Sebaiknya Pilih .COM atau .ID untuk Bisnis?

Sebaiknya Pilih .COM atau .ID untuk Bisnis?
Sumber: Pexels / Ivan Samkov

Pilih .COM atau .ID untuk Bisnis? - Di era serba digital ini, peran marketing dalam keberhasilan suatu perusahaan semakin tinggi saja. Jika dulu hanya mengandalkan promosi lapangan, maka sekarang sudah lebih kompleks dengan banyaknya penggunaan website untuk pemasaran.

Nah dalam membangun sebuah website, ada banyak hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mulai dari nama, logo, desain, domain, dan hosting. Nah khusus untuk domain, mungkin akan banyak pertanyaan seperti ini, untuk bisnis bagusnya pakai apa?

Bagi Anda yang masih baru di dunia blogging, domain bisa dikatakan sebagai salah satu komponen penting yang harus dimiliki blog profesional. Ada banyak jenis pilihan yang bisa digunakan berdasarkan jenis fungsinya.

Salah satu yang paling populer adalah .com. Jenis ekstensi ini berguna untuk mendeskripsikan suatu website dengan keperluan komersial. Namun selain .com tersebut, ada juga ekstensi .id yang sering digunakan.

Rekomendasi: Cara Custom Domain Blogspot / Blogger di DomaiNesia

Perbedaan Antara Domain .COM dan .ID

Ekstensi .com adalah salah satu jenis dari gTLD (Global Top Level Domain) yang paling populer digunakan saat ini. Umumnya, nama unik ini banyak digunakan karena memang diperuntukkan bagi situs komersial.

Sedangkan, .id adalah salah satu jenis dari ccTLD (Country Code Level Domain) yang hanya dikhususkan untuk negara Indonesia. Walaupun bukan semata-mata untuk keperluan komersial, namun nama unik ini memiliki banyak kelebihan yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Kelebihan Domain .COM

1. Bebas Digunakan

Salah satu kelebihan yang menjadi unggulan nama unik ini adalah bebas digunakan oleh siapa saja, baik itu kelompok maupun individu. Berbeda dengan jenis ccTLD yang memberikan beberapa persyaratan khusus.

2. Trafik Lebih Banyak

Setuju atau tidak, penggunaan domain ini dipercaya mampu mendatangkan trafik yang lebih tinggi. Jangkauan yang bersifat global tentu membuat mesin pencari menampilkan artikel di berbagai negara sesuai keyword yang berkaitan.

Dengan penayangan tersebut, tentu potensi untuk mendatangkan trafik juga semakin tinggi.

3. Terpercaya di Kalangan Pembaca

Karena merupakan ekstensi yang pertama kali didaftarkan, membuat domain ini telah akrab di kalangan pembaca. Website super sekalipun menggunakan nama unik ini di website mereka. Contoh:

www.google.com
www.bing.com
www.facebook.com

4. Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan .id, harga ekstensi ini 2 kali lipat lebih murah. Mengacu pada penyedia jasa, esktensi ini rata-rata dijual dengan harga Rp. 160.000 / tahun. Bandingkan dengan .id yang berkisar di Rp. 245.000 / tahun.

5. Tanpa Persyaratan Khusus

Untuk penggunaan, Anda hanya perlu melakukan pembelian dan penyetingan tanpa harus menyertakan dokumen lain. Semudah itu deh pokoknya.

Kelebihan Domain .ID

1. Keamanan Terjamin

Konon katanya, ekstensi ini memiliki sistem keamanan yang terjamin dibandingkan dengan domain lain. Jika terjadi tindak kejahatan, pemerintah dikabarkan akan langsung turun tangan dalam mengatasi masalah tersebut.

2. Lebih Mudah di Peringkat Atas

Tahukah Anda, Google mempunyai algoritma khusus yang akan me-ranking artikel berdasarkan wilayah terdekat? Ya, itulah algoritma Google Venice.

Nah dengan algoritma tersebut, pengguna ccTLD berpotensi mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di beberapa kata kunci sekaligus. Bisa dikatakan, Google Venice adalah masa-masa yang paling membahagiakan.

3. Trafik Lebih Spesifik

Namanya saja .id, tentu jangkauannya juga hanya berasal dari negara Indonesia. Nah jika Anda mempunyai bisnis yang hanya ditujukan untuk Indonesia, ekstensi ini tentu menjadi pilihan yang terbaik.

4. Loading Lebih Cepat

Hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Ekstensi ini diyakini dapat meningkatkan loading blog agar lebih cepat saat diakses oleh pengunjung.

Hal tersebut terjadi karena server dan pengunjung berada di kawasan area yang sama. Pasti lebih cepat dong ya.

Jadi, Mana yang Lebih Baik?

Dua jenis ekstensi domain di atas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Google Search Console
Sumber: Pexels / Energepic

Untuk masalah mana yang lebih baik, kembali lagi ke bisnis yang dijalankan. Sebaiknya pikir mulai dari sekarang, apakah suatu saat bisnis akan dikembangkan ke skala internasional?

Jika demikian, ekstensi .com tentu menjadi pilihan yang terbaik. Namun jika hanya menargetkan pasar Indonesia, maka silahkan memilih ekstensi .id.

Penutup

Pemilihan domain tidak boleh dilakukan asal-asalan. Mengingat semua ekstensi telah mempunyai fungsinya masing-masing, maka pilih yang memang sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan.

Jangan hanya berpikir, oh ini lebih murah, oh ini lebih aman. Itu salah besar.

Rekomendasi: Cara Membuat Subdomain di Blog Secara Gratis

Cukup sekian artikel tentang Sebaiknya Pilih .COM atau .ID untuk Bisnis? ini, jangan lupa bahagia.

Posting Komentar