Tips Mengatasi HP yang Lag Saat Bermain Game

Tips Mengatasi HP yang Lag Saat Bermain Game

Ferisp.com - Bermain game merupakan aktifitas yang sangat digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Semua kalangan bisa melakukan kegiatan ini dengan mudah, mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa. Perkembangan teknologi ditambah dengan banyaknya game yang bisa dimainkan menjadi faktor utama mengapa kegiatan ini banyak digemari.

Banyaknya game yang ada tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi setiap gamers. Game yang dimainkan tentunya harus disesuaikan dengan kondisi perangkat yang digunakan. Perangkat yang paling banyak digunakan saat ini untuk bermain adalah HP dan PC.

Saat bermain game, mungkin Anda sering mengalami lag yang cukup mengganggu jalannya permainan. Lag tersebut terjadi karena berbagai alasan, seperti perangkat yang digunakan, aplikasi, serta jaringan.

Saat membeli HP baru, mungkin Anda tidak akan mendapati permasalahan lag dan lemot. Namun seiring berjalannya waktu, permainan yang sebelumnya lancar akan menjadi lag, lemot, dan patah-patah.

Tips Mengatasi HP yang Lag Saat Bermain Game

Bersihkan Cache HP

Cache merupakan data yang tersimpan setelah menggunakan aplikasi tertentu. Pada dasarnya, terdapat aplikasi yang bisa menghapus cache secara otomatis sehingga tidak menimbulkan beban RAM yang tinggi.

Anda wajib untuk membersihkan cache setiap menggunakan banyak aplikasi. Penghapusan cache sendiri harus dilakukan secara manual dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan penghapusan cache tersebut, pergerakan perangkat bisa semakin baik saat bermain game.

Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Banyaknya aplikasi yang tersedia dengan kegunaan tertentu akan membuat seseorang untuk menginstal tanpa memperhatikan kapasitas perangkat yang mereka punya.

Banyaknya aplikasi yang diinstal tersebut akan membuat kinerja HP menjadi lebih lambat dari biasanya. Hal tersebut akan semakin bertambah apabila terdapat banyak notifikasi yang masuk di latar belakang HP.

Oleh karena itu, pastikan untuk uninstall aplikasi yang tidak penting agar HP bisa digunakan bermain game dengan lancar.

Tutup Semua Aplikasi yang Tidak Digunakan di Latar Belakang

Sangat sering terjadi dimana pengguna lupa untuk menutup semua aplikasi yang tidak digunakan di latar belakang. Hal tersebut tentu akan membuat HP bekerja secara berlebihan. Dengan proses kerja yang berlebihan tersebut, HP akan menjadi lebih lambat dan lag.

Sebelum bermain game, pastikan untuk menutup semua aplikasi yang tidak digunakan di latar belakang agar bisa digunakan dengan lancar tanpa adanya lag sama sekali.

Jangan Bermain Sambil Charging

Masalah lag juga sering terjadi pada saat HP memiliki suhu yang panas. Biasanya, perangkat ini akan menjadi lebih panas saat mode charging atau pengisian baterai.

Hal tersebut bisa bertambah apabila bermain game sambil mengisi baterai. Bisa dibayangkan, bagaimana processor HP bekerja dengan sangat keras. Untuk itu, hindari bermain game pada saat mode charging, hal tersebut hanya akan membuat permainan menjadi tidak menyenangkan. Selain itu, kualitas baterai perangkat juga akan semakin meburuk.

Menggunakan Wifi

Game online sangat membutuhkan kualitas jaringan yang stabil dan cepat. Saat bermain, kadang terjadi lag walaupun sudah menggunakan jaringan 4g. Jika Anda bermasalah dengan kualitas jaringan operator seluler yang digunakan, maka wifi bisa menjadi solusi yang instan.

Pastikan Kapasitas RAM Masih Tersedia Banyak

RAM sangat berpengaruh terhadap kinerja suatu HP. Semakin banyak data yang dimiliki, semakin lambat pula perangkat untuk bekerja. Jika ingin bermain dengan lancar, pastikan untuk menghapus data-data yang kurang penting.

Update Perangkat Lunak HP

Update perangkat lunak bertujuan untuk memberikan inovasi-inovasi baru pada kinerja suatu HP. Selain itu, pihak pengembang perangkat juga akan memperbaiki masalah-masalah dengan memberikan update untuk memberikan kualitas penggunaan yang lebih baik dan nyaman.

Update Aplikasi Game

Bukan hanya perangkat lunak, Anda juga wajib untuk selalu update aplikasi yang dimainkan. Untuk update aplikasi tersebut, silahkan buka aplikasi Google Play Store atau App Store.

Penutup

HP yang lag atau lemot biasanya terjadi karena tiga faktor yaitu perangkat yang digunakan, aplikasi, dan jaringan. Anda bisa melakukan tips di atas dengan tetap mengacu pada standar kewajaran yang ada.

Jika tips di atas sudah dilakukan namun masih mengalami lag, Anda sebaiknya mengganti perangkat yang Anda gunakan dengan perangkat baru yang memiliki besaran RAM yang lebih banyak. Dengan begitu, resiko lag akan berkurang.