Cara Menghitung Bunga Tabungan dan Deposito di SeaBank

Cara Menghitung Bunga Tabungan dan Deposito di SeaBank

Masih berkaitan dengan artikel sebelumnya, kali ini, saya akan membagikan informasi mengenai Cara Menghitung Bunga Tabungan dan Deposito di SeaBank. Seperti yang kita tahu, SeaBank menjadi aplikasi perbankan yang sangat populer digunakan untuk menabung.

Banyak alasan mengapa mereka menggunakan SeaBank, salah satunya adalah bunga tabungan yang tinggi, yaitu 5% p.a. Artinya, kamu bisa mendapatkan tambahan saldo senilai 5% dari total saldo yang kamu miliki.

Selain itu, SeaBank juga menyediakan fitur deposito yang bunganya lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan. Berdasarkan pengalaman, bunga deposito SeaBank dibedakan menjadi dua jenis, yaitu 6% untuk jangka waktu satu bulan dan 7% untuk jangka waktu tiga bulan.

Lalu bagaimana cara menghitung suku bunga untuk mengetahui penghasilan? Lebih jelasnya silahkan disimak.

Cara Menghitung Bunga Tabungan dan Deposito di SeaBank

Menghitung bunga tabungan dengan deposito sebenarnya sama saja, yang membedakan cuma besaran suku bunga serta adanya jangka waktu pada deposito. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menghitung suku bunga dengan contoh saldo sebesar Rp. 1.000.000.

Bunga Tabungan

Total saldo × 5% ÷ 365 hari

1.000.000 × 5% ÷ 365 hari = Rp. 136,986 (dibulatkan menjadi Rp. 137.)

Jika dikalkulasikan selama satu bulan, maka kamu akan mendapat total bunga sebanyak Rp. 4.110.

Bunga Deposito

Total deposito × 6% (Jangka Waktu Deposito / 365 hari)

1.000.000 × 6% × 30 hari ÷ 365 hari = Rp. 4.931.

Selain menggunakan rumus, kamu juga bisa menggunakan fitur penghitungan bunga secara otomatis yang disediakan oleh SeaBank. Untuk cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetikkan saldo yang nantinya akan dikalkulasikan secara otomatis menjadi bunga harian dan bulanan.

Perbandingan Keuntungan Bunga

Jika ditanya mana yang lebih menguntungkan, tentu saja jawabannya adalah deposito. Penghasilan bunga tabungan dengan saldo Rp. 1.000.000 selama satu bulan adalah Rp. 4.110. Sedangkan penghasilan bunga deposito dengan saldo Rp. 1.000.000 selama satu bulan adalah Rp. 4.931.

Tapi khusus untuk deposito, kamu hanya bisa mencairkan bunga setelah jangka waktu deposito telah berakhir. Untuk itu, kamu bisa menjadikan deposito sebagai investasi jangka panjang dengan penghasilan yang lebih tinggi tentunya.

Penutup

Menghitung suku bunga dari setiap investasi penting untuk mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan. Karena rumus perhitungannya telah dijelaskan, silahkan memilih jenis investasi yang akan digunakan.

Cukup sekian artikel tentang Cara Menghitung Bunga Tabungan dan Deposito di SeaBank ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp