrade akun. Oh iya, IDrive juga terkenal akan kecepatan akses yang sangat cepat.

Website terkenal dunia juga menggunakan layanan ini, sebut saja seperti business.com dan techradar.com.

Link: https://tinyurl.com/2p877xzm

Box

Satu hal yang paling menarik dari layanan ini adalah disediakannya fitur scan yang berguna untuk mengamankan data dari virus dan malware. Hal tersebut tentu menjadi keunggulan tersendiri dari Box.

Untuk ruang penyimpanan, Anda akan disediakan sebesar 10 GB dengan opsi upgrade akun sebesar US$ 15 dengan ruang penyimpanan unlimited.

Link: https://tinyurl.com/yck48f9p

SpiderOak

SpiderOak adalah layanan cloud storage yang lebih menekankan data privasi pengguna. Untuk ruang penyimpanan, Anda akan disediakan sebesar 5 GB dengan opsi upgrade akun.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak teman untuk bergabung dengan layanan ini. Sebagai imbalan, Anda akan disediakan ekstra storage sebesar 1 GB/pengguna.

Link: https://tinyurl.com/2ut8p68n

Tresorit

Ada yang bilang, cloud storage paling aman adalah Tresorit. Layanan ini memang dikenal dengan sistem keamanannya yang sangat kuat. Oleh karena itu, Tresorit banyak digunakan oleh mereka untuk menyimpan data-data penting.

Link: https://tinyurl.com/yc74zvsp

Filelu

Khusus untuk Filelu, Anda akan diberikan ruang penyimpanan yang sangat besar setelah mendaftar (bergabung). Adapun ruang penyimpanan tersebut yaitu sebesar 250 GB dengan opsi upgrade akun.

Yang menarik dari layanan ini adalah, Anda bisa menghasilkan uang dengan mengajak teman menggunakan kode refereal Anda.

Link: https://tinyurl.com/53sn4b4v

IceDrive

Untuk masalah penggunaan, IceDrive adalah juaranya. Dengan navigasi yang sangat mudah digunakan, pengguna baru pun tidak akan kesusahan dalam hal penggunaan.

Saat pertamakali mendaftar, Anda akan diberikan ruang penyimpanan gratis sebanyak 10 GB dengan opsi upgrade akun. Oh iya, IceDrive juga menjamin keamanan data pengguna dengan disediakannya password protection.

Link: https://tinyurl.com/yc2dzh8k

hubiC

hubiC adalah layanan cloud storage yang mengalami pertumbuhan pengguna cukup pesat. Ada banyak alasan mengapa Anda harus menggunakan layanan ini, salah satunya karena ruang penyimpanan gratis yang lebih besar yaitu 25GB.

Selain itu, Anda juga bisa mengupgrade akun hingga 10 TB dengan biaya € 4,16/bulan atau € 50/tahun. Hanya satu kekurangan dari hubiC ini yaitu bahasa pilihan yang disediakan hanya Inggris dan Perancis.

Link: https://tinyurl.com/ycx6nbua

Bitrix24

Bagi saya, Bitrix24 adalah layanan yang memberikan harga paling mahal dari daftar di atas. Tapi walaupun demikian, Anda tetap akan diberikan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dengan opsi upgrade akun.

Oh iya, Bitrix24 juga dilengkapi dengan akses kode sumber yang dapat diinstal di server. Dengan begitu, integrasi yang terjadi juga menjadi lebih baik.

Link: https://tinyurl.com/2p8ryhbs

Penutup

Semakin lama, peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari juga semakin meningkat, termasuk cloud storage. Dengan semua kemudahan dan keamanan data yang ada, layanan ini bisa jadi pilihan utama bagi developer kedepannya.

Cukup sekian artikel tentang 20+ Cloud Storage Terbaik di Tahun 2022 ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Jaringan, Smartphone, dan Desktop

2 komentar

  1. Informasi yang sangat berguna untuk saya dengan semakin berkembang oesat teknokogi kini media penyimpanan tidak memerlukan fisik lagi karena sudah ada yang online dan 1 lagi mas 4shared jangan di lupakan
    1. Oalah iya gan 4 Shared, nanti dimasukkan di update selanjutnya.