Ukuran Desain untuk Membuat Ebook di Canva

Ukuran Desain untuk Membuat Ebook di Canva

Ukuran Desain untuk Membuat Ebook di Canva - Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang paling banyak digunakan saat ini. Di Google Play Store saja, Canva telah di-download lebih dari 100 juta kali.

Tingginya angka download tersebut bukan tanpa alasan, dengan Canva, kamu bisa membuat beberapa desain sekaligus. Misalnya seperti thumbnail, logo, gambar desain, atau bahkan ebook.

Hah, ebook? Ya, ternyata Canva juga bisa digunakan untuk membuat ebook atau buku elektronik. Pembuatannya juga sangat mudah karena banyaknya template yang disediakan secara gratis.

Apa itu Ebook?

Penting untuk mengetahui pengertian ebook apalagi di era teknologi seperti sekarang ini. Ebook (bahasa Inggris: electronic book) adalah buku yang diterbitkan dalam versi elektronik atau digital. Dengan ebook, pengguna tidak perlu lagi menggunakan media cetak yang mahal untuk merilis sebuah buku.

Pembuatannya juga sangat mudah karena sudah banyak aplikasi atau situs yang bisa digunakan untuk membuat ebook, salah satunya adalah Canva. Karena zaman telah berubah, para pembaca juga cenderung bergeser dari yang sebelumnya menggunakan buku fisik menjadi buku elektronik.

Dibandingkan membeli langsung di toko buku seperti Gramedia, mending download atau beli saja di internet. Selain lebih mudah, pilihan buku juga lebih beragam.

Kembali ke pembahasan, untuk membuat ebook di canva, kamu tidak perlu berlangganan paket premium atau bayar ini itu. Semuanya gratis dan dapat dilakukan dengan mudah.

Berapa Ukuran Kertas untuk Membuat Ebook di Canva?

Untuk membuat ebook, kamu hanya perlu menggunakan resolusi portrait dengan ukuran 512x800 piksel. Rinciannya yaitu lebar 512 piksel dan tinggi 800 piksel.

Setelah memasukkan ukuran di atas, Canva akan otomatis menampilkan notifikasi bahwa ukuran tersebut merupakan Sampul eBook. Lebih jelasnya seperti berikut:

Ukuran Desain untuk Membuat Ebook di Canva

Cara Mengatur Ukuran Desain untuk Membuat Ebook di Canva

  • Buka aplikasi CANVA
  • Pilih ikon tambah
  • Pilih UKURAN KHUSUS
  • Atur LEBAR dan TINGGI menjadi seperti berikut:

  • Ukuran Desain untuk Membuat Ebook di Canva

  • Pilih BUAT DESAIN BARU
  • Selesai.

Penutup

Setelah melakukan tutorial di atas, layer akan otomatis menjadi portrait mengikuti ukuran ebook. Selanjutnya, silahkan membuat desain sendiri atau bisa menggunakan template yang ada.

Oh iya, bagaimana jika ukuran piksel ingin diubah ke format ukuran lain? Silahkan gunakan ukuran berikut:

LebarTinggiSatuan
512800piksel
5,3338,333inci
135,458211,658mm
13,54621,166cm.

Cukup sekian artikel tentang Ukuran Desain untuk Membuat Ebook di Canva ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp