Perlukah Upgrade ke Windows 11?

Perlukah Upgrade ke Windows 11?

Perlukah Upgrade ke Windows 11? - Pada tanggal 5 Oktober 2021, Microsoft akhirnya resmi merilis sistem operasi (OS) terbaru mereka yaitu Windows 11. Berbagai macam fitur baru pun diberikan untuk lebih memudahkan pengguna.

Selain fitur baru tersebut, Windows 11 juga menyediakan tampilan antarmuka yang lebih segar dibandingkan produk-produk sebelumnya. Tapi sebelum lebih jauh, apakah mengupgrade ke Windows 11 itu perlu?

Memperbarui sistem operasi sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya karena fitur dan tampilan baru yang diberikan, tapi Microsoft juga melakukan peningkatan dari sisi keamanan perangkat.

Namun sebagian besar pengguna tampaknya menemukan kendala dimana sistem operasi terbaru ini gagal terinstal. Ya, Windows 11 memang memerlukan persyaratan yang lebih rumit dibandingkan yang sebelumnya.

Bagi yang belum tahu saja, pembaruan perangkat ke Windows 11 memerlukan TPM (Trusted Platform Module) 2.0. Selain itu, diperlukan prosesor generasi terbaru yang mana bisa dicek menggunakan aplikasi PC Health Check.

Antarmuka Windows 11
Sumber: Microsoft

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Kelebihan

  1. Tampilan antarmuka lebih bersih dan fresh
  2. Tampilan menu lebih rapi
  3. Keamanan perangkat lebih kuat
  4. Tersedia fitur Snap Layout
  5. Tersedia fitur Auto HDR Mode
  6. Dapat menjalankan aplikasi Android.

Kekurangan

  1. Tidak mendukung perangkat versi lama
  2. Tampilan menu mengalami perubahan
  3. Mode gelap lebih berwarna
  4. Proses instalasi lama
  5. Hapus aplikasi lebih rumit.

Apakah Windows 11 Gratis?

Untuk Anda yang memiliki Windows dengan lisensi original, Anda bisa langsung mendapatkan sistem operasi terbaru ini dengan mengunduh melalui System Update dari Microsoft.

Namun pastikan sistem operasi Anda adalah Windows 10. Selain itu, proses instalasi akan dilakukan secara bertahap dari yang paling terlama ke yang terbaru.

Apakah Windows 11 Aman?

Untuk masalah keamanan jangan ditanyakan lagi. Microsoft selaku pengembang membeberkan bahwa Windows 11 telah dibekali sistem keamanan yang lebih baik dan kuat dibandingkan versi sebelumnya.

Itulah keuntungan dari pembaruan, masalah-masalah yang sebelumnya kita jumpai akan diperbaiki dan disempurnakan untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik. Dengan demikian, pengguna juga akan bekerja dengan nyaman tanpa adanya masalah berarti.

Apakah Windows 11 Lebih Ringan?

Pada saat perilisan, Microsoft mengklaim bahwa Windows 11 memiliki ukuran yang lebih ringan dibandingkan Windows 10. Tapi kembali lagi, sitem operasi terbaru ini mewajibkan pengguna memiliki prosesor yang lebih mumpuni.

Banyak kasus dimana pengguna laptop gagal menginstal Windows 11 akibat prosesor yang terlalu jadul. Hal itu ditandai dengan munculnya peringatan sistem bahwa perangkat yang digunakan tidak kompatibel dengan versi terbaru.

Perlukah Upgrade ke Windows 11?

Perlu atau tidaknya sebenarnya tergantung dari pengguna itu sendiri disamping perangkat yang mereka miliki. Namun jika perangkat Anda mampu dan sesuai dengan spesifikasi, Windows 11 jelas patut Anda coba.

Penutup

Setelah membaca sedikit ulasan di atas, selanjutnya kembali ke diri Anda sendiri, apakah ingin menggunakan atau tidak. Kalau mau, silahkan cek kondisi perangkat apakah kompatibel dengan OS ini. Jika tidak, Windows 10 jelas masih worth it untuk digunakan.

Cukup sekian artikel tentang Apakah Upgrade ke Windows 11 itu Perlu? ini, Terima kasih.

Suka menulis berita yang berhubungan dengan dunia teknologi khususnya Blog, Aplikasi, Jaringan, Smartphone, dan Desktop

Posting Komentar