Cara Mudah Cek Nomor Seri (ICCID) Kartu SIM di Berbagai Operator

Cara Mudah Cek Nomor Seri (ICCID) Kartu SIM di Berbagai Operator

Cara Cek ICCID Kartu SIM di Berbagai Operator - Pengguna teknologi khususnya smartphone saat ini diuntungkan dengan banyaknya pilihan provider yang bisa digunakan untuk keperluan komunikasi. Ya, kartu SIM menjadi kebutuhan penting untuk mengoperasikan perangkat agar terhubung satu sama lain atau terhubung ke jaringan internet.

Berbicara tentang kartu SIM tentu tidak lepas dari proses registrasi pada awal penggunaan. Beberapa tahun belakangan, pemerintah melalui MENKOMINFO memperketat registrasi kartu yang wajib melampirkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Bahkan provider Tri (3) memberikan persyaratan yang lebih ketat dengan mewajibkan pengguna memasukkan nomor seri atau yang biasa dikenal dengan serial number (ICCID). Itulah yang akan kita bahas di artikel kali ini.

Apa itu ICCID?

ICCID adalah singkatan dari Integrated Circuit Card Identifier yang merupakan kumpulan kode atau karakter yang biasanya terdiri dari 13 sampai 20 digit. Nomor seri tersebut diatur sedemikian rupa untuk membedakan setiap produk yang dipasarkan.

Adapun nomor seri dibuat berdasarkan kode industri, kode negara, kode penerbit, nomor unik, dan huruf unik.

Cara Cek Nomor Seri (ICCID) Kartu SIM

Cek Bagian Belakang Kartu SIM

Saat membeli kartu SIM, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah melihat data-data yang ada di balik kartu. Di bagian itulah terdapat nomor seri yang kita butuhkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan cek bagian berikut:

  1. Di balik pembungkus
  2. Di balik cangkang kartu
  3. Di balik kartu SIM.

Lalu bagaimana jika bagian kartu telah pudar atau hilang? Jika demikian, silahkan simak cara kedua berikut:

Via Menu Pengaturan

Bisa dibilang, poin ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengecek menu pengaturan di perangkat yang digunakan. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkah berikut:

  • Pastikan untuk memasang kartu yang ingin dicek
  • Buka menu PENGATURAN
  • Pilih TENTANG PONSEL

  • Cara Mudah Cek Nomor Seri (ICCID) Kartu SIM di Berbagai Operator

  • Maka nomor seri akan langsung tampil dengan nama IMEI (slot 1) dan IMEI (slot 2)

  • Cara Mudah Cek Nomor Seri (ICCID) Kartu SIM di Berbagai Operator

  • Selesai.

Tangkapan layar di atas diambil di HP Samsung, silahkan menyesuaikan berdasarkan jenis perangkat Anda.

Via Aplikasi

Untuk cara ketiga ini, kita membutuhkan satu aplikasi yang bernama Sim Serial Number (ICCID). Tapi tenang saja, Anda bisa mendapatkan dengan mudah di Google Play Store atau App Store. Ukurannya juga cukup ringan yang hanya 3 MB.

Sim Serial Number (ICCID) / Google Play Store
Sumber: Sim Serial Number (ICCID) / Google Play Store

Setelah mendownload aplikasi, nomor seri akan langsung muncul seperti berikut:

Sim Serial Number (ICCID)
Sumber: Sim Serial Number (ICCID)

Pada gambar di atas, ada semacam peringatan yang ditampilkan. Apa sih maksudnya? Intinya adalah, silahkan menekan tombol Original untuk hasil yang lebih akurat.

This ICCID was fixed by code, should be OK (some operators intentionally write wrong ICCID in readable SIM data to make it difficult for you to change them) if you want to see how it's stored on the SIM anyway press the button 'Original'.
ICCID ini disempurnakan dengan kode, seharusnya OK (beberapa operator sengaja menulis ICCID yang salah di data SIM agar susah diubah oleh Anda) jika Anda ingin melihat bagaimana itu disimpan di SIM, tetap tekan tombol 'Original'.

Penutup

Berdasarkan cara di atas, poin kedua bisa saya katakan sebagai cara yang paling mudah. Selain itu, hasil yang ditampilkan juga lebih akurat karena menggunakan sistem bawaan perangkat.

Sedangkan aplikasi yang saya gunakan di poin ketiga hanya satu dari sekian banyaknya aplikasi pengecek ICCID yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Untuk lebih jelasnya, silahkan buka halaman ini.

Cukup sekian artikel tentang Cara Mudah Cek Nomor Seri (ICCID) Kartu SIM di Berbagai Operator ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Jaringan, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar