Cara Cek Status Camera2 API Aktif atau Belum

Cara Cek Status Camera2 API Aktif atau Belum

Cara Cek Status Camera2 API Aktif atau Belum - Salah satu persyaratan untuk menginstal aplikasi Google Camera (GCam) adalah perangkat telah mendukung fitur camera2 API. GCam adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk platform Android.

Ukurannya yang kecil dan berbagai macam fitur yang disediakan menjadi alasan utama mengapa pengguna lebih memilih GCam dibandingkan kamera bawaan smartphone. Adapun fitur-fitur yang disediakan di aplikasi ini adalah top shot, slow motion, night sight, astrophotography, motion photos, panorama, dan super res zoom.

Namun penggunaan aplikasi GCam terbatas pada perangkat seri terbaru saja. Selain itu, perangkat juga harus support camera2 API agar kinerja aplikasi lebih maksimal. Berdasarkan pengalaman, instalasi tanpa camera2 API akan menyebabkan aplikasi menjadi crash hingga force close.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah perangkat yang digunakan support atau tidak? Untuk pengecekan, kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang bernama Manual Camera Compatibility Test. Silahkan download terlebih dahulu di Google Play Store.

Cara Cek Status Camera2 API di Android

  • Buka aplikasi MANUAL CAMERA COMPATIBILITY TEST
  • Pilih START

  • Cara Cek Status Camera2 API Aktif atau Belum

  • Tunggu beberapa saat hingga hasil muncul
  • Jika berwarna hijau, artinya support camera2 API. Tapi jika berwarna merah, artinya perangkat belum support camera2 API.

  • Selesai.

Contoh perangkat support camera2 API:

Perangkat Support Camera2 API

Contoh perangkat belum support camera2 API:

Perangkat Belum Support Camera2 API

Cara Mengaktifkan Camera2 API Secara Manual

HP saya belum support, bisakah diaktifkan secara manual? Bisa, caranya dengan memodifikasi buildprop perangkat. Mengaktifkan buildprop memerlukan akses root terlebih dahulu ya guys. Dan lakukan modifikasi secara hati-hati untuk menghindari masalah bootloop.

Adapun aplikasi tambahan yang digunakan adalah BuildProp Editor. Silahkan download terlebih dahulu melalui Google Play store. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi BUILDPROP EDITOR
  • Setelah terbuka, pilih ikon pensil
  • Tempel kode berikut di bagian paling bawah:
  • persist.camera.HAL3.enabled=1
  • Pilih ikon simpan
  • Selesai.

Setelah itu, jangan lupa untuk merestart perangkat dan mengecek ulang menggunakan Manual Camera Compatibility. Jika daftar yang sebelumnya berwarna merah berubah menjadi hijau, itu artinya modifikasi buildprop perangkat berhasil.

Update: Modifikasi buildprop hanya dapat dilakukan pada sistem operasi lollipop ke atas.

Penutup

Berdasarkan pengalaman, aplikasi Google Camera memang memiliki hasil jepretan yang lebih jernih dibandingkan kamera bawaan. Selain itu, GCam juga memiliki pencahayaan yang lebih baik khususnya pada malam hari.

Hal tersebut dapat dibuktikan pada review-review yang ada di YouTube. Namun karena penggunaannya yang terbatas, tidak semua pengguna dapat menggunakan aplikasi ini khususnya pada perangkat versi lama.

Cukup sekian artikel tentang Cara Cek Status Camera2 API Aktif atau Belum ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp