Cara Berhenti Berlangganan Email Marketing yang Mengganggu

Cara Berhenti Berlangganan Email Marketing yang Mengganggu

Cara Berhenti Berlangganan atau Unsubscribe Email yang Mengganggu - Saat registrasi akun di salah satu aplikasi atau web, pengguna biasanya diarahkan untuk memasukkan email untuk mendaftar. Email tersebut nantinya berfungsi sebagai identitas yang dapat digunakan untuk login.

Tapi setelah mendaftar, kotak masuk tiba-tiba dipenuhi email tidak jelas dari aplikasi dan web tadi. Kita sebagai pengguna pasti akan merasa risih dan terganggu dengan setiap notifikasi yang muncul, kotak masuk yang berantakan, dan ruang penyimpanan yang penuh.

Sekedar informasi, email tersebut biasa juga disebut dengan email marketing atau Newsletter. Pelaku bisnis biasa menggunakan newsletter untuk mempromosikan produk dan jasa kepada setiap pelanggannya.

Info: Produk dan jasa bisa berarti banyak hal, seperti promo, diskon, artikel, video, dll.

Tapi sebelum lanjut ke tutorialnya, ada baiknya untuk mengetahui mengapa email marketing bisa masuk ke email.

Bagaimana Email Marketing Bisa Masuk?

Sebenarnya banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi, salah satunya seperti yang telah dijelaskan di atas. Saat registrasi akun, pengguna biasanya memasukkan email (Gmail atau Yahoo) sebagai syarat pendaftaran.

Nah setelah mendaftar, alamat email otomatis akan tersimpan di database yang nantinya akan dikirimkan newsletter. Contoh kecilnya seperti berikut:

Cara Berhenti Berlangganan Email Marketing yang Mengganggu

Dapat dilihat dengan jelas, pengguna diarahkan agar memasukkan email untuk mendaftar atau berlangganan. Setelah email dimasukkan, maka sistem akan otomatis mengirim email jika ada update terbaru yang dibagikan.

Cara Berhenti Berlangganan Email Marketing

Untuk berhenti berlangganan atau Unsubscribe sebenarnya sangat mudah. Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak sampai akhir.

  • Masuk ke penyedia email yang digunakan
  • Buka email yang sekiranya mengganggu
  • Cari dan tekan BERHENTI BERLANGGANAN atau UNSUBSCRIBE (biasanya terletak di bagian bawah)

  • Cara Berhenti Berlangganan Email Marketing yang Mengganggu

  • Setelah ditekan, kamu biasanya akan diarahkan ke halaman tertentu yang menjelaskan berhenti berlangganan telah berhasil
  • Selesai.

Kelebihan Berhenti Berlangganan Email Marketing

Ada banyak manfaat jika kamu memilih untuk berhenti berlangganan, diantaranya yaitu:

  1. Tampilan lebih rapi dan nyaman dipandang mata
  2. Ruang penyimpanan tetap aman dan stabil
  3. Menghemat penggunaan kuota data
  4. Terhindar dari aktivitas pencurian data
  5. Terhindar dari email berbahaya.

Penutup

Bagi sebagian orang, newsletter tentu sangat berguna untuk mempromosikan setiap produk dan jasa terbaru mereka. Tapi di lain sisi, sebagian besar orang juga kadang merasa terganggu dengan setiap email yang masuk setiap hari, bahkan bisa dikatakan sebagai spam.

Semakin banyak email yang masuk, ruang penyimpanan juga semakin penuh. Ujung-ujungnya, ukuran aplikasi akan semakin membengkak yang tentu mempengaruhi kinerja perangkat.

Belum lagi masalah notifikasi yang sering mengganggu. Itulah alasan mengapa artikel ini saya bagikan untuk membantu kamu yang merasa risih dengan setiap email promosi yang masuk setiap hari.

Jika memang merasa tidak penting-penting amat, sebaiknya di unsubscribe saja. Selain terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, caranya juga sangat mudah.

Cukup sekian artikel tentang Cara Berhenti Berlangganan Email Marketing yang Mengganggu ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Provider, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar

Chat via WhatsApp