Settingan Robots.txt untuk Mengatasi Jingling di Blog

Settingan Robots.txt untuk Mengatasi Jingling di Blog

Settingan Robots.txt untuk Mengatasi Jingling di Blog - Di artikel kali ini, saya akan kembali membahas masalah jingling atau bot autovisitor. Bagi yang belum tahu, jingling adalah bot yang digunakan untuk mengirimkan trafik ke website lain.

Jingling bekerja secara perlahan dan memberikan dampak yang serius terhadap blog. Dampak tersebut dapat berupa server down, artikel dihapus dari pencarian Google, terkena penalti Google, akun AdSense di-banned, dan masih banyak yang lainnya.

Khusus untuk server sebenarnya hanya akan berpengaruh pada CMS WordPress hosting. Server Blogger sendiri 100% tidak akan berpengaruh karena di-hosting langsung oleh Google.

Namun yang menjadi permasalahan adalah artikel yang akan menurun dan berpotensi terkena penalti. Benarkah demikian? Bisa jadi, karena mesin pencari akan beranggapan bahwa blog terkait menggunakan trafik buatan (meskipun bukan kita yang melakukan).

Lalu, apa yang harus dilakukan? Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jingling tadi. Contohnya seperti Cloudflare, Google Disavow Link Tools, dan setting Robots.txt.

Apa itu Robots.txt?

Robots.txt adalah settingan khusus yang berguna untuk mengatur perayapan blog. Maksudnya adalah, pengguna berhak mengatur siapa saja yang boleh merayapi HTML blog.

Secara default, settingan ini akan dinonaktifkan agar semua robot crawler dapat merayapi suatu web. Namun ada waktu dimana kita hanya ingin menyetel agar hanya Google yang dapat merayapi web kita.

Dan salah satu alasan mengapa kamu sebaiknya mengaktifkan Robots.txt adalah mencegah jingling agar beban server tetap normal. Seperti yang kita bahas sebelumnya, salah satu dampak jingling adalah meningkatkan kinerja server secara berlebihan.

Langsung saja, silahkan ikuti tutorial berikut untuk mengatasi jingling dengan settingan Robots.txt.

Cara Setting Robots.txt untuk Mengatasi Jingling di Blog

  • Masuk ke BLOGGER
  • Pilih menu SETELAN
  • Gulir tombol pada AKTIFKAN ROBOTS.TXT CUSTOM

  • Settingan Robots.txt untuk Mengatasi Jingling di Blog

  • Pilih ROBOTS.TXT CUSTOM dan tempel script berikut ke dalamnya:
  • User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:
    
    User-agent: Googlebot
    Allow: /
    
    Disallow: /search
    User-agent: *
    Disallow: /
    
    Sitemap: https://www.ferisp.com/sitemap.xml

    Jangan lupa mengganti www.ferisp.com dengan URL blog kamu.

  • Pilih SIMPAN
  • Selesai.

Penutup

Sekedar info, search engine membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyimpan pembaruan Robots.txt yang diatur sebelumnya. Jadi tidak langsung bekerja ya guys.

Cukup sekian artikel tentang Settingan Robots.txt untuk Mengatasi Jingling di Blog ini, Terima kasih

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

1 komentar

  1. Tx gan
Chat via WhatsApp