Panduan dan Mengapa Kamu Harus Belajar Coding

Panduan dan Mengapa Kamu Harus Belajar Coding

Panduan dan Mengapa Kamu Harus Belajar Coding - Berdasarkan penelitian terhadap aplikasi pencari kerja Indeed (tahun 2018), coding menjadi salah satu keterampilan yang paling populer dan memiliki peminat yang cukup banyak.

Tapi bagaimana cara mulainya? Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan pemula untuk belajar coding. Anda akan belajar tentang berbagai jenis bahasa pemrograman, tempat belajar pemrograman, dan bagaimana agar memiliki passion dalam bidang pemrograman.

Apa itu Coding?

Coding adalah proses penulisan kode agar dapat dimengerti oleh mesin. Dengan coding, Anda dapat membuat website, program komputer, dan aplikasi seluler. Selain itu, coding juga memungkinkan pengguna untuk memodifikasi suatu desain sesuai keinginan.

Peran programmer dalam pengembangan teknologi tentunya sangat besar. Sekarang ini, apapun bisa dilakukan menggunakan alat teknologi, contohnya seperti pesan makanan, pesan kamar hotel, dan masih yang lainnya. Itu semua merupakan layout dari kumpulan kode yang dibuat. Sangat keren bukan?

Mengapa Belajar Coding?

Ada banyak alasan mengapa kamu harus belajar pemrograman, diantaranya yaitu:

  1. Dapat digunakan untuk membuat situs web, aplikasi, dan pemrograman lainnya
  2. Lowongan pekerjaan sangat banyak
  3. Dapat membantu Anda menghasilkan uang sebagai freelance
  4. Coding memiliki prospek yang sangat bagus di masa depan.

Panduan dan Mengapa Kamu Harus Belajar Coding

Coding menjadi bidang ilmu yang sangat populer belakangan ini. Bukan hanya karena memiliki jenjang karir yang baik, pemrograman juga dapat digunakan untuk membuat hal-hal keren di dunia digital.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, belajar coding bisa dimulai dari belajar secara otodidak, mengikuti kursus, dan seminar.

Pertama, silahkan menentukan bahasa pemrograman yang ingin dipelajari. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih, mulai dari JavaScript, C++, Phyton, dan masih banyak yang lainnya. Tapi akan lebih baik jika dimulai dari HTML, CSS, dan JavaScript.

Untuk belajar secara otodidak, kamu bisa mulai dengan menonton video tutorial yang ada di YouTube. Berdasarkan pengalaman, Web Programming Unpas adalah konten kreator terbaik yang memberikan berbagai macam tutorial terkait pemroraman.

Bahasa Pemrograman Apa yang Terbaik untuk Dipelajari?

Saat ini, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh programmer untuk membuat suatu program. Program tersebut dapat berupa web, aplikasi, perangkat teknologi, atau bahkan desain.

Nah berikut adalah 4 bahasa pemrograman terbaik versi Ferisp.com:

C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang sangat kuat dan sudah ada sejak lama. Bahasa ini dikenal karena stabilitas dan kecepatan yang menjadikannya pilihan populer untuk pengembangan game dan rekayasa perangkat lunak.

Phyton

Python adalah bahasa serbaguna yang mudah dipelajari dan populer untuk scripting, pengembangan web, dan analisis data.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa yang populer untuk pengembangan web, karena fleksibilitas dan kompatibilitas lintas platformnya.

PHP

PHP adalah pilihan populer untuk pengembangan web, terutama untuk situs web e-commerce. Mudah dipelajari dan memiliki basis dukungan komunitas yang besar.

Aplikasi Pendukung Belajar Coding

Belajar pemrograman tentu belum lengkap tanpa penggunaan aplikasi. Saat ini, ada beberapa aplikasi yang sering digunakan oleh programmer saat ngoding, diantarannya yaitu Visual Studio Code, Sublime Text, dan Notepad++.

Aplikasi di atas didesain khusus untuk membantu programmer dalam penulisan kode atau script. Dan berdasarkan pengalaman, VS Code adalah aplikasi text editor terbaik dengan berbagai macam fitur dan ekstensi yang diberikan.

Cara downloadnya pun sangat mudah, silahkan masuk ke halaman ini dan pilih perangkat yang ingin digunakan. Setelah itu, lanjutkan proses aktivasi dengan mengikuti setiap arahan yang diberikan.

Penutup

Banyak yang bilang kalau belajar coding itu sangat susah. Percaya kawan, susahnya uraian kode yang dituliskan akan sebanding dengan apa yang ingin kamu dapatkan. Apalagi di era serba digital ini, peluang untuk menghasilkan uang juga semakin besar.

Untuk menekuni profesi sebagai seorang coder, pertama silahkan tentukan bahasa yang diminati. Setelah itu, tentukan bagaimana kamu belajar dan mengimplementasikan pelajaran. Dan jika sudah mahir, Anda bisa memulai membuat karya yang bisa menjadi portofolio kamu.

Oh iya, seorang programmer membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Kenapa? Karena kamu juga perlu menyesuaikan tren agar tetap menarik bagi orang lain.

Cukup sekian artikel tentang Panduan dan Mengapa Kamu Harus Belajar Coding ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp