Pengalaman Kena Jingling dan Cara Mengatasinya

Pengalaman Kena Jingling dan Cara Mengatasinya

Pengalaman Kena Jingling dan Cara Mengatasinya - Tak perlu basa-basi, setiap blogger pasti menginginkan agar blog yang ditekuninya memiliki visitor yang banyak. Dari visitor tersebut, kita dapat memperoleh berbagai macam keuntungan, salah satunya adalah penghasilan iklan semakin tinggi.

Tapi bagaimana jika visitor yang masuk tidak organik alias robot autovisitor? Sedih, malas, jengkel, dan galau pastinya. Sudah capek-capek nulis eh malah kena jingling.

Seperti yang telah dijelaskan di artikel-artikel sebelumnya, jingling merupakan robot pengunjung yang dapat diatur sesuai keinginan. Robot tersebut nantinya akan terbaca sebagai pengunjung yang membuat aktivitas trafik menjadi semakin ramai.

Mengapa Jingling Berbahaya?

Karena merupakan robot, trafik yang masuk tentunya akan membuat statistik blog menjadi semakin tidak karuan. Belum lagi dengan efek negatif yang akan ditimbulkan, seperti:

  1. Terkena pembatasan iklan
  2. Blog menjadi deindex
  3. Penurunan peringkat artikel
  4. Statistik blog tidak karuan
  5. Blog dihapus oleh Google.

Oknum yang melakukan aktivitas ini biasanya memiliki banyak alasan, tapi yang paling sering karena ingin menjatuhkan blog orang lain. Pokoknya oknum tersebut memiliki sifat yang dimiliki oleh dajjal (atau bisa dikatakan dajjal versi digital).

Sampai saat ini, ada banyak tools yang biasa digunakan untuk mengirim jingling. Penggunaannya cukup mudah karena hanya perlu membuka website > masukkan URL > dan menekan tombol mulai. Hanya itu dan trafik bot akan terkirim.

Dan berikut adalah contoh statistik blog setelah terkena jingling:

Contoh Statistik Blog Terkena Jingling

Pada gambar di atas, jumlah jingling ternyata lebih banyak dibandingkan trafik organik. Trafik organik adalah pengunjung yang masuk berdasarkan kata kunci melalui search engine. Setelah halaman terbuka, jalur masuk akan tampil sebagai www.google.com atau www.google.co.id (Indonesia).

Tips Mengatasi Jingling dengan Firewall

Meskipun dapat diatasi dengan Google Disavow Link Tools dan Robot.txt, namun ternyata ada cara yang paling ampuh untuk mencegah robot trafik, yaitu dengan mengaktifkan firewall di Cloudflare.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan dan mengkonfigurasi Cloudflare dengan blog, silahkan mengikuti tutorial berikut:

Kunjungi

Setelah mengaktifkan firewall, setiap trafik akan disaring sebelum masuk. Jika memang terbukti sebagai bot, maka akan ditolak dan tidak tampil di statistik blog. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari yang namanya jingling.

Dan berikut adalah tampilan filter yang dilakukan oleh firewall Cloudflare:

Filter Firewall Cloudflare
Daftar jingling yang diblokir setelah mengaktifkan firewall di Cloudflare

Saran untuk Pelaku Jingling

Selama terkena jingling, saya sering berpikir, apa sih yang ada dalam pikiran oknum tersebut? Motifnya apa? Tapi namanya juga manusia, pasti ada orang jahat dan orang baik (terserah dia mau masuk dalam kategori apa).

Tapi dengan adanya Cloudflare, tampaknya mereka akan berpikir ulang untuk pekerjaan yang sia-sia. Dia yang sibuk, kita mah santai aja dan tetap profitable. Sampai tangan putus pun gak akan mempan bre 😂.

Mending waktu yang ada digunakan untuk membuat artikel atau pekerjaan positif lainnya. Kalau memang lagi kehabisan ide, sholat dulu agar pikiran menjadi semakin tenang.

Penutup

Perkembangan teknologi jelas memberikan harapan bagi sebagian orang untuk mulai menghasilkan uang dari internet, contohnya menjadi seorang blogger. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, profesi ini meningkat drastis terutama saat pandemi.

Sebagian besar negara melakukan pengawasan ketat agar penyebaran virus tidak meluas, salah satunya dengan membatasi aktivitas di luar rumah. Dengan begitu, muncullah blogger sebagai alternatif untuk tetap menghasilkan uang.

Namun semakin banyak blogger, potensi untuk terkena jingling juga semakin tinggi pastinya. Semua orang akan melakukan berbagai macam cara agar artikelnya nangkring di peringkat teratas.

Info: Berdasarkan informasi yang dirangkum dari komunitas Blogger, domain yang berusia 3 tahun ke atas tidak akan berdampak signifikan akibat serangan jingling. Hal tersebut bisa ditambah apabila domain terkait rajin melakukan update serta aktif.

Cukup sekian artikel tentang Pengalaman Kena Jingling dan Cara Mengatasinya ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

9 komentar

  1. Semoga mereka berfikir ulang dan terimakasih banyak mas Feri untuk semua tutorial ini, saya dalam hal ini merasa di rugikan atas adanya jingling dan saya akan pantau terus dan akan melaporkan siapapun yang menjingling ke situs aduankonten.id
    1. Aku juga udah laporin gan, terima kasih, baru tau kalau ada halaman aduan konten dari Kominfo.
    2. Iya Mas lebih paham aku masih belajar dan baru setahun ini berjalan blogku sudah tidak ada adsense terkena jingling dan bomklik, amit-amit semoga dijauhkan dari semuanya Mas Ferisp, semoga di lancarkan dan dimudahkan rejekinnya Mas Ferisp dan Keluarga. Iya bila ada yang merugikan tinggal laporkan aja Mas Ferisp.
    3. Amin mas terima kasih banyak, doa yang sama mas Asep.

      Masih di jingling sampai sekarang? Pakai Cloudflare aja, dijamin jingling gak masuk

      Sampai tangan mereka keriting pun bakalan sia-sia.
    4. Allhamdulillah Mas Ferisp untuk sekarang karena memang aku pernah di jingling dan sampai membuat postingan pengalaman kena jingling juga karena saya membaca dulu diblog abang Ferisp dan saya mencoba tutorial mengatasinya waktu itu jadi sampai sekarang Allhamdulillah sudah teratasi. Namun yang sangat saya sayangkan saya terkena imbasnya adsense saya di banned namun saya tidak patah semangat banyak jaoan menuju roma semoga Allah memberikan jalan lagi untuk saya bisa mendaftar lagi adsen.
  2. Rekomendasi yang bagus sekali untuk para blogger yang terkena jingling oleh dajjal digital. Gasskan hu!
    1. Blognya keren banget mas, tutorial dong.
  3. Salam kenal Mas Yudistira Nasution
  4. hallo admin saya mau berpatner dengan blog ini apa syarat nya admin
Chat via WhatsApp