Cara Membuat CV atau Curriculum Vitae di Canva

Cara Membuat CV atau Curriculum Vitae di Canva

Di artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial Cara Membuat CV atau Curriculum Vitae di Canva. Artikel ini mungkin cocok buat kamu yang ingin membuat CV di HP secara online. Meskipun hanya bermodalkan HP, tapi hasilnya juga bagus kok!

Canva adalah aplikasi yang sangat populer beberapa tahun terakhir. Di era teknologi seperti sekarang ini, kehadiran Canva jelas sangat penting untuk membantu pengguna dalam berbagai hal.

Canva adalah aplikasi desain atau editing yang dapat digunakan untuk membuat gambar, video, kartu nama, ebook, CV, dan masih banyak yang lainnya. Khusus untuk nama terakhir, kamu bisa membuat CV tanpa harus memiliki laptop atau komputer.

Ya, Canva telah support berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan PC. Dibandingkan menggunakan Microsoft Word, penggunaan Canva jelas lebih efektif dengan semua kemudahan serta fitur-fitur yang disediakan.

Curriculum Vitae adalah dokumen atau file yang berisikan daftar riwayat hidup yang meliputi:
  1. Biodata atau data diri
  2. Riwayat pendidikan
  3. Riwayat pekerjaan
  4. Prestasi dan keahlian.

Khusus buat kamu yang sedang ingin melamar kerja, langsung saja download aplikasi Canva dan buat CV secara gratis. Tapi gratis bukan asal-asalan ya, kamu akan disediakan berbagai macam template yang keren dan menarik meskipun sebagai pengguna non premium.

Cara Membuat CV atau Curriculum Vitae di Canva

  • Buka aplikasi CANVA
  • Pilih menu TEMPLATE

  • Cara Membuat CV atau Curriculum Vitae di Canva

  • Pada kolom pencarian, ketik CV

  • Cara Membuat CV atau Curriculum Vitae di Canva

  • Pilih template yang ingin diedit dan digunakan
  • Kamu akan dialihkan ke halaman editor, sesuaikan setiap elemen dengan data kamu
  • Selesai.

Setelah diedit, jangan lupa untuk menyimpan CV ke galeri perangkat dengan menekan ikon simpan di bagian atas. Oh iya, kamu akan disediakan tiga opsi saat mendownload file, yaitu JPG, PNG, dan PDF.

Catatan: Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya pilih format PDF (Portable Document Format) karena biasanya lebih disukai oleh HRD.

Jika ingin membuat secara manual, pastikan untuk menggunakan ukuran kertas A4 yaitu 21x29,7 cm. Setelah diinput, Canva akan otomatis mendeteksi ukuran tersebut sebagai resume.

Penutup

Hampir semua HRD saat ini menyukai CV yang lengkap disertai dengan tampilan yang menarik. Dua hal tersebut jelas memberikan kesan bahwa kamu adalah pekerja yang kreatif dan dapat menguntungkan perusahaan.

Nah dengan Canva, kamu bisa membuat desain CV yang menarik sesuai keinginan. Jika tidak ingin repot atur ini itu, silahkan menggunakan template yang banyak disediakan.

Sebagai kesimpulan, berikan desain yang terbaik agar kesempatan untuk diterima menjadi lebih besar 🙏.

Cukup sekian artikel tentang Cara Membuat CV atau Curriculum Vitae di Canva ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp