Bahaya Terlalu Sering Mengganti Template Blog dan Web

Bahaya Terlalu Sering Mengganti Template Blog dan Web

Bahaya Terlalu Sering Mengganti Template Blog dan Web - Bagi seorang blogger, template atau tema adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan. Komponen ini berguna untuk menyimpan semua data seperti HTML, CSS, dan JavaScript yang merupakan pondasi untuk keberlangsungan blog.

Belakangan ini, saya sering mendapatkan pertanyaan tentang apakah bahaya mengganti template blog dan web? Mengganti template tentu mempunyai sisi positif dan negatif. Positifnya adalah meningkatkan tampilan halaman serta menghilangkan rasa jenuh.

Negatifnya banyak. Simpelnya, pernahkah kamu melihat web besar seperti sugeng.id atau tribunnews.com mengganti template? Mengubah beberapa bagian saja akan memberikan efek, bagaimana jika diganti total?

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah bahaya mengganti template blog dan web yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Bahaya Terlalu Sering Mengganti Template Blog dan Web

Peringkat Artikel di SERP Menurun

Banyak sumber yang mengatakan bahwa mengganti template dapat menurunkan peringkat artikel. Setiap template yang banyak beredar saat ini memiliki kualitas yang berbeda-beda, entah dari segi kecepatan, responsif, struktur, dan tentunya SEO.

Bagus saja jika template baru lebih berkualitas dibandingkan yang lama. Jika kebalikannya? Secara perlahan, peringkat artikel akan otomatis menurun yang juga akan berpengaruh pada trafik dan penghasilan.

Trafik atau Visitor Menurun

Masih berkaitan dengan poin di atas, menurunnya peringkat artikel tentu akan berdampak pula pada visitor. Selain itu, trafik yang menurun juga biasa terjadi karena template yang memiliki loading lambat.

Dengan menurunnya trafik, penghasilan dari iklan juga otomatis akan menurun. Maka dari itu, penting untuk menggunakan template yang berkualitas dan ringan.

Beban Blog Semakin Berat

Mengganti template secara terus-menerus biasanya dilakukan oleh blogger pemula. Mereka selalu menginginkan tampilan halaman yang keren untuk meningkatkan pengunjung.

Berbagai widget pun dipasang yang ujung-ujungnya memberatkan loading blog. Seperti yang kita tahu, semakin banyak script yang dipasang, semakin berat pula template blog.

Banyak Waktu Terbuang Sia-sia

Mengganti template jelas membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Harus edit HTML, CSS, JavaScript, SEO, widget, tata letak, menu navigasi, iklan, dan masih banyak yang lainnya.

Waktu yang harusnya digunakan untuk membuat artikel menjadi berkurang akibat ego yang tinggi. Bagus saja jika trafik meningkat dengan template baru, bagaimana jika sebaliknya? Bukankah itu menjadi pekerjaan yang sia-sia?

Menghilangkan Ciri Khas

Terlalu sering mengganti template akan memberikan anggapan bahwa blog tidak memiliki ciri khas. Website besar dan populer biasanya menggunakan template paten untuk memberikan nuansa yang berbeda dengan website lain.

Penutup

Memang tidak ada salahnya jika ingin mengganti template blog. Tapi sebelum itu, pastikan kalau template baru memang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Jangan sampai sudah keluar uang banyak namun hasilnya mengecewakan, bukannya untung malah buntung.

Cukup sekian artikel tentang Bahaya Terlalu Sering Mengganti Template Blog dan Web ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp