Apa itu Clubhouse, Aplikasi yang Sedang Viral?

Apa itu Aplikasi Clubhouse, Aplikasi yang Sedang Viral?

Apa itu Clubhouse?

Belakangan ini, dunia maya sedang digegerkan dengan viralnya aplikasi media sosial baru yang bernama Clubhouse. Clubhouse adalah aplikasi berbagi pesan suara yang didirikan oleh Paul Davison dan Rohan Seth dari Alpha Exploration pada tahun 2020.

Aplikasi ini viral semenjak direkomendasikan oleh beberapa tokoh besar dunia. Tidak butuh waktu lama, para netizen langsung tertarik karena bisa dikatakan beda dari yang lain.

Sekilas, aplikasi ini sangat mirip dengan podcast yang menjadikan suara sebagai objek utama. Walaupun mirip, Clubhouse tetap mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan podcast tersebut.

Kelebihan Aplikasi Clubhouse

Salah satu kelebihan yang bisa didapatkan adalah pengguna bisa membuat grup percakapan suara via undangan baik sebagai pendengar maupun sebagai pembicara. Mirip radio dong? Ya, bisa dikatakan begitu.

Untuk saat ini, aplikasi ini hanya tersedia untuk peranngkat iOS. Namun dengan kepopuleran yang ada, Android tentu menjadi pasar selanjutnya yang dibidik oleh pihak pengembang mengingat jumlah penggunanya yang sangat banyak.

Menurut Velysia Zhang melalui akun YouTubenya, Anda hanya bisa menggunakan layanan aplikasi apabila diinvite oleh orang yang telah bergabung dengan grup. Setelah bergabung, Anda akan melihat orang-orang yang qualified atau memiliki kredibilitas tinggi dalam berbicara.

Masih menurut sumber yang sama, adapun isi percakapan yang dilakukan sangatlah spontaneous karena terjadi begitu saja (langsung).

Voice Chat

Cara Daftar Clubhouse

Untuk melakukan pendaftaran, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, silahkan mendaftarkan nomor telepon terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam daftar tunggu. Setelah itu, silahkan menunggu hingga admin memverifikasi nomor telepon Anda.

Cara selanjutnya yaitu dengan menerima invitation dari teman yang telah bergabung. Nantinya, Anda akan dikirimkan SMS berupa kode yang digunakan untuk verifikasi akun.

Setelah berhasil masuk, atur profil Anda agar menjadi lebih menarik dan lebih meyakinkan untuk diikuti oleh pengguna lain. Ya, Anda bisa follow satu sama lain sebagai bentuk pertemanan.

Cara Menggunakan Clubhouse

Di dalam grup, terdapat tiga jenis status untuk setiap anggota, yaitu Moderator, Speaker, dan Listener. Oke kita bahas satu per satu.

1. Moderator

Moderator adalah role pertama yang berguna untuk mengatur jalannya komunikasi antar anggota di suatu grup. Selain itu, moderator diberikan keleluasaan untuk menambahkan seseorang sebagai speaker atau pembicara.

2. Speaker

Speaker adalah role selanjutnya yang memiliki peran sebagai pembicara atau narasumber. Dengan role ini, Anda bisa dengan bebas menyuarakan opini-opini untuk disampaikan kepada pendengar.

3. Listener

Listener adalah role terakhir yang hanya bisa mendengarkan pembicara dalam menyalurkan opini atau informasi mereka. Jika ingin mengajukan pertanyaan, Anda bisa menggunakan fitur Rise Your Hand sebelum disetujui oleh moderator.

Sekilas Tentang Clubhouse

Nama Clubhouse: Drop-in audio chat
Pendiri Paul Davison dan Rohan Seth
Pengembang Alpha Exploration Co
Tahun Perilisan 2020
Negara Perilisan Amerika Serikat
Platform iOS
Website www.joinclubhouse.com
Pasar Seluruh negara.

Pastikan mengunduh aplikasi melalui App Store atau website resmi Clubhouse berikut:

Penutup

Menarik dinantikan perkembangan selanjutnya dari aplikasi ini, apakah bisa sesukses aplikasi lainnya atau hanya sekedar angin lalu. Namun jika melihat semua kelebihan yang dimilikinya, Clubhouse tentu sangat menarik untuk digunakan.

Selain itu, pengguna juga berkesempatan untuk saling mengenal dengan orang-orang hebat yang memiliki reputasi tinggi dari berbagai bidang ilmu.

Nah bagaimana teman-teman, tertarik untuk bergabung?

Cukup sekian artikel tentang Apa itu Clubhouse, Aplikasi yang Sedang Viral? ini, Terima kasih.

Posting Komentar