Apakah Rewrite Artikel Blog Boleh Dilakukan?

Apakah Rewrite Artikel Blog Boleh Dilakukan?

Ferisp.com - Halo teman-teman semua, kembali lagi ke blog yang sangat sederhana ini. Kali ini, saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang masalah rewrite artikel dalam aktifitas blogging. Apakah diperbolehkan atau tidak? Apakah bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari? Apakah ada tindak pidana yang bisa diakibatkan dari penulisan artikel tersebut? dan, Apakah bisa diandalkan untuk mendapatkan visitor?

Mungkin pertanyaan di atas sangat sering muncul di pikiran Anda semua. Ya, seperti biasa, sebelum membahas lebih jauh tentang masalah rewrite, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kata rewrite itu sendiri.

Secara bahasa, kata Rewrite berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua suku kata, yaitu Re dan Write. Dalam pencarian informasi terkait pengertian kata rewrite tersebut, saya menggunakan fitur Google yang bernama Google Translate.

Nah, menurut Google Translate, kata Re berarti Kembali, sedangkan kata Write berarti Menulis. Jika digabungkan menjadi satu kata, maka Rewrite berarti Menulis Kembali. Secara sederhananya saja, pengertian dari kata tersebut bisa diartikan atau didefinikasikan sebagai Menulis Ulang.

Dari ke dua pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa, kegiatan rewrite memang benar adanya dan bisa dilakukan oleh siapapun dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku tentunya. Lalu, bagaimana sih cara menulis ulang artikel yang baik dan benar?

Menurut yang pernah saya baca di forum bantuan Blogger, Google lebih mengutamakan tulisan yang memang benar-benar unik dan tidak pasaran. Tapi, bukan berarti artikel rewrite akan dikesampingkan.

Apabila Anda sedang bingung atau kehabisan ide dalam pembuatan konten, silahkan saja, tidak ada yang melarang kok. Namun, setelah menulis ulang artikel dari orang lain, pastikan hasil tulisan ulang tersebut memang lebih baik dibandingkan artikel aslinya. Lalu, bagaimana cara mengukur kelebihan dari suatu artikel rewrite? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya sangat mudah:

  1. Bebas plagiat
  2. Informasi yang lebih lengkap dan mendalam
  3. Informasi yang lebih terbarukan atau sesuai dengan fakta sekarang ini.

Tiga poin di atas merupakan nilai yang mutlak harus dipenuhi setelah menulis. Cukup mudah bukan? Untuk proses penulisan sendiri, berikut ini adalah tips yang telah saya rangkum dari berbagai sumber:

Cara Menulis Artikel Rewrite yang Baik dan Benar

Pelajari Terlebih Dahulu

Sebelum memulai penulisan, pahami terlebih dahulu pembahasan artikel yang akan Anda tulis ulang. Hal tersebut berguna untuk memberikan wawasan atau pengetahuan lebih pada saat menulis.

Saran dari saya, sebaiknya baca berulang-berulang artikel target Anda terlebih dahulu hingga benar-benar yakin. Ingat, jangan setengah-setengah.

Tujuan kita di sini adalah mengubah suatu artikel tulisan menjadi lebih informatif, lebih terbarukan, dan lebih lengkap. Oleh karena itu, pemahaman topik menjadi salah satu hal yang harus dilakukan.

Tulis Sesuai dengan Pembawaan yang Biasanya

Ibaratnya begini, jika Anda sehari-hari menggunakan kata Lo dan Gue dalam berkomunikasi, lantas berubah dalam sekejap menjadi Aku dan Kamu, apa yang terjadi?

Bisa-bisa Anda akan dianggap aneh atau PDKT wkwk. Nah, sama dengan pembaca dan mesin pencari. Jika sebelumnya menggunakan kata yang baku, ya sebaiknya jangan diubah.

Jelaskan Secara Lebih Lengkap dan Mendalam

Ingat prinsip kita yang pertama? Google tidak menyukai artikel yang sudah sangat pasaran. Buat apa artikel tersebut diindeks ke peringkat yang tinggi apabila stok informasi yang ada dan berkaitan dengan topik serupa sudah sangat banyak.

Supaya artikel yang Anda tulis ulang bisa diperhitungkan oleh mesin pencari, pastikan tulisan tersebut memang lebih baik dan lebih lengkap dari apa yang ada saat ini. Kalau artikel bisa bicara, "Minggir oi, gue lebih tampan nih" hahaha.

Ibaratkan Google adalah cewek, artikel asli adalah cowok lain, nah Anda yang jadi artikel rewrite wkwk. Kalau Anda lebih tampan, lebih baik, dan lebih sempurna, otomatis Google lebih suka Anda dong, ya kan? Lanjuuut.

Berikan Atribusi

Bagi yang belum tahu saja, atribusi merupakan sebuah penghormatan atau izin kepada pemilik karya asli atas penggunaan ulang suatu karya. Karena berbicara tentang artikel, maka yang saya maksud pemilik tersebut adalah penulis artikel itu sendiri.

Hargailah sesama penulis dengan memberikan sedikit kredit atau penghormatan atas apa yang telah Anda ambil dan gunakan dari mereka. Untuk memberikan atribusi, tidak perlu yang muluk-muluk, Anda bisa memberikan akses ke situs atau blog mereka dengan menautkan link nofollow.

Pastikan Bebas Plagiat

Ini juga merupakan poin yang sangat penting untuk diperhatikan. Setelah menulis artikel, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu plagiasi dari tulisan tersebut. Jangan sampai ada paragraf yang sama persis dengan artikel lain.

Untuk melakukan pengecekan plagiat, silahkan memilih situs yang banyak tersedia di Google. Untuk mempermudah Anda dalam melalukan pengecekan tulisan tersebut, berikut ini adalah situs yang menyediakan pengecekan tulisan secara gratis:

  1. 1Text
  2. Duplichecker
  3. Plagiarism Detector
  4. Search Engine Reports
  5. Small SEO Tools.

Selain lima situs gratis di atas, masih sangat banyak yang bisa Anda gunakan. Agar lebih meyakinkan, Anda bisa menggunakan lima situs di atas agar tulisan benar-benar bebas plagiat. Bagi Anda yang ingin menggunakan situs pengecekan tulisan yang premium atau berbayar, maka Copyscape menjadi yang paling saya rekomendasikan.

Hal-hal Kecil Lainnya

  1. Jangan menggunakan judul yang sama persis dengan judul artikel asli
  2. Selain judul, permalink atau URL juga harus beda dengan yang aslinya
  3. Ini juga penting, jangan menggunakan thumbnail dan gambar yang sama dengan artikel asli
  4. Sebaiknya gunakan tiga referensi artikel sebagai bahan konten
  5. Perhatikan setiap kata, jangan sampai ada yang typo.

Contoh Penulisan Ulang / Rewrite

Artikel Asli

Feris Prayuda merupakan blogger yang berasal dari Indonesia. Selain bekerja sebagai penulis, Feris juga merupakan seorang pegawai hotel yang ada di daerahnya.

Artikel Rewrite

Mungkin Anda sudah sangat kenal dengan seorang blogger yang berasal dari Indonesia, yaitu Feris Prayuda. Blogger yang akrab dipanggil Feris tersebut merupakan seorang penulis yang juga merangkap menjadi seorang pekerja di salah satu hotel terbesar yang ada di Makassar.

Penutup

Melakukan penulisan ulang artikel atau tulisan memang tidak ada salahnya, dan sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi, jangan lupa untuk tetap mematuhi prosedur-prosedur yang ada, entah itu yang berkaitan dengan mesin pencari maupun penulis asli. Bukan berarti bisa dilakukan, terus Anda seenaknya saja untuk menulis apa yang tidak diperbolehkan. Tidak begitu!

  1. Lebih puas dan bangga dengan hasil karya sendiri
  2. Melatih intelektual diri dalam hal penulisan
  3. Mau beda dari yang lain.

Karena jarang melakukan kegiatan rewrite, bukan berarti saya anti artikel rewrite ya kawan. Jika memang lebih baik dan berkualitas, kenapa tidak?

Demikian artikel kali ini saya buat, mudah-mudahan bisa dipahami dengan jelas. Sebenarnya masih ingin bercerita panjang lebar, namun karena keterbatasan waktu dan kesibukan yang ada, saya rasa pembahasan kali ini cukup sampai di sini saja. Sampai jumpa.